Tips Mendesain Rumah Ala Jepang untuk Kaum Milenial

Tips Mendesain Rumah Ala Jepang untuk Kaum Milenial

OMAHALIT.COM – Kalau Anda menggembari desain bergaya Jepang, Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah Zen. Zen yang berarti kesederhanaan yang damai adalah ciri khas desain budaya Jepang yang simpel. Selama ribuan tahun, zen telah mempengaruhi gaya arsitektur Jepang yang digunakan di berbagai belahan dunia dan disukai oleh semua kelompok usia, termasuk milenial.

Bagi kaum milenial yang sekarang sedang berada dalam fase produktif, gaya arsitektur Jepang memang terkesan berlawanan. Dunia kerja hectic yang Anda temui sehari-hari, sangat berbeda dengan kesederhanaan yang bersih dan rapi ala Jepang. Tapi justru ketertiban, sentuhan klasik dipadu dengan keindahan alam yang ditawarkan oleh desain ala Jepang akan menjadi jawaban yang mungkin Anda cari.

Kalau Anda merindukan suasana tenang di rumah setelah aktivitas yang melelahkan di kantor atau di lapangan, mendesain rumah dengan gaya Jepang sepertinya cocok untuk Anda. Simak beberapa tips mewujudkannya berikut ini!

Elemen Alami dalam Interior Bergaya Jepang

Budaya Jepang sangat lekat dengan rasa cinta terhadap alam. Menambahkan elemen tanaman tradisional Jepang seperti bonsai dan bambu, akan memberikan sedikit sentuhan Jepang ke dalam hunian Anda. Meskipun meletakkan jenis tanaman lain juga sebenarnya tidak masalah.

BACA JUGA: Tips dan Trik Menata Ruang Tamu Berukuran Kecil Agar Terlihat Elegan

Rumah bergaya Jepang juga kerap menghadirkan nuansa alam lewat jendela besar dan luas yang memungkinkan penghuninya melihat ke luar. Anda bisa mempertimbangkan pintu kaca geser yang menghadap langsung ke taman samping rumah untuk mendapatkan nuansa segar yang alami.

Bak Berendam dengan Suara Air Gemericik

Suara gemericik air yang menenangkan adalah salah satu elemen penting dalam rumah gaya Jepang. Suaranya akan memberikan efek meditatif yang menenangkan. Tidak heran jika air mancur kerap dijadikan komponen penghias dalam zen garden.

Sebagai pengganti, Anda bisa membuat ofuro. Ofuro dalam bahasa Jepang artinya adalah bak mandi. Bak mandi bergaya Jepang ini berbentuk kecil dengan semacam bangku di dalamnya. Bak mandi ini menjadi tren di Timir dan sangat diminati oleh pemilik rumah yang sadar akan kesehatan. Tambahkan bak mandi bergaya Jepang ke dalam kamar mandi Anda untuk mendapatkan suasana seperti di spa.

Gunakan Elemen Kayu dan Bambu

Selain tanaman, penambahan unsur natural dalam rumah bergaya Jepang hadir dari material bambu atau kayu. Dalam rumah Jepang tradisional, hampir semua material rumah dibuat dengan menggunakan kayu.

Inspirasi Konsep Rumah ala Jepang

Inspirasi Konsep Rumah ala Jepang

Anda bisa memilih untuk menggunakan kayu atau bambu sebagai bahan untuk pintu atau ornamen dinding. Beberapa jenis kayu yang paling sering digunakan adalah bambu, kayu maple dan lain sebagainya. Selain bisa memberikan kesan hangat, elemen kayu yang bersih akan menghadirkan suasana tenang ke dalam rumah Anda.

BACA JUGA: Kapan Sebaiknya Anak-anak Mulai Tidur di Kamarnya Sendiri?

Penataan Perabotan Gaya Jepang yang Sederhana Rumah bergaya Jepang klasik umumnya tidak memisahkan ruang-ruang berdasarkan furniture khusus. Mereka tidak mengkhususkan area untuk menonton televisi atau ruang bersantai untuk keluarga. Anda bisa meniru kesederhanaan ini ke dalam hunian. Terlebih bagi Anda yang tinggal di apartemen dengan area yang terbatas.

Kebanyakan furniture rumah Jepang terutama tempat duduknya dipasang sama rata dengan lantai. Jadi
untuk ruang duduk seperti ruang tamu, Anda bisa menggunakan bantal lantai untuk alas duduk sebagai
furniture pelengkap. Jangan lupa padukan dengan meja sederhana sebelum Anda menjadikannya
sebagai area makan atau menyambut tamu yang datang untuk minum teh.

Warna Populer untuk Desain Rumah Ala Jepang

Selain penggunaan perabotan yang simpel, rumah di Jepang biasanya menggunakan palet warna yang sederhana terinspirasi dari alam. Warna dominan berasal dari cokelat yang merupakan elemen kayu dan hijau tanaman. Lantainya terbuat dari kayu atau ubin batu abu-abu. Sementara sebagian besar dinding diganti dengan sekat yang dilapisi kertas buram. Desain ini menghasilkan palet warna sederhana yang sangat netral.

BACA JUGA: Desain Interior Kamar Tidur Pekalongan

Bagaimana cara menerapkan gaya ini ke dalam interior rumah Anda? Coba gabungkan elemen kayu alami lewat rak, panel dinding atau lantai. Kemudian tambahkan warna batu abu-abu di lantai atau di bagian furnitur Anda. Jangan lupa menambahkan banyak tanaman dengan tetap menekankan pada kesederhanaan.

Menerapkan gaya Jepang ke dalam hunian mungkin terkesan simpel. Tapi sebenarnya dalam eksekusi, Anda tetap harus melakukannya dengan penuh kehati-hatian. Temukan beragam inspirasi dan ide rumah bergaya Jepang yang paling sesuai dengan preferensi Anda. Jika Anda tertarik merenovasi rumah atau ingin membikin rumah ala Jepang yang sesuai impian? Yuk segera konsultasikan ke tim Omahalit untuk merealisasikan ide Anda! Selamat mencoba!

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.