Ragam Pilihan Material Kitchen Set Untuk Dapur Barumu Agar Tampil Lebih Kece

Ragam Pilihan Material Kitchen Set Untuk Dapur Barumu Agar Tampil Lebih Kece

OMAHALIT.COM – Dalam sebuah hunian, dapur adalah salah satu area rumah yang penting. Bagaimana tidak, dapur adalah tempat dimana aktifitas mengolah bahan makanan, memasak, hingga menyiapkan hidangan dilakukan. Hal ini tentu membuat dapur jadi area yang sangat disukai oleh banyak anggota keluarga selain ruang keluarga.

Namun tahukah anda, Rekan alit? Meskipun dapur punya peran yang penting, kondisi serta suasana sebuah dapur mampu memberikan pengaruh besar terhadap kegiatan di dalamnya. Sama halnya dengan ruangan lain dalam sebuah rumah, dapur juga perlu dibuat sedemikian rupa agar mampu memberikan kesan nyaman dan semangat memasak jadi meningkat.

Menciptakan suasana dapur yang mampu membangun mood dan semangat memasak bisa dimulai dengan memilih konsep interior yang tepat, warna dinding dan perabot serta pemilihan material kitchen set. Nah kali ini, Omahalit akan membahas beberapa jenis material kitchen set yang umumnya digunakan untuk mengisi dapur anda dirumah.

1. Plywood

kitchen set plywood

Image: dekoruma

Material pertama yang umum digunakan pada pembuatan kitchen set adalah Plywood. Plywood adalah jenis kayu olahan terkuat yang dibuat dari kulit kayu yang dipres hingga berlapis-lapis. Plywood sering disebut juga dengan multiplek. Karena memiliki kepadatan yang bagus, membuat plywood banyak digunakan untuk pembuatan berbagai furniture. Selain itu, furniture dari material ini juga terbilang cukup awet dan kuat.

BACA JUGA : Tips Ciptakan Ruang Tanpa Membangun Dinding Pada Hunian

Meskipun dianggap memiliki kualitas yang baik, kitchen set dengan material plywood atau multiplek juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya dari segi harga. Karena sifatnya yang kokoh, material ini dibanderol dengan harga yang relatif mahal jika dibandingkan dengan jenis material lainnya. Namun jika Rekan alit mencari kitchen set yang awet digunakan dalam jangka waktu yang panjang, maka tidak ada salahnya memilih jenis kitchen set dengan material satu ini.

2. Medium Density Fiberboard

kitchen set mdf

Image: dekoruma

Material lainnya yang sering digunakan dalam pembuatan kitchenset adalah MDF atau Medium Density Fiberboard. Meskipun sama-sama dibuat dari bahan dasar kayu, namun MDF berbeda dengan plywood. Jika plywood dibuat dari kulit kayu berlapis yang di press, MDF atau Medium Density Fiberboard dibuat dari serbuk kayu yang dipress dengan tenaga tinggi.

BACA JUGA: Tips Merancang Tangga Untuk Rumah Tinggal

Tidak hanya biasa digunakan dalam pembuatan kitchen set, MDF juga sering digunakan sebagai rangka pembuat furniture lain, seperti meja dan rak buku. Hal itu karena material ini memiliki ketebalan yang bagus, dan lebih fleksibel sehingga dianggap lebih mudah untuk dibentuk. Dari segi harga, MDF juga lebih murah dibandingkan dengan plywood. Namun sayangnya, MDF memiliki ketahanan buruk terhadap air. Sehingga jika Rekan alit menggunakannya sebagai material kitchen set, maka bisa dipastikan tidak akan memiliki ketahanan yang lama.

3. Blockboard

kitchet set blokboard

Image: dekoruma

Blockboard merupakan material yang dibuat dari potongan-potongan kayu yang umumnya berasal dari jenis kayu sengon yang memiliki karakter kuat dan tahan terhadap air. Hal ini membuat blockboard memiliki keunggulan jika digunakan sebagai material kitchen set. Dari segi harga, material ini juga masih lebih murah jika dibandingkan dengan plywood. Namun sesuai dengan harganya, kualitas blockboard juga tidak sebagus kualitas dari material plywood atau multiplek.

4. High Pressure Laminate

kitchen set hpl

Image: dekoruma

Material selanjutnya adalah jenis material pelapis furniture misalnya kitchen set. High Pressure Laminate atau HPL merupakan bahan pelapis berbentuk lembaran yang bersifat dekoratif. HPL memiliki banyak pilihan motif dan warna untuk menyesuaikan interior dapur anda. Selain itu, HPL juga memiliki harga yang kompetitif sehingga bisa dipilih untuk digunakan.

5. Decosheet

kitchen set bahan decosheet

Image: tiga mitra mandiri

Selain HPL, ada juga decosheet yang juga merupakan jenis material pelapis untuk perabotan. Bedanya dengan HPL, Decosheet memiliki ketebalan yang lebih tipis. Ketebalannya yang lebih tipis sekaligus menjadi keunggulan material ini, karena membuatnya lebih mudah diaplikasikan pada bentuk lengkungan-lengkungan kitchen set. Selain itu,decosheet juga memiliki warna yang lebih awet dan tidak mudah mengelupas.

6. Cat Duco

kitchen set cat duco

Image: dekoruma

Jika Rekan alit sudah menyiapkan budget yang besar untuk membuat suasana dapur anda jadi baru, cat duco bisa menjadi pilihan material finishing kitchen set anda. Karena selain memiliki kualitas yang bagus, cat duco juga dibanderol dengan harga yang lumayan. Hasil jadi dari penggunaan material ini juga memiliki kesan yang lebih elegan dan menarik karena pilihan warna yang lebih variatif.

BACA JUGA: Mengonsep Hunian Minimalis Untuk Pasangan Baru Menikah

Demikian beberapa ulasan mengenai ragam material kitchen set yang bisa jadi bahan pertimbangan Rekan alit. Saran dari Omahalit, anda sebaiknya memilih jenis material kitchen set yang tidak hanya memiliki harga yang cukup terjangkau namun pertimbangkan juga segi kualitasnya. Sebab bagaimanapun, dapur yang nyaman, dengan fasilitas memadai dan kokoh adalah yang terpenting. Jika ingin membangun kitchen set impian anda, konsultasikan saja dengan tim Omahalit segera yuk!

Semoga bermanfaat!

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.