Tips dan Trik Menata Ruang Tamu Berukuran Kecil Agar Terlihat Elegan

Tips dan Trik Menata Ruang Tamu Berukuran Kecil Agar Terlihat Elegan

OMAHALIT.COM – Setiap hunian memiliki banyak ruang dengan fungsinya masing-masing. Salah satu ruangan yang vital dalam sebuah rumah adalah ruang tamu. Di Indonesia, ruang tamu tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk menyambut kunjungan, tapi juga kerap jadi area berkumpul bersama dengan anggota keluarga yang lain.

Karena biasanya diposisikan paling depan (tepatnya setelah pintu masuk), ruang tamu adalah ruangan yang akan dilihat oleh orang yang masuk. Karena itu, biasanya para pemilik rumah akan mendesainnya dengan maksimal. Lalu, bagaimana jika Anda memiliki ruang tamu dengan ukuran yang kecil? Apakah ini akan membuatnya menjadi tidak nyaman?

Jangan cemas. Memiliki ruang tamu kecil sama sekali bukan masalah. Dengan beberapa tips dan trik berikut ini, ruang tamu di rumah Anda akan tetap tampil menarik untuk menyambut orang-orang yang datang berkunjung!

Gunakan Cermin Besar untuk Memberikan Efek Luas

Tips Dekorasi Ruang Tamu

Tips Dekorasi Ruang Tamu

Cermin memiliki sifat reflektif di mana ia bisa memantulkan objek-objek yang ada di hadapannya. Jika ditempatkan dengan benar, cermin bisa memberikan ilusi optik sehingga ruang tamu akan terlihat lebih lebar. Selain itu, cermin juga bisa menyebarkan cahaya ke berbagai sudut secara merata. Efeknya, area-area sudut ruang yang gelap bisa menjadi terang dan tidak terkesan sempit lagi.

Pilih Warna yang Tepat

Warna memang memiliki pengaruh psikologis bagi orang yang melihatnya. Dalam memilih warna cat ruang tamu sempit, Anda juga perlu lebih teliti. Ada beberapa warna yang jika diaplikasikan ke dinding akan memberikan kesan sempit. Pilihlah warna-warna cat yang terang seperti pastel.

BACA JUGA: Tips Memilih Kompor yang Tepat untuk Kitchen Set Anda

Anda juga bisa menggunakan warna putih sebagai opsi yang lebih netral. Warna putih memiliki efek yang sama dengan cermin di mana keberadaannya bisa memantulkan cahaya secara merata ke seluruh sudut ruangan. Jika ruangan lebih terang, otomatis akan terasa lebih luas.

Hindari Memilih Furnitur yang Berukuran Terlalu Besar

Semua desainer interior pasti setuju bahwa pemilihan perabotan harus disesuaikan dengan ukuran ruangannya. Perabotan yang terlalu kecil tidak akan menonjol jika ditempatkan di ruang yang luas dan besar. Sebaliknya, ruangan yang sempit juga sebaiknya tidak diberi furnitur yang terlalu besar. Selain terlihat tidak seimbang, perabotan dengan ukuran yang terlalu besar akan membuat ruangan jadi terasa penuh dan sumpek.

Tips Mendekor Ruang Tamu Kecil

Tips Mendekor Ruang Tamu Kecil

Sebagai pengganti, Anda bisa menggunakan coffee table berukuran kecil yang bisa dipindahkan. Jadi ketika sedang tidak ada tamu, Anda bisa menyimpannya agar tidak membuat area gerak menjadi sempit.

Manfaatkan Lighting

Lighting atau pencahayaan juga berperan penting untuk memberikan kesan luas dalam ruangan sempit. Alih-alih hanya menggunakan satu lampu utama, Anda bisa mencoba menerapkan pencahayaan berlapis dengan menyorot bagian-bagian penting dari rumah Anda. Pajangan dinding hingga lemari hias yang jadi focal point bisa diberi highlight dengan pencahayaan yang baik untuk menonjolkan fiturnya.

BACA JUGA: Mengenal Walk in Closet dan Inspirasi Desainnya

Pencahayaan berlapis ini juga bisa memaksimalkan penyebaran cahaya. Meminimalisir area-area gelap akan membuat ruangan terasa lebih lega dan jauh dari kesan sumpek.

Buat Langit-langit yang Tinggi

Tips Mendekor Ruang Tamu

Tips Mendekor Ruang Tamu

Jika ruang tamu Anda masih dalam proses pengerjaan, pertimbangkan untuk meninggikan bagian langitlangitnya. Langit-langit yang dibuat tinggi akan membantu ruangan sempit jadi terlihat lebih luas. Tambahan dekorasi juga bisa Anda letakkan di sana sehingga ruangan bisa terlihat lebih mewah

Pasang Gorden dengan Posisi yang Tinggi

Jika Anda tidak mungkin melakukan perubahan dengan posisi langit-langit, Anda bisa mencoba langkah kedua yakni dengan meninggikan posisi gorden. Alih-alih meletakkan gorden pada posisi yang setara atau di bawah ventilasi, cobalah menggantungnya dengan posisi mendekati langit-langit. Anda tentu juga harus menggunakan gorden yang lebih panjang sehingga efek langit-langit yang tinggi bisa tercipta.

Pasang Karpet Berukuran Besar

Cara lain yang tidak kalah ampuh untuk membuat ruang tamu terasa lebih luas adalah dengan memasang karpet besar. Kalau perlu, pilih pola yang berani. Meletakkan karpet kecil hanya akan memecah lantai dan membuatnya terlihat semakin sempit. Itulah beberapa trik dan tips ampuh untuk Anda yang ingin menata ruang tamu sempit. Selamat bereksperimen! Jika ingin membuat ruang tamu kecil anda lebih berkesan, segera konsultasikan saja dengan tim Omahalit untuk memiliki ruang tamu impian anda.

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.