Omahalit

Tips Dekorasi Rumah Minimalis Sederhana dengan Kesan Modern

OMAHALIT.COMSaat akan membuat hunian, tentu ada beragam dekorasi dan desain yang bisa dipilih. Salah satunya adalah dekorasi rumah minimalis sederhana. Belakangan ini, cukup banyak orang yang ingin mendesain rumah sederhananya jadi tampak minimalis namun dengan tetap menampilkan kesan modern.

Dekorasi rumah kecil tapi mewah yang dipilih, selain lebih hemat biaya, biasanya juga sangat nyaman ditinggali. Desain minimalis yang dipilih, nantinya hanya akan menghapus beberapa bagian yang tidak penting dan hanya menyisakan beberapa elemen penting saja dalam suatu rumah.

Konsep ini, dipopulerkan oleh arsitek kelas dunia Vander Rohe yang mengatakan kalau ‘less is more’. Alhasil, muncullah konsep minimalis yang belakangan ini dipilih oleh cukup banyak orang untuk desain hunian idamannya.

Namun, pemilihan desain minimalis tidak dapat dipilih sembarangan. Jika ingin mendapatkan dekorasi rumah sederhana tapi indah, kami sudah punya beberapa tips yang dapat kamu pertimbangkan.

Tips Dekorasi Rumah Minimalis Sederhana

Terdapat sejumlah tips untuk mendapatkan dekorasi rumah kecil tapi unik atau minimalis yang perlu kamu perhatikan. Tanpa beberapa tips ini, mungkin kamu akan kesusahan dan malah salah dalam memilih dekorasi minimalis. Berikut ini penjelasannya:

1. Memilih Warna Cerah, tapi Netral

Desain rumah minimalis yang dapat kamu buat, mungkin akan nampak seperti rumah biasa dan sederhana. Tapi, untuk setiap unsur atau elemen di dalamnya, kamu harus tetap memberi pertimbangan.

Salah satunya yakni memilih warna cat rumah yang digunakan. Cat rumah, wajib dipertimbangkan lantaran merupakan salah satu faktor krusial yang bisa membuat suasana rumah sesuai dengan yang kamu inginkan.

Khusus untuk dekorasi rumah minimalis sederhana, kamu bisa memilih cat dinding dengan warna cerah namun tetap netral. Pemilihan warna ini, tentu bukan tanpa alasan.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Warna Cat Kamar yang Sejuk dan Bikin Adem, Ini Daftarnya

Saat memilihnya, kamu bisa mendapatkan kesan modern serta suasana rumah yang nyaman. Kamu bisa memilih warna seperti abu-abu, putih, dan juga pastel. Beberapa warna tersebut, memang biasanya digunakan pada rumah dengan konsep minimalis.

Tak hanya itu saja. Kamu pun bisa menambahkan gorden yang warnanya sama dengan dinding. Pemilihan tirai yang tepat, akan menjadikan hunianmu jadi tampak nyaman ditinggali.

2. Berikan Elemen Alami

Pada desain interior rumah minimalis terbaru, kamu bisa menggunakan tambahan elemen alami di dalam rumah. Misalnya saja, dengan menambahkan sejumlah bahan alami seperti keranjang anyaman ataupun bangku kayu.

Jangan lupa untuk meletakkan beberapa bunga maupun tanaman hias yang punya warna senada. Kamu juga bisa meletakkan pot di areal sudut kosong agar ruangan tampak lebih cerah.

Elemen kunci yang selalu terdapat dalam desain minimalis, salah satunya adalah elemen alami yang sederhana. Misalnya saja, rak buku, tempat duduk, dan beberapa interior lain yang berbahan dasar kayu.

3. Memanfaatkan Pencahayaan Alami

Memanfaatkan pencahayaan alami yang dapat menyebar ke hampir seluruh ruangan, juga bisa memberikan kesan nyaman pada dekorasi rumah minimalis type 36 yang kamu miliki.

Tak hanya membuat ruang tamu dan area lain lebih hangat, kamu pun tidak perlu menambahkan berbagai macam dekorasi yang malah bisa bikin ruangan berantakan. Kamu cukup menambahkan tirai tipis sebagai dekorasinya.

BACA JUGA: Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Rumah Minimalis Yang Perlu Kamu Tahu

Jika ingin menyebarkan sinar matahari ke seluruh area ruangan, kamu bisa menambahkan cermin dengan ukuran besar yang dapat memantulkan cahaya.

4. Memilih Furniture Kecil yang Multifungsi

Lantaran rumah minimalis punya ciri khas sederhana dan minim barang, kamu wajib memilih barang-barang yang simpel namun multifungsi. Memilih furniture kecil sebagai dekorasi, bisa menampilkan karakter kuat dari rumah tersebut.

Kamu bahkan bisa menambahkan furniture yang bisa memiliki dua fungsi sekaligus agar rumah tidak terlihat memiliki banyak barang dan kesan berantakan. Misalnya saja, kamu bisa pakai rak buku yang bisa dijadikan meja belajar sekaligus, kasur dengan tempat penyimpanan di kolongnya, dan banyak lagi.

5. Memilih Rak Terbuka dan Vertikal

Kalau kamu punya banyak buku dan ingin memilih rak penyimpanannya, kamu bisa memilih rak terbuka yang posisinya vertikal. Jika memungkinkan, pilih rak buku yang sedikit tinggi.

Rak buku yang terbuka, vertikal, sekaligus tinggi akan menambah kesan bahwa ruangan dalam rumahmu lebih lapang dan lebih lebar. Tak hanya itu saja. Jika rak buku tersebut diterapkan pada ide desain rumah minimalis, akan jauh lebih efisien dibandingkan rak yang melebar ke samping.

Rak terbuka tentu saja, juga akan memudahkan kamu saat ingin mengambil buku, lalu membacanya.

BACA JUGA: Inspirasi Desain Kamar Tidur Minimalis yang Bisa Dibangun di Rumah Anda

6. Pintar Memilih Tempat Penyimpanan

Seperti yang telah kamu ketahui, dekorasi rumah sederhana minimalis banyak digunakan guna meminimalisir adanya ‘kekacauan’ dalam rumah. Biasanya, ada hal yang sering menghambat seseorang dalam memaksimalkan fungsi dari desain ini.

Misalnya saja, kebiasaan untuk menumpuk pakaian kotor, menumpuk barang, serta hanya meletakkan piring di wastafel, membuat banyak orang tidak bisa merasakan manfaat maksimal dari diterapkannya konsep minimalis.

Tapi, kamu bisa mengakalinya dengan memilih tempat penyimpanan. Misalnya saja, kamu bisa meletakkan tempat penyimpanan di sebelah sudut ruangan. Kamu bisa cek referensi gambarnya di mesin pencari.

Setelah itu, jadikan gambar tersebut sebagai referensi untuk rumah minimalis sederhana yang kamu idamkan itu.

7. Menggunakan Karpet dengan Motif Modern

Penggunaan karpet dengan motif modern, juga lebih disarankan jika ingin memilih dekorasi rumah minimalis 2 kamar yang sederhana. Karpet yang digunakan, sebisa mungkin memilih karpet dengan motif abstrak ataupun motif kotak besar.

BACA JUGA: Jasa Desain Interior Terbaik di Pekalongan

Pilihan karpet ini, akan menampilkan kesan modern pada kamar ataupun beberapa ruangan lain sesuai dengan yang kamu inginkan.

Motif karpet modern seperti kotak dan abstrak, bisa memberi kesan yang lebih kuat untuk konsep hunian minimalis. Tak hanya itu saja. Pastikan juga kamu memilih karpet dengan bahan yang lembut serta nyaman di kaki.

8. Wallpaper di Kamar Mandi

Nah, untuk bagian kamar mandi, untuk mendapatkan kesan maksimal dekorasi rumah minimalis sederhana, kamu juga bisa menambahkan wallpaper. Jangan lupa, gunakan warna yang sesuai dengan penggunaan kamar mandi.

Kamu bisa memilih warna seperti cokelat, abu-abu, atau warna pastel agar lebih mencerminkan kesan minimalis. Kamu pun bebas menggunakan motif apapun. Selama tidak berlebihan dan tidak terkesan ‘ramai’.

9. Hiasan Dinding Sederhana

Jika tidak ingin cepat bosan berlama-lama di dalam rumah, kamu juga bisa menggunakan hiasan dindin. Namun tetap ingat, hiasan dinding yang dipajang, sebisa mungkin sederhana.

BACA JUGA: Konsep Kitchen Set Minimalis Modern, Bikin Dapur Jadi Keren!

Kamu bisa memilih hiasan dinding dengan tema vector, atau bahkan line-art saja. Dengan adanya hiasan dinding tersebut, rumah minimalis sederhana yang ditempati, tidak akan tampak membosankan.

Selain itu, kamu pun bisa mengganti wallpaper dengan foto keluarga atau yang lainnya. Jangan lupa, batasi penggunaan hiasan dinding agar tidak terlalu banyak dan malah mengurangi kesan minimalis.

Itulah sejumlah tips dekorasi rumah minimalis sederhana yang dapat kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan tips di atas jika ingin mendapatkan manfaat optimal dari desain minimalis. Dan jika Anda butuh jasa konsultan untuk desain interior kamar mandi maupun interior yang lain atau sedang mencari jasa gambar desain arsitektur untuk rumah, kantor, studio, maupun toko, jangan sungkan untuk konsultasikan ke tim Omahalit !

Promo jasa bikin interior
   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow