7 Tips Merawat Wallpaper Dinding Rumah Agar Lebih Awet

7 Tips Merawat Wallpaper Dinding Rumah Agar Lebih Awet

Tips Merawat Wallpaper Dinding – Ada banyak cara untuk membuat rumah Rekan Alit terlihat menarik tanpa perlu khawatir akan mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Salah satunya adalah dengan menggunakan wallpaper dinding. Selain memberikan sentuhan seni pada desain interior rumah, pemasangan wallpaper juga memiliki banyak manfaat diantaranya melindungi dinding dari cuaca yang cenderung berubah-ubah. Meskipun cenderung bersifat tahan lama, wallpaper dinding juga bisa rusak lebih cepat apabila tidak dirawat dengan tepat. Maka dari itu, yuk cari tahu terlebih dahulu 7 tips merawat wallpaper dinding rumah agar lebih awet dari Omahalit berikut ini. Jangan lupa, baca sampai habis agar tidak ada informasi yang terlewat ya.

Tips Merawat Wallpaper Dinding Rumah Ala Omahalit

Tips merawat wallpaper dinding rumah agar lebih awet

  1. Memperhatikan Kelembapan dan Kondisi Permukaan Dinding

Langkah awal yang perlu dilakukan untuk merawat wallpaper rumah adalah dengan memperhatikan tingkat kelembapan dindingnya. Semakin lembap dinding, maka semakin besar pula resiko tumbuhnya jamur yang menyebabkan wallpaper cepat rusak. Jadi, pastikan dinding dalam keadaan yang cukup kering sebelum proses pemasangan wallpaper ya. Dan disamping itu, Rekan Alit juga harus memperhatikan kondisi permukaan dinding terlebih dahulu agar nantinya hasil akhir pemasangan dapat terlihat mulus, rapi dan tidak bergeronjal.

  1. Membersihkan Noda dan Debu Secara Rutin

Tips merawat wallpaper dinding rumah yang kedua adalah dengan membersihkan noda dan debu secara rutin. Biarpun memiliki fungsi melindungi, nyatanya noda dan debu masih bisa menempel pada permukaan wallpaper dinding rumah. Baik itu nampak atau pun tidak, rekan alit harus selalu rutin membersihkan noda dan debu pada wallpaper dinding agar tidak menumpuk dan mempengaruhi tampilan rumah. Untuk debu, Rekan Alit dapat menggunakan kemoceng, vacuum cleaner atau kain lembut. Sedangkan untuk noda, bisa menggunakan perasaan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat kemudian gosok menggunakan bahan yang lembut seperti tisu basah atau spons.

  1. Cara Membersihkan Wallpaper Berbahan Kain

Sama halnya dengan sofa atau karpet, cara membersihkan dinding rumah berbahan kain adalah dengan pembersihan rutin menggunakan vacuum cleaner atau sikat berbulu halus. Apabila noda masih membandel, Rekan Alit bisa mencampurkan air hangat dengan sabun untuk membersihkan wallpaper berbahan kain. Pastikan untuk menggosoknya secara perlahan agar tidak merusak lapisan permukaan wallpaper dinding berbahan kain tersebut.

Tips Merawat Wallpaper Dinding Rumah Agar Tahan Lama

  1. Cara Membersihkan Wallpaper Dinding Berbahan Vinyl

Berikutnya adalah cara merawat wallpaper dinding berbahan Vinyl. Dikarenakan memiliki lapisan akrilik diatas permukaannya, maka pada dasarnya wallpaper dinding rumah berbahan Vinyl ini memiliki ketahanan yang baik terhadap air maupun noda. Apabila sudah terlanjur kotor, segera bersihkan dengan air hangat yang dicampur sedikit sabun, kemudian seka dengan kapas atau spons lembut. Kabar baiknya, noda bekas krayon pun dapat hilang secara cepat ketika Rekan Alit menggunakan tips merawat wallpaper dinding berbahan Vinyl yang satu ini.

  1. Cara Membersihkan Wallpaper Dinding Berbahan Anyaman Serat

Tergolong cukup sulit, wallpaper dinding berbahan anyaman serat membutuhkan tips merawat wallpaper dinding rumah yang sedikit lebih rumit. Hal ini dikarenakan wallpaper dinding kamar jenis ini memiliki celah kecil yang mudah menjadi sarang debu. Maka dari itu, jenis yang satu ini wajib untuk selalu dibersihkan. Cara membersihkan wallpaper dinding berbahan anyaman serat yang paling mudah dan cepat adalah menggunakan kain basah yang diseka secara perlahan namun jangan sampai terlalu lembap.

  1. Cara Membersihkan Wallpaper Dinding Berbahan Kertas

Wallpaper dinding berbahan kertas adalah salah satu jenis yang paling populer digunakan oleh orang-orang untuk mempercantik desain interior rumah. Tidak hanya karena harganya terjangkau, wallpaper dinding berbahan kertas juga dipilih karena cara perawatannya yang cukup mudah. Tips merawat wallpaper dinding rumah jenis ini yaitu cukup membersihkannya menggunakan lap kering. Usahakan untuk tidak terlalu keras ketika menyeka permukaan wallpaper ketika sedang membersihkannya karena permukaan kertas cukup rentan rusak.

Tips Merawat Wallpaper Dinding Rumah Ala Omahalit

Lebih baik merawat ketimbang memperbaiki. Agar lebih awet, Rekan Alit bisa mempraktekkan tips merawat wallpaper dinding rumah ala Omahalit seperti yang sudah dijelaskan diatas. Karena motif dan warnanya yang beragam, minat konsumen terhadap penggunaan wallpaper dinding juga tergolong besar. Namun apabila Rekan Alit masih bingung dalam menentukan jenis wallpaper dinding, maka jangan segan untuk menghubungi jasa desain interior rumah profesional seperti Omahalit. Selain membantu memilih wallpaper yang sesuai dengan konsep hunian, jasa desain interior juga bisa membantu Rekan Alit untuk proses konsultasi tentang berbagai hal yang menyangkut informasi seputar rumah atau bangunan.

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.