Omahalit

Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mendekor Dinding Ruangan Rumah Anda

“Cat Polos Kombinasi Wallpaper atau Mural Saja?”

OMAHALIT.COM – Menata interior rumah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain dengan mengecat dinding dengan warna-warna kesukaan, mendekorasi bagian dalam pada hunian sering kali menggunakan wallpaper, namun ada alternatif lain seperti lukis Mural yang kini banyak digandrungi dan bisa jadi pilihan yang menarik bagi Anda.

Nah, pas sekali jika Anda sedang mempertimbangkan untuk merenovasi atau membangun rumah dan ingin mendekor ruangan dalam yang trendi, ada beberapa poin sebagai pertimbangan Anda dalam pemilihan kombinasi antara wallpaper, cat dinding polos atau mural yang dapat Anda terapkan di rumah. Apa saja itu?

Pertama, Pastikan Pemilihan Cat atau Wallpaper Sesuai Dengan Konsep Ruangan

Karena setiap ruangan memiliki fungsi masing-masing. Sebagai pemilik rumah, Anda juga tentu ingin menonjolkan kesan tertentu dari setiap ruangan. Anda mungkin menginginkan kamar tidur dengan suasana yang cozy, atau ruang keluarga yang bernuansa natural. Dengan memiliki konsep, Anda akan lebih mudah dan terarah saat memilih wallpaper maupuan warna cat dinding.

BACA JUGA: Mendekor Ruang Tamu Kontemporer Ala Milenial? Begini Caranya!

Ruang tamu umumnya bernuansa formal dengan penggunakan warna akromatik. Anda dapat memadukan warna gelap dan terang sepertu hitam dengan putih atau hijau muda dengan hijau tua. Untuk kamar tidur atau ruang bermain anak, memilih wallpaper dengan motif binatang yang lucu tentu akan membuat suasana jadi lebih menyenangkan. Nah, disini Mural bisa dengan mudah diaplikasikan.

Kedua, Perhatikan Dengan Baik Komposisi Ruangan

Artinya wallpaper dengan corak tertentu harus dipasang dengan penuh pertimbangan. Kalau ruangan yang ingin dipasangi wallpaper ukurannya kecil, sebaiknya pertimbangkan untuk meletakkan wallpaper pada salah satu dinding saja. Biarkan bagian dinding lainnya kosong untuk menciptakan dimensi ruang. Trik ini akan membuat ruangan minimalis Anda tidak terkesan sumpek. Sebagai ganti, Anda bisa melapisi dinding lainnya itu dengan cat berwarna senada atau sekalian dibikin Mural agar banyak variasi.

Untuk aplikasi pada ruangan yang lebih besar, Anda boleh memilih wallpaper dan cat warna apa saja. Selagi selaras dengan konsep ruangan dan fungsinya, rumah Anda pasti tetap akan terlihat estetik.

Ketiga, Pilih wallpaper polos atau Bertekstur

Selain warna dan corak, wallpaper juga tersedia dalam versi permukaan yang halus dan bertekstur. Masing-masing wallpaper sebenarnya juga bisa dipilih berdasarkan preferensi pribadi. Namun tentu saja keduanya menghadirkan kesan yang berbeda.

Wallpaper yang bertekstur akan memberikan kesan kasual ke dalam ruangan. Sementara jika Anda menginginkan kesan bersih dan halus di rumah, pemilihan wallpaper dengan permukaan tanpa tekstur tentu lebih sesuai.

BACA JUGA: 6 Tips Simple Mendekor Rumah Impian Anda

Selain bisa memberikan dimensi yang memperkaya ruangan, wallpaper dengan tekstur bisa membantu kamu menutupi permukaan dinding yang tidak rata. Misalnya ada bekas cat terkelupas atau lubang bekas paku beton yang dicabut. Semua akan tertutup lebih sempurna dengan menggunakan wallpaper bertekstur.

Keempat, Sesuaikan dengan Perabotan di Dalam Rumah

Keserasian antara wallpaper dengan perabotan juga harus disesuaikan. Pemilihan wallpaper yang salah akan membuat ruangan terlihat ramai dan sumpek. Kalau Anda sudah punya sofa dengan corak bunga, hindari memilih wallpaper yang bercorak juga agar ruangan tetap seimbang. Alih-alih, pilihlah wallpaper dengan tekstur agar tidak terkesan monoton.

Kelima, Perhatikan Pencahayaan Ruangan

Di bagian-bagian tertentu di dalam rumah, ada tempat-tempat yang mendapat sinar matahari langsung dan ada juga yang tidak. Agar ruangan terkesan lega dan terang, pemilihan wallpaper dengan warna terang merupakan opsi yang patut dipertimbangkan.

BACA JUGA: Ingin Halaman Depan Rumah Anda Tampil Estetik dan Menawan? Simak Tips Berikut ini

Kalau interior rumah Anda mengandalkan lampu berwarna warm light sebagai pencahayaan utama, gunakan wallpaper dengan warna emas, kuning atau jingga. Ini berguna untuk menonjolkan warnanya sehingga ruangan terlihat lebih hidup dan bersinar.

Keenam, Pilih Wallpaper dan Cat Dinding Sesuai dengan Karakter Pribadi Anda dan Keluarga

Meski Anda sudah menerapkan beberapa tips sebelumnya, jangan lupa memastikan kembali bahwa wallpaper atau cat yang dipilih memang memiliki motif atau warna yang sesuai dengan selera. Untuk ruangan-ruangan khusus seperti ruang keluarga atau ruang makan, aplikasikan wallpaper yang paling sesuai dengan karakter orang-orang di dalam rumah agar bisa menciptakan kesan yang nyaman tentu dengan lukis Mural pun semua itu bisa didapat justru lebih mudah dalam pengaplikasian konsep yang diinginkan.

Dan yang terpenting yang perlu Anda ketahui adalah, memasang wallpaper untuk dinding ruangan memiliki beberapa kekurangan yaitu tidak tahan lama. Wallpaper tertimpa sinar matahari langsung maka, warnanya akan memudar lebih cepat.

Berbeda dengan pemakaian cat tembok yang mampu bertahan selama lebih dari 20 tahun. Kemudian wallpaper mudah rusak dan berjamur. Jika ruangan Anda tidak memiliki sirkulasi udara yang baik atau tidak ada pendingin ruangan maka Udara yang lembap akan membuat wallpaper mudah rusak dan berjamur.

Dan tentunya adalah selain harga yang relatif lebih mahal, juga wallpaper repot dalam perawatanya. Agar terhindari dari debu serta kelembapan yang over, demi menjaga tampilan wallpaper sebaiknya rajin dibersihkan. Wallpaper yang jarang dibersihkan akan membuat warnanya menjadi kusam oleh kotoran-kotoran yang menempel.

BACA JUGA: Trend Desain Rumah Tahun 2021 Yang Bisa Menjadi Referensi Rumah Impian Anda

Sebagai alteranatif dan yang kini semakin banyak digemari oleh masyarakat ialah penggunaan Mural sebagai pengganti wallpaper untuk menghias dinding ruangan rumah Anda. Mungkin saja teknik ini belum familier untuk Anda tetapi kita jamin hasilnya akan sangat memuaskan dan tentu indah.

Kepana harus pakai Mural?

Pertama, Teknik lukis Mural bisa mengantisipasi kemonotonan dinding ruangan dengan bisa dipadupadankan dengan konsep ruangan atau rumah.

Kedua, dengan Mural ini Anda bisa leluasa menentukan atau request desain dan tema untuk di gambar pada dinding.

Ketiga, dengan Mural pula, gambar lukis yang dibuat akan sangat mendukung suasana interior ruangan rumah Anda jadi lebih cozy maupun enak dipandang mata.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk mencoba membuat dekorasi dan konsep ruangan dengan Mural terbaik? Konsultasikan saja dengan tim Omahalit saja!

Promo jasa bikin interior
   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow