Omahalit

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Rumah Minimalis Yang Perlu Kamu Tahu

OMAHALIT.COM – Seiring berkembangnya zaman, tipe rumah beragam sehingga kita bisa bebas memilih sesuai selera. Salah satu yang banyak diminati oleh masyarakat adalah rumah minimalis. Rumah dengan tipe ini memiliki desain yang sederhana dan tampil elegan.

Itulah mengapa rumah dengan tipe ini ramai menjadi incaran dan juga minat masyarakat. Mari disimak terlebih dahulu kelebihan rumah dengan tipe minimalis!. Berikut dibawah ini penjelasannya :

8 Kelebihan Rumah Minimalis

1. Harga Terjangkau

Harga properti dari tahun ke tahun tentu mengalami peningkatan dan perubahan. Faktornya dikarenakan bergantung pada permintaan pasar dan ketersediaan. Terutama bila memilih properti dengan tempat yang strategis maka harganya semakin tinggi. Namun, pada umumnya rumah dengan tipe minimalis dijual dengan harga yang ekonomis. Maka bila kita memiliki penghasilan yang tidak cukup besar maka memilih rumah minimalis adalah pilihan yang tepat. Selain dari segi harga, rumah dengan tipe ini mengutamakan sebuah kemudahan. Konsep rumah minimalis adalah sederhana namun, menarik.

2. Lebih Mudah Mengurusnya

Tidak seperti rumah – rumah yang berukuran besar, rumah minimalis sangat mudah untuk diurus. Penyebabnya adalah karena ruangannya tidak besar dan tidak banyak sehingga tidak membuang – buang waktu (lebih efisien). Inilah kelebihan memiliki rumah dengan tipe minimalis.

BACA JUGA: Tips Menentukan Jendela Untuk Rumah Minimalis Impian Anda

3. Bisa Sebagai Investasi

Memiliki rumah minimalis sangat cocok sebagai investasi. Apabila kita mempunyai niat menjualnya atau dalam keadaan darurat membutuhkan uang sangat mudah karena rumah minimalis banyak diminati di kalangan masyarakat.

4. Mudah Untuk Dijual Kembali

Tidak seperti rumah pada umumnya yang berukuran besar, rumah minimalis sangat mudah untuk dijual kembali karena harga yang terjangkau dan desain rumah yang elegan.

5. Tidak Perlu Lahan Yang Luas

Karena membangun rumah minimalis tidak perlu lahan yang luas, maka dana yang dikeluarkan juga cukup terjangkau.

6. Keluarga Menjadi Semakin Dekat

Karena ruangan di rumah minimalis terbatas, maka keluarga akan lebih mudah untuk berkumpul. Sehingga hubungan dalam keluarga akan semakin hangat dan harmonis.

7. Biaya Perawatan Furnitur Yang Ekonomis

Karena ruangan yang terdapat pada rumah minimalis terbatas, maka furniture  yang diperlukan juga tidak terlalu banyak hanya secukupnya saja. Dengan demikian, maka biaya perawatan furnitur pun ekonomis. Bila rumah berukuran besar, maka biaya perawatan furnitur nya akan semakin meningkat.

8. Suasana Lebih Nyaman

Suasana yang didapatkan pada rumah dengan tipe minimalis ini jauh lebih nyaman. Kita tidak dipusingkan dengan beragam perabotan. Maka akan memiliki kesan simpel.

Kekurangan Rumah Minimalis Dan Tips Mengatasinya

Dibalik kelebihannya rumah minimalis, terdapat juga sebuah kekurangannya. Meski banyak digemari dan dilirik oleh orang – orang baik itu pedesaan maupun perkotaan. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai kekurangan dari rumah minimalis dan tips mengatasinya. Simak penjelasannya berikut ini!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Warna Cat Kamar yang Sejuk dan Bikin Adem

1. Cenderung Terlihat Kosong

Kekurangan yang pertama dari rumah minimalis adalah cenderung terlihat kosong. Hal ini dikarenakan segi tampilannya yang polos. Konsep rumah minimalis tidak menggunakan dekorasi apapun khususnya dalam menambah estetika bentuk. Jika ditambah dengan dekorasi maka namanya bukanlah rumah minimalis. Rumah minimalis sejatinya tampil putih polos. Maka agar terkesan tidak tampil kosong, kita bisa menambahkan taman di depan rumah dengan demikian akan memperoleh keindahan dan estetika.

2. Kadang Terlihat Membosankan

Terkadang rumah minimalis terlihat membosankan, dikarenakan akibat dari bentuknya yang simple. Sehingga terkadang orang menganggap rumah minimalis tampil biasa dan membosankan. Namun, masih banyak cara untuk mengatasinya. Caranya adalah mengolah isi dari rumah itu sendiri. Misalnya, gaya interior bisa kita gunakan gaya modern.

BACA JUGA: Tips Mendesain Rumah Ala Jepang untuk Kaum Milenial

Maka tampilan dari rumah minimalis tersebut tidak membosankan dan bisa ditambahkan pula dengan model pintu jaman sekarang. Sebaiknya, kita gunakan juga furniture bergaya modern. Tetapi, tidak cocok bila kita gunakan sofa ukir di rumah yang bernuansa minimalis karena secara desain hal tersebut tidak kontras. Namun, pilihlah bentuk yang simple agar konsep rumah minimalis tetap bertahan. Pastikan juga kita gunakan konsep furniture ataupun interiornya yang senada dengan rumah.

3. Sulit Untuk Membuat Bidang Yang Besar

Rumah minimalis saling memiliki bidang besar yang memblok sebuah fasad dan material nya sama. Kenyataannya bidang  besar sulit dibuat rapi. Maka dapat kita selesaikan dengan membuat tali air.

4. Pertemuan Bidang Dalam Rumah

Pertemuan antara dinding dan plafon seringkali menjadi kurang rapi. Biasanya sudut inilah yang menjadi kekurangan rumah minimalis. Maka, cara mengatasinya adalah dengan memberikan tambahan. Seperti pertemuan dinding dan lantai bisa menggunakan pin atau bisa menggunakan lis kecil yang terdapat pada sebuah plafon.

5. Kurangnya Pengetahuan Tentang Rumah Minimalis

Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang konsep rumah minimalis sering menjadi salah arti. Maka sebaiknya kita pahami dulu tentang rumah minimalis sehingga kita dapat menentukan desain rumah yang kita inginkan.

6. Terlihat Sempit Bila Tak Bisa Mengaturnya

Jika kita kurang paham dalam pengaturan perabot pada rumah minimalis, maka akan terasa sempit.

7. Hanya Bisa Dihuni Oleh Keluarga Kecil

Mengingat ukuran rumah dan luas tanah yang tidak begitu luas, maka hunian tersebut hanya bisa digunakan oleh keluarga kecil yang terdiri dari ayah, ibu, dan satu anak maupun dua anak karena tidak bisa membuat kamar yang banyak dan hanya bisa dilengkapi oleh dua atau tiga kamar saja.

BACA JUGA: Tips dan Trik Menata Ruang Tamu Berukuran Kecil Agar Terlihat Elegan

Jika Anda ingin membuat Rumah Minimalis yang nggak biasa dan tentu modern, silahkan jangan sungkan untuk konsultasikan ke tim Omahalit !

Bisa juga bagi anda sedang butuh jasa konsultan untuk desain interior maupun sedang mencari jasa gambar desain arsitektur untuk rumah, kantor, studio, maupun toko, datang saja ke Omahalit .

Promo jasa bikin interior
   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow