Jangan Sampai Salah, Ini Tips Memilih Kompor yang Tepat untuk Kitchen Set Anda

Jangan Sampai Salah, Ini Tips Memilih Kompor yang Tepat untuk Kitchen Set Anda

OMAHALIT.COM – Bagi sebagian pemilik rumah, dapur adalah area yang sangat penting. Selain jadi tempat untuk menyiapkan makanan bagi keluarga tersayang, dapur kerap jadi tempat berkumpul untuk makan-makan. Terlepas dari perannya yang banyak dan mobilitas yang tinggi di dalamnya, ada satu hal penting yang tidak boleh Anda abaikan: pemilihan kompor.

Berbicara soal kompor, kebanyakan orang hanya berpikir tentang bagaimana kompor bisa menjalankan fungsinya dengan baik yakni untuk memasak. Tapi tahukan Anda bahwa kompor untuk kitchen set itu ada banyak jenisnya? Apakah Anda yakin pilihan kompor yang Anda incar sudah sesuai dengan desain kitchen set Anda?

BACA JUGA: Mengenal Walk in Closet dan Inspirasi Desainnya

Untuk memudahkan Anda dalam memilih kompor yang cocok untuk kitchen set, simak tips-tipsnya berikut ini!

Menggunakan Kompor Gas Meja

Kompor Gas Meja 4 tungku

flipkart.com

Kompor gas meja merupakan jenis kompor yang paling banyak digunakan di Indonesia. Kompor dengan harga yang terjangkau ini tersedia dalam beragam pilihan model dan jumlah tungku. Ada yang terdiri dari satu, dua bahkan ada yang punya 4 tungku.

Bagi Anda yang punya dapur dengan luas terbatas tapi sering memasak, kompor ini sangat direkomendasikan. Desainnya yang ergonomis dan konvensional membuatnya sangat mudah digunakan. Perlu diingat bahwa kompor gas meja harus sering diperiksa dan dipastikan kebersihan komponennya demi keamanan penggunaan.

Kompor Tanam

Kompor gas tanam atau buildin

indiamart.com

Jenis kompor kedua yang bisa Anda pilih untuk dapur Anda dalah kompor tanam. Seperti namanya, kompor ini dipasang dengan cara ditanam ke bagian meja dapur sehingga permukaannya sama tinggi, kecuali bagian tungku yang agak menonjol. Kelebihan kompor tanam adalah tampilannya yang lebih rapi, tidak membuat sumpek dan terlihat elegan.

Kompor Freestanding

Kompor gas freestanding

bonappetit.com

Kompor freestanding juga memiliki cara kerja yang mirip dengan kompor gas biasa. Menggunakan gas sebagai sumber daya utamanya, kompor ini hadir dengan beragam model mulai dari gaya modern hingga industrial. Bagi Anda yang punya desain dapur compact, kompor ini cocok jadi pilihan.

BACA JUGA: Ini Dia 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Rumah

Kelebihan dari kompor freestanding ini adalah proses pemasangannya yang cenderung mudah dan dilengkapi dengan oven. Anda juga bisa membersihkannya dengan mudah. Sayangnya jika ada bagian yang rusak, biaya perbaikan dan penggantian komponennya cenderung mahal.

Kompor Listrik

Kompor Listrik untuk dapur modern

point2homes.com

Selama satu dekade terakhir, kompor listrik semakin banyak digunakan. Anda bisa menemukannya di rumah-rumah dengan desain modern. Selain mudah digunakan, Anda juga tidak perlu bingung mengganti atau mengisi ulang gas karena sumber energinya berasal dari listrik.

Dengan permukaan merata yang cantik, kompor listrik memang bisa membuat tampilan dapur menjadi lebih elegan. Tidak hanya itu, Anda bisa mengintergasikannya dengan tungku kompor biasa. Kompor listrik juga sangat mudah dibersihkan dan aman digunakan.

Meski begitum kompor listrik juga memiliki sejumlah kekurangan yakni butuh waktu yang lama untuk bisa panas. Saat menggunakannya, Anda juga perlu menjauhkannya dari jangkauan anak-anak untuk menghindari bagian permukaan panasnya tersentuh.

Kompor Induksi

Kitchen Set Dengan Kompor Induksi

Kitchen Set Dengan Kompor Induksi

Dari segi tampilan, kompor induksi memiliki desain yang tampak bersih dan sleek. Karena tidak punya tungku, kompor ini bekerja dengan mentransfer panas dari permukaanya langsung ke alat masak yang Anda gunakan. Anda juga bisa mengintegrasikan kompor ini dengan bagian counter top dari kitchen set Anda.

Kompor induksi memiliki kelebihan yakni proses pemanasannya yang lebih cepat dibandung kompor listrik atau kompor gas. Karena menggunakan sistem indutsi, permukaan kompor tidak akan ikut panas seperti halnya kompor listrik.

BACA JUGA: Pentingnya Peran Lighting untuk Kitchen Set Anda

Kekurangan kompor induksi adalah harganya yang masih cukup mahal. Saat bekerja dalam suhu tinggi, akan muncul suara seperti berdengung. Agar bisa berfungsi maksimal, Anda juga harus menggunakan alat masak khusus yang juga membutuhkan perawatan dan perbaikan yang khusus pula.

Kompor Portable

Contoh kompor gas portabel terbaik

Pada sebagian besar rumah, kompor portable biasanya tidak digunakan sebagai kompor utama melainkan kompor pelengkap saja. Seperti namanya, Anda bisa menggunakan kompor ini secara berpindah-pindah. Jadi ketika akan mengadakan acara masak-masak di teras belakang, Anda tinggal memindahkannya saja. Ukurannya juga mini dan hanya perlu tabung gas kecil untuk menyalakannya.

Itulah beberapa jenis kompor dan tips memilihnya untuk dapur Anda. Jika Anda masih bingung menentukan pilihan, konsultasikan terlebih ke tim Omahalit untuk menentukan kompor yang cocok atau konsep kitchen set impian Anda!

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.