Omahalit

Tips Desain Kamar Mandi Dengan Nuansa Alam

OMAHALIT.COMKamar mandi merupakan salah satu bagian inti dari rumah. Jadi ada sedikit perhatian khusus dalam penataan kamar mandi. Ketika kita ingin membangun atau menata kamar mandi, maka banyak hal yang harus diperhatikan, misalnya ukuran, kondisi kamar mandi apakah kering atau basah, letaknya di dalam rumah, pencahayaan, sirkulasi dan faktor keamanan.

Salah satu model kamar mandi yang digemari pada saat ini adalah kamar mandi dengan nuansa natural atau alam. Karena disitu selain kita mendapatkan fungsi dari kamar mandi itu sendiri, kita juga dapat merasakan suasana alam yang alami. Kamar mandi natural juga dapat menjadi area relaksasi untuk mengendurkan urat-urat saraf yang tegang setelah beraktifitas seharian. Adapun material-material alami yang dapat dimunculkan di dalam kamar mandi natural diantaranya seperti bambu, kayu, dan batu alam.

Cara Menghadirkan Nuansa Alam Dalam Kamar Mandi

Di bawah ini kami akan memberikan inspirasi bagaimana mengaplikasikan konsep natural pada kamar mandi hunian Anda.

  • Dinding Natural

Seperti ruang pada umumnya, kamar mandi biasanya juga berdinding tembok, namun ada dinding-dinding kamar mandi yang hanya ditutupi dengan bambu, kayu gelondongan, belahan-belahan kayu, tumpukan batu, bahkan pohon-pohon yang disusun rapat. Biasanya untuk model kamar mandi tersebut dari segi keamanannya sudah dipertimbangkan dan diperhatikan, seperti menutupinya dengan dinding yang memutari kamar mandi tersebut.

  • Bambu

Meskipun terasa sangat alami, namun bambu bukan material yang awet. Apalagi untuk kamar mandi yang sifatnya basah. Adapun cara untuk mensiasatinya supaya bambu agar bambu bisah bertahan lama adalah dengan cara meletakkan bambu-bambu tersebut diluar area kamar mandi basah. Misalnya pada dinding-dinding belakang bathub.

  • Elemen Kayu

Pilihlah kayu yang tahan air, karena kegiatan di kamar mandi kita yang menggunakan air. Kalaupun jenis kamar mandinya kering tetap saja ruangan ini bersifat lembab. Jenis kayu yang tahan air diantaranya kayu bengkirai, sonokeling, dan dammar laut.

BACA JUGA: Ide Hiasan Dinding Ruang Tamu Buatan Sendiri, Unik Banget!

  • Batu Alam

Material ini merupakan material yang sangat cocok untuk dinding kamar mandi. Pilihlah material-material batu alam yang memiliki tekstur alami seperti batu alam candi, batu kali batu andesit, dan batu-batu alam lainnya. Untuk batu yang berbentuk butiran lepasan seperti batu kerikil dan koral aplikasinya diselipkan diantara adukan semen. Untuk memunculkan keindahannya bisa ditata dengan desain pola tertentu.

  • Pemilihan Lantai

Untuk mencapai lantai yang sifatnya natural, yang paling sederhana adalah dengan menggunakan semen acian. Namun untuk lebih amannya supaya tidak licin, dapat dikombinasikan dengan batu koral. Salah satu material untuk lantai kamar mandi natural yang lain adalah keramik. Banyak pilihan keramik yang model dan motifnya menuju kearah natural.

  • Atap Kamar Mandi

Kesan natural yang paling terasa dalam kamar mandi adalah kamar mandi yang tanpa atap, karena beratapkan langit. Pengaplikasian kamar mandi tersebut, harus memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan sang penghuni. Biasanya di dalam kamar mandi tersebut, menggunakan dua jenis area yaitu area shower dan area bathub.

BACA JUGA: Inspirasi Warna Gorden yang Cocok untuk Dinding Kuning

Biasanya area shower ditempatkan pada bagian yang beratapkan langit, sedangkan area bathub pada bagian kamar mandi yang mempunyai atap model kayu. Jika ingin tidak berkesan terlalu tebuka, atap kamar mandi dapat dikombinasikan dengan kayu atau bambu yang disusun membujur horizontal.

Elemen – Elemen Lain Dalam Kamar Mandi

  • Shower Kamar Mandi

Kita bisa mendesain shower kamar mandi dengan menggunakan bambu sebagai medianya. Dengan pemakaian material ini nuansa kamar mandi yang alami akan tercapai.

  • Bathub

Kita bisa menggunakan jenis bathub dari bahan batu-batuan seperti batu muntilan yang di desain ditatah halus.

BACA JUGA: 6 Ide Dekorasi Ruang Tamu Sederhana tapi Menarik, Cek Sini!

  • Wastafel

Begitu juga dengan wastafelnya, dapat menggunakan wastafel dengan bahan dasar tanah liat atau batu yang telah didesain sesuai dengan fungsinya sebagai wastafel.

  • Tempat Sabun, Tisu dan Ornamen Lain

Bisa menggunakan bahan – bahan dari tembikar. Dengan sedikit kreativitas, kita bisa memunculkan nuansa alam dalam kamar mandi kita dengan menggunakan material – material yang ada di alam. Sehingga kamar mandi sebagai tempat relaksasi untuk mengendurkan urat –urat saraf setelah kita beraktifitas seharian bisa tercapai.

Kalau Anda ingin membuat kamar mandi rumah agar terlihat menawan, maka silahkan hubungi tim omahalit kami.

Promo jasa bikin interior
   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow