Tips Dalam Mengecat Rumah

Tips Dalam Mengecat Rumah

Tips dalam mengecat rumah untuk menjadikan hunian tampak indah jika dipandang memang tidak boleh sembarangan. Perlu berbagai pertimbangan dalam mengecat rumah terlebih lagi dalam pemilihan warna cat apa yang cocok dengan karakter rumah Anda. Warna yang ditentukan bisa sesuai warna favorit Anda atau sesuai bentuk hunian Anda. Terlebih lagi kita dapat berkreasi menggunakan cat sesuai kemampuan kita, apabila menginginkan hasil yang lebih maksimal tidak ada salahnya memakai jasa desain interior sebagai penyempurna hasil yang diinginkan.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan sebelum kita melakukan pengecatan tersebut

  1. Persiapan alat

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam mengecat rumah adalah menyiapkan alat terlebih dahulu seperti kuas, amplas, roller, koran, lakban, kaleng air, tangga dan alat-alat lain yang Anda butuhkan serta tidak lupa cat favorit pilihan Anda. Menyiapkan alat sehari sebelumnya perlu dilakukan mengingat supaya Anda tidak kerepotan mencari yang akan membuang waktu lebih lama.

  1. Bersihkan permukaan

Sebelum Anda memulai untuk mengecat pastikan Anda membersihkan permukaan dinding yang akan di cat karena dengan adanya minyak atau penghalang lain hasil dari pengecatan tidak akan maksimal. Permukaan dinding yang akan di cat juga dibersihkan dari cat tergores, terkelupas, dan cat lama.

  1. Lindungi perabotan Anda

Jika tidak ingin perabotan kesayangan Anda terkena dari noda cat, sebaiknya terlebih dahulu menutupinya dengan menggunakan plastik, koran atau masking tape. Tujuannya akan terhindar dari cipratan cat yang dapat meninggalkan bekas dan bisa merusak perabotan jika terkena bila tidak dibersihkan dengan benar.

  1. Siapkan dan gunakan pelindung diri

‘Safety first’ bukan hanya sebuah kata yang dijalankan tetapi merupakan sebuah keharusan, tidak terkecuali dengan pekerjaan mengecat rumah. Dengan menyiapkan alat pelindung diri seperti pelindung mata, pakaian khusus serta sarung tangan maka hal yang tidak Anda inginkan bisa diminimalisir. Sering kali kita mengabaikan alat pelindung diri padahal mempunyai peranan penting.

  1. Kebutuhan cat

Kebutuhan setiap cat yang akan digunakan berbeda-beda, tergantung pada bahan dan luas hunian. Jika ingin mengecat rumah dengan benar dan hasil memuaskan, Anda pun harus bisa menghitungnya.

Jika sudah siap untuk mengecat, berikut tipsnya:

  • Untuk memeriksa lapisan plamir atau cat lama yang masih kuat (melekat atau tidak), Kuaskan air pada permukaan tersebut, tunggu beberapa saat jika permukaan tembok tampak gelembung-gelembung maka permukaan tembok harus disekrap.
  • Permukaan yang sudah dicat sebelumnya perlu dibersihkan dahulu dengan baik, bersihkan dan hilangkan semua bagian cat yang terkelupas, debu dan kotoran lainnya sebelum melakukan pengecatan dengan cara diamplas lebih dahulu dan lapisi dengan satu lapis cat, biarkan sampai permukaan mengering.
  • Untuk permukaan tembok luar dimana sisa-sisa cat lama yang terkelupas, debu dan kotoran tidak bisa dibersihkan seluruhnya, berilah sebuah lapisan plamir sebelum permukaan tersebut dicat dengan cat tembok.
  • Jika sebelumnya tembok telah berwarna dan ingin mengganti warna maka harus memilih cat tembok yang memiliki daya tutup yang kuat, jika tidak maka sebaiknya menggunakan kuas roll atau menutup warna yang lama (terutama warna tua) dengan menggunakan plamir tembok.
  • Sedangkan untuk permukaan tembok yang baru, sebaiknya sebelum di cat, berikanlah jeda waktu pengeringan tembok biar tidak basah atau lembab, setelah semua kering lakukan pengecatan dasar (siller), setelah itu lakukan pengecatan 2-3 kali hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Konsultan Arsitek & Interior: Pilihlah yang Terbaik!

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Tips Dalam Mengecat Rumah, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan Omahalit, perusahaan konsultan arsitek & desain interior di Pekalongan, Batang dan Pemalang dengan pengalaman puluhan tahun baik pekerjaan hunian maupun bangunan komersial.

Omahalit Architecture & Interior Design Consultant melayani:

  • Jasa interior rumah
  • Jasa renovasi rumah
  • Pembuatan kitchen set
  • Pembuatan furniture custom sesuai ukuran
  • Jasa desain rumah dan gambar kerja
  • Jasa kontraktor rumah
  • Dsb

Area kerja kami untuk pekerjaan kontraktor dan renovasi interior adalah di Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, Pemalang, Tegal, Brebes dan Slawi, namun demikian kami juga membantu customer kami untuk pekerjaan desain arsitektur rumah seluruh Indonesia. Hubungi kami melalui kontak WA: bit.ly/WAOmahalit atau melalui kontak.

Share post:

Comment ( 1 )

Leave A Comment

Your email is safe with us.