Omahalit

6 Ide Dekorasi Ruang Tamu Sederhana tapi Menarik, Cek Sini!

OMAHALIT.COMDesain untuk ruang tamu memang wajib kamu perhatikan. Entah dari segi kenyamanan sekaligus dari sisi estetikanya. Nah, kalau kamu sedang ingin mendesain dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik, kami punya beberapa referensinya.

Area ruang tamu, menjadi tempat yang tersedia bagi orang-orang yang mengunjungi rumahmu. Bisa juga sebagai tempat bersantai bareng keluarga. Meskipun lahan hunianmu terbilang sempit, kamu masih bisa loh menjadikannya sangat menarik.

Misalnya saja dengan menerapkan konsep tertentu atau bisa dengan menambahkan sofa unik, hiasan dinding menarik, dan lainnya. Hal itu akan memberi aksentiuasi yang berbeda pada dekorasi interior ruang tamu yang ada di rumahmu.

Dekorasi Ruang Tamu Sederhana tapi Menarik

Kami akan menawarkan sejumlah ide untuk dekorasi ruang tamu kecil yang sederhana tapi tetap menarik. Kamu bisa menjadikannya ide agar ruang tamu jadi semakin nyaman sekaligus memunculkan sisi estetikanya. Berikut rekomendasinya:

1. Ruang Tamu dengan Konsep Natural

Ruang Tamu dengan Konsep Natural
Ruang Tamu dengan Konsep Natural

Salah satu dekorasi yang mungkin bisa kamu pilih adalah konsep natural. Dalam konsep ini, kamu bisa menggunakan material bambu untuk kursi. Tambahkan juga sejumlah kerajinan tangan yang bahan dasarnya rotan agar ruang tamu lebih cantik.

Dalam ruangan ini, jangan menambahkan terlalu banyak perabot. Tujuannya agar ruangan tidak terasa kecil sekaligus sempit. Pada bagian kursi, coba buat dari kaleng cat kemudian warnai dengan beberapa pilihan warna natural.

BACA JUGA: Pilihan Warna Cat Ruangan Rumah Minimalis, Cantik dan Elegan

Jika sering kedatangan tamu dalam jumlah banyak, kamu pun bisa menambahkan alternatif lesehan di karpet yang sudah ada.

2. Tema Vintage

Ruang Tamu dengan Tema Vintage
Ruang Tamu dengan Tema Vintage

Salah satu dekorasi ruang tamu aesthetic bisa kamu peroleh jika menerapkan tema atau konsep vintage. Tema ini sangat cocok untuk kamu yang ingin tampilan ruang tamu sederhana tapi tetap terlihat menarik.

Caranya bisa dengan menggunakan style jadul seperti perabot yang memang nampak ketinggalan zaman dan beberapa ornamen tambahan yang membuatnya jadi punya sentuhan apik.

Kamu pun bisa mengubah perabot jadul dengan cara pewarnaan ulang. Bisa juga menambahkan bantalan busa pada kursi yang warnanya nampak kontras agar semakin menarik.

BACA JUGA: 9 Ide Desain Pintu Kamar Minimalis, Keren Banget!

Selain itu, penambahan dan pewarnaan ulang perabot yang terbilang jadul membuat ruang tamu jadi tampak lebih dinamis.

3. Kombinasi Minimalis dan Vintage

Ruang Tamu dengan konsep Kombinasi Minimalis dan Vintage
Ruang Tamu dengan konsep Kombinasi Minimalis dan Vintage

Dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik lainnya yang bisa kamu coba bisa dengan mengkombinasikan gaya. Desain yang mengusung tema vintage bisa kamu kombinasikan dengan gaya minimalis.

Kombinasi tersebut bisa membuat ruang tamu yang enak dipandang. Ada kesan modern sekaligus kesan kuno yang cukup serasi. Suasana ruang tamu bisa semakin keren dan menarik.

Coba kombinasikan warna cat mutih, coklat kayu, dan warna cukup cerah untuk mendapatkan kesan ruang tamu yang lebih baik.

4. Tema Monokrom Sederhana

Ruang Tamu dengan Tema Monokrom Sederhana
Ruang Tamu dengan Tema Monokrom Sederhana

Ide dekorasi atau model ruang tamu sederhana yang bisa kamu coba lainnya bisa dengan menerapkan tema monokrom. Sesuai dengan nama yang dipakai, warna monokrom hanya mengandalkan satu warna utama.

Dengan memainkan tingkat ketajaman warna, kamu bisa membentuk variasi harmonis dalam ruang tamu. Tantangannya tentu ada. Setiap orang yang menerapkannya harus bisa menentukan posisi paling tepat untuk perabotan yang ada dalam ruangan.

BACA JUGA: Pilihan Warna Cat Ruangan Rumah Minimalis, Cantik dan Elegan

Apabila perabotan tidak tersusun secara baik, penerapan tema monokrom bahkan bisa membuat ruangan terkesan membosankan, kurang menarik, dan sesak. Hanya saja, kalau kamu bisa memposisikan perabotan dengan baik, jelas ruang tamu nampak lebih estetik.

Jangan sampai menambahkan terlalu banyak aksesoris juga perabot di ruangan agar tidak tampak aneh.

5. Penggunaan Lukisan Dinding

Ruang tamu dengan Penggunaan Lukisan Dinding
Ruang tamu dengan Penggunaan Lukisan Dinding

Sebenarnya ada cara lain untuk mendapatkan ruang tamu cantik jika kamu tidak ingin merombak total ruang tamu. Caranya bisa dengan menggunakan lukisan dinding. Memang, penerapan cara ini sudah tergolong biasa.

Hanya saja jika kamu memang ingin mendedikasikan karya seni, tentu bisa langsung memaksimalkannya pada dekorasi ruang tamu yang sederhana. Ada beragam metode agar lukisan tampak menonjol.

Pertama yakni dengan mengatur tata letak yang tepat. Alih-alih memakai layouting rapi, coba manfaatkan chaotic harmony untuk menawarkan kesan yang unik, tapi tetap estetik saat ada mata yang memandangnya.

BACA JUGA: 10 Inspirasi Desain Kamar Mandi Estetik dan Minimalis 2022

Coba juga cara kedua dengan memajang lukisan di ruang tamu dengan makna khas atau dari seniman ternama. Biasanya tamu yang berkunjung bakal tertarik dengan konsep tersebut.

6. Ruang Tamu Suasana Homey

Ruang Tamu Suasana Homey
Ruang Tamu Suasana Homey

Setiap penghuni rumah jelas ingin beristirahat setelah seharian beraktivitas. Jika ruang tamu sering menjadi tempatmu dan keluarga menjadi tempat istirahat atau bersantai, ruang tamu dengan suasana homey bisa jadi pilihan.

Demi bisa membuat suasana homey, kamu bisa menyiapkan beberapa kebutuhan seperti kursi santai atau mungkin juga kursi fleksibel. Tambahkan juga meja untuk meletakkan beberapa camilan dan minuman.

Dengan begitu, kamu bisa menjadikannya tempat bersantai. Kalaupun ada tamu, pengunjung tidak akan merasa seperti di rumah orang lain.

Coba pertimbangkan beberapa ide dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik dari kami. Dijamin nggak bakal kecewa! Selamat bereksplorasi mencari dekorasi terbaik untuk rumahmu. Nah, jika Anda ingin mendekor rumah agar terlihat menawan maka silahkan hubungi tim omahalit kami.

   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow