Parket Salah Satu Alternatif Bahan Lantai Hunian

Parket Salah Satu Alternatif Bahan Lantai Hunian

Parket (parquet) adalah salah satu alternatif bahan lantai yang populer dan kini sering dipakai di rumah-rumah. Dengan berbagai pilihan warna dan model, parket yang berbahan dasar kayu termasuk tahan lama dan sangat cocok dijadikan investasi untuk lantai Anda. Sebenarnya parket ialah lembaran kayu berbentuk persegi yang juga disebut ubin kayu, karena fungsinya sama seperti ubin/keramik lantai (juga dalam berbagai ukuran).

Adapun jenis-jenis parket ada beberapa macam:

  • Parket berbahan kayu solid
  • Parket dengan lapisan atas veneer (kulit kayu asli) dengan lapisan dibawahnya multiplex
  • Parket dengan lapisan teratas pepperdecor yang di print dengan motif kayu, sedangkan lapisan bawahnya MDF (Medium Density Fiberboard)

Produk ini berbentuk lempengan-lempengan papan kecil yang disatukan melalui sistem penyambungan yang akurat dan perekatan yang kuat. Lalu dipasang sebagai ubin lantai dengan bantuan perekat khusus dan penyelesaiannya berupa laminasi melamin yang mengilap.

Untuk perawatan, lantai parket memang perlu perhatian khusus, seperti ketika Anda merawat furnitur kayu. Berikut kami akan memberikan tips dan trik untuk menjaga lantai parket tetap awet, dan Anda tidak perlu lagi khawatir

  1. Membersihkan parket

Mengingat bahan utama parket terbuat dari kayu, maka musuh utamanya adalah kelembaban. Disarankan merawat lantai parket dengan penyedot debu atau sapu saja, kemudian lanjutkan dengan lap kering untuk mengangkat sisa-sisa debu. Jangan pernah mengepel lantai parket karena genangan air yang terkurung di lapisan plywood bisa melapukkan kayu. Selain itu, dengan meningkatnya kelembaban pada parket dapat menimbulkan perbedaan tekanan yang drastis. Akibatnya sendi parket bisa lepas dan kalau diinjak lantai akan berbunyi atau  berderak.

  1. Hindari air

Meski banyak alternatif bahan lantai parket yang menjanjikan tahan gores dan tak bisa dirembesi air, lebih baik hindari penggunaan air pada lantai parket untuk menjaga keawetannya. Jangan sampai air merembes ke dalam pori-pori parket karena akan membuatnya mengelupas.

  1. Segera bersihkan

Jika lantai parket Anda terkena noda makanan atau minuman, segera angkat kotorannya dengan tisu atau lap kering. Lalu gunakan cairan khusus pembersih kayu parket untuk membersihkannya.

  1. Alasi dengan hati-hati

Agar tak menimbulkan goresan pada lantai parket, Anda harus berhati-hati ketika memindahkan barang. Sebaiknya barang diangkat dan alas furnitur dilapisi karet agar tidak menimbulkan bekas goresan pada lantai. Alas kaki atau sepatu yang digunakan juga sebaiknya tidak tajam dan keras.

  1. Perawatan tambahan

Untuk alternatif bahan lantai parket yang terbuat dari kayu solid, perawatan tambahan yang dilakukan adalah tiap bulan harus disemir menggunakan bahan pengilap kayu (teak oli, pledge) dan tiap dua tahun sekali dilakukan coating ulang.

  1. Memanfaatkan bahan alami

Untuk membersihkan noda membandel sekaligus membuat lantai parket lebih berkilau, Anda bisa memanfaatkan air perasan lemon atau belimbing wuluh. Atau Anda bisa memakai white vinegar yang didiamkan selama 4 menit pada noda di lantai parket, lalu Anda bersihkan dengan kain lap bersih.

  1. Menggunakan karpet

Karpet dapat dijadikan alternatif untuk menutupi lantai parket, terutama pada area yang paling sering dilalui. Namun pilihlah karpet dengan lapisan yang tidak licin sehingga tidak mudah tergeser.

  1. Antisipasi keberadaan hewan pengganggu

Selain menjaganya dari kelembaban, sebaiknya minta perusahaan tempat Anda memesan parket untuk menyuntikkan anti rayap pada parket.

  1. Rotasi pada perabot

Untuk daerah tropis, parket memang membutuhkan perawatan ekstra karena warna kayu bisa pudar akibat sinar matahari. Untuk menjaga agar penampilan parket tetap awet, sebaiknya Anda sering menukar letak perabot di ruangan yang menggunakan parket. Dan biasanya, perusahaan parket melengkapi pelayanannya dengan steam setiap 6 bulan sekali. Ini berfungsi untuk memelihara warna dan kebersihan parket.

Tidak hanya sebatas sebagai pilihan lantai dalam hunian, parket mempunyai keindahan tersendiri dan menjadi pembeda atau memunculkan sebuah karakter dalam rumah penghuni. Merawat parket harus maksimal terlebih lagi jika tidak ingin sampai terjadi hal yang tidak diinginkan.

Konsultan Arsitek & Interior: Pilihlah yang Terbaik!

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Parket Salah Satu Alternatif Bahan Lantai Hunian, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan Omahalit, perusahaan konsultan arsitek & desain interior di Pekalongan, Batang dan Pemalang dengan pengalaman puluhan tahun baik pekerjaan hunian maupun bangunan komersial.

Omahalit Architecture & Interior Design Consultant melayani:

  • Jasa interior rumah
  • Jasa renovasi rumah
  • Pembuatan kitchen set
  • Pembuatan furniture custom sesuai ukuran
  • Jasa desain rumah dan gambar kerja
  • Jasa kontraktor rumah
  • Dsb

Area kerja kami untuk pekerjaan kontraktor dan renovasi interior adalah di Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, Pemalang, Tegal, Brebes dan Slawi, namun demikian kami juga membantu customer kami untuk pekerjaan desain arsitektur rumah seluruh Indonesia. Hubungi kami melalui kontak WA: bit.ly/WAOmahalit atau melalui kontak.

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.