Omahalit

Bermanfaat! 7 Tips Menata Ruangan Sempit Ala Omahalit

Memiliki rumah dengan luas yang terbatas membuat kita harus kreatif dalam menata ruangan agar tidak terlihat dan terasa sempit. Terlebih untuk masyarakat yang hidup di wilayah yang padat penduduk. Permasalahan rumah berukuran kecil dengan kapasitas ruangan yang minim. Agar lebih bermanfaat, berikut 7 tips menata ruangan sempit ala Omahalit :

Baca juga : 5 Ide Desain Penyekat Ruangan Minimalis dan Kreatif

Tips Menata Ruangan Sempit Agar Lebih Efisien dan Nyaman

1.Menggunakan Partisi Ruangan

Tips Menata Ruangan Sempit Dengan Partisi Minimalis

Penggunaan partisi atau pemisah ruangan yang tepat bisa membuat ruangan tidak terlihat sempit. Pasalnya, dalam sebuah rumah tentu terdiri dari beberapa ruangan yang membutuhkan sekat. Rekan Alit dapat menggunakan partisi tirai, batang bambu, pintu geser transparan, sekat setengah dinding atau cermin yang menciptakan ilusi visual berupa ruangan yang luas.

2.Menghadirkan Mezzanine Pada Desain Interior Rumah

Tips Menata Ruangan Sempit Dengan Mezzanine

Apabila Rekan Alit memiliki rumah yang tidak terlalu luas, namun ingin memiliki desain interior yang menarik maka bisa menghadirkan Mezzanine untuk tuangan yang lebih multifungsi. Misalnya lantai pertama untuk dapur, kamar mandi dan ruang tamu, sedangkan untuk lantai dua bisa dimanfaatkan sebagai kamar dan ruang kerja.

3.Memanfaatkan Area Bawah Tangga

Tips Menata Ruangan Sempit Dengan Area Bawah Tangga

Tips menata ruangan sempit yang ketiga adalah dengan memanfaatkan area bawah tangga. Rekan Alit dapat menyulap ruang bawah tangga menjadi lemari penyimpanan, ruang kerja, ruang bersantai dan lain sebagainya . Memanfaatkan area bawah tangga menjadi salah satu cara memaksimalkan sudut ruangan agar tidak dibiarkan kosong begitu saja.

4.Furniture Multifungsi pada Ceruk Dinding

Tips Menata Ruangan Sempit Dengan Furniture Multifungsi

Saat ini Rekan Alit bisa dengan mudah menemukan furniture yang multifungsi seperti misalnya tempat tidur yang memiliki ruang penyimpanan baju, atau meja lipat dinding yang berfungsi sebagai meja kerja sekaligus meja makan. Nantinya furniture multifungsi ini dapat digabungkan dengan ceruk dinding untuk semakin meningkatkan efektifitas ruangan dalam rumah.

5.Furniture Dapur Dengan Laci dan Meja Tersembunyi

Tips Menata Ruangan Sempit Dengan Meja Dapur Multifungsi

Salah satu ruangan yang cukup memakan tempat adalah dapur. Hal ini dikarenakan banyak benda-benda wajib seperti peralatan makan, peralatan masak dan tempat penyimpanan bahan baku yang harus dijadikan dalam satu ruangan. Maka Rekan Alit bisa memilih untuk menggunakan furniture dapur dengan laci dan meja tersembunyi yang sangat hemat tempat.

6.Rak Sepatu Gantung Berbahan Dasar Kayu

Tips Menata Ruangan Sempit Dengan Rak Sepatu Kayu

Memiliki rumah yang tidak terlalu luas memang menjadi tantangan tersendiri. Rekan Alit harus berusaha menjaga fungsi dan nilai estetika ruangan yang sempit agar tetap nyaman dan indah dipandang. Salah satu tips menata ruangan sempit adalah dengan menggunakan rak sepatu gantung berbahan dasar kayu. Selain muat banyak dan bisa menempel di dinding, rak sepatu kayu juga terlihat unik.

7.Ruang Laundry Tersembunyi

Tips Menata Ruangan Sempit Dengan Laundry Tersembunyi

Tips menata ruangan sempit terakhir yaitu mengakali kebutuhan ruang binatu pada saat menata ruangan, Rekan Alit bisa menempatkannya di berbagai tempat. Sembunyikanlah mesin cuci dan perlengkapan lainnya seperti keranjang pakaian dan sabun cuci pada sebuah lemari atau kabinet dinding yang berada pada salah satu sudut ruangan yang kosong.

 

Membuat hunian dengan luas terbatas agar tetap nyaman dan sedap dipandang memang bukan perkara mudah. Jika merasa masih kesulitan walaupun sudah membaca tips menata ruangan sempit ini, maka Rekan Alit bisa segera menghubungi jasa desain interior yang profesional seperti Omahalit. Tidak hanya jasa desain interior, tim kami juga menyediakan jasa arsitek yang dapat membantu Rekan Alit dalam mewujudkan bangunan impian. Segera klik disini untuk informasi kontak lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

Promo jasa bikin interior
   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow