Omahalit

Mengenal Walk in Closet dan Inspirasi Desainnya

OMAHALIT.COM – Di dalam rumah, area penyimpanan adalah bagian yang sangat penting. Tidak hanya untuk melindungi semua barang-barang Anda, tapi juga menjaga agar rumah tidak terlihat berantakan. Seiring berjalannya waktu, cara orang mendesain area penyimpanan juga semakin beragam. Salah satunya adalah dengan kehadiran walk in closet sebagai tempat menyimpan pakaian.

Apa Itu Walk in Closet?

Soal solusi penyimpanan pakaian dan perlengkapan fashion, walk in closet tentu merupakan opsi terbaik. Seperti namanya, walk in closet sebenarnya adalah sebuah ruangan kecil yang bisa Anda masuki. Ukurannya beragam tergantung kebutuhan dan ketersediaan ruang. Bahkan beberapa orang yang memiliki banyak koleksi fasjion, bisa memiliki walk in closet yang berukuran lebih besar dari kamar tidur utama mereka sendiri.

BACA JUGA: Mendekor Ruang Tamu Kontemporer Ala Milenial? Begini Caranya!

Dulu, orang berpikir bahwa untuk memiliki walk in closet mereka membutuhkan ruang yang banyak. Namun seiring berjalanya waktu, kreativitas orang dalam mendesain walk in closet semakin kreatif. Karena itulah banyak orang yang meskipun memiliki ukuran kamar yang kecil tetap bisa memiliki walk in closetnya sendiri.

Apa Manfaat Memiliki Walk in Closet?

Kalau Anda pernah menonton televisi di mana tokoh utamanya berganti pakaian, sepatu dan perlengkapan fashion lain di salam sebuah ruangan dengan bebas, seperti itulah kira-kira gambarannya jika Anda memiliki walk in closet sendiri di rumah. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menerapkan model walk in closet di rumah Anda:

  1. Menjaga Privasi

Jika Anda tinggal di kamar bersama dengan orang lain, memiliki walk in closet bisa menjadi cara mendapatkan privasi yang lebih. Bayangkan ketika Anda hendak berganti pakaian namun ada orang lain di dalam kamar. Anda tentu akan merasa tidak nyaman bukan? Walk in closet adalah solusi bagi Anda yang ingin punya ruangan khusus berganti pakaian tanpa perlu meminta orang lain yang ada di ruangan tersebut untuk pergi.

  1. Koleksi Fashion Lebih Tertata Rapi

Kalau Anda punya banyak koleksi jaket, sneakers, tas atau barang-barang fashion lain, Anda pasti membutuhkan area penyimpanan untuk semua itemnya. Namun, meletakkannnya di ruangan terpisah akan menyulitkan Anda untuk mencari ketika membutuhkannya. Di sinilah walk in closet hadir sebagai solusi.

BACA JUGA: Ini Dia 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Rumah

Dengan walk in closet, Anda bisa menata semua koleksi Anda dengan lebih rapi. Anda bisa membagi area rak berdasarkan jenis barangnya sehingga lebih mudah mencari dan memilih.

  1. Efisiensi Ruangan

Pada dasarnya, Anda tidak perlu membangun ruangan khusus untuk bisa membuat walk in closet. Salah satu cara yang dapat Anda ambil adalah dengan memanfaatkan ruangan-ruangan yang tak terpakai di rumah Anda. Bisa dengan menyulap loteng, area di bawah tangga atau bekas gudang untuk menjadi walk in closet.

Inspirasi Desain Walk in Closet yang Bisa Diaplikasikan di Rumah

Saat ini ada banyak sekali ide desain walk in closet yang bisa Anda tiru. Anda tentu tetap harus melakukan penyesuaian dari segi ukuran dan desainnya. Simak beberapa idenya berikut ini!

  1. Walk in Closet Bergaya Modern

walk in closet gaya modern
Pada walk in closet gaya modern, sertakan meja rias dan padukan dengan kursi rias berwarna-warni. Foto: Pinterest

Kalau Anda punya ruangan yang cukup luas, membangun walk in closet dengan gaya mewah nan modern bisa dilakukan dengan mudah. Selain menggunakan rak-rak dengan penutup kaca, Anda bisa menggantung lampu besar dan meletakkan sebuah meja panjang di tengah ruangan sebagai titik fokus. Jangan lupa letakkan meja rias dan sebuah cermin besar untuk memeriksa penampilan Anda.

  1. Walk in Closet Minimalis

Walk in closet dengan konsep rak sederhana
Tiru konsep rak sederhana yang bersusun ke atas sehingga memaksimalkan tempat yang ada.Foto: Pinterest

Kalau Anda puny arak-rak penyimpanan yang tidak terpakai di dinding, Anda bisa menyulapnya menjadi walk in closet sederhana. Tempatkan di lokasi-lokasi yang tidak mudah terlihat seperti di bawah tangga.

  1. Walk in Closet Sederhana dengan Partisi Kain

Walk in closet sederhana dengan penutup tirai
Walk in closet sederhana dengan penutup tirai. Foto: Pinterest

Kalau Anda hanya punya sedikit sisa ruangan di dalam kamar, Anda tetap bisa memanfaatkannya sebagai walk in closet sederhana. Susun lemari pakaian di kedua sisi kanan dan kiri dinding. Sebagai batas pemisah, manfaatkan partisi dari kain. Dengan beberapa perlengkapan sederhana ini, Anda sudah bisa membuat walk in closet sendiri.

Itulah ulasan ringkas tentang walk in closet dan desain seperti apa yang bisa Anda tiru untuk mewujudkan walk in closet impian di rumah Anda. Jika Anda berkeinginan membangun Kamar Walk in Closet impian? Segera hubungi tim Omahalit untuk konsultasi!

   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow