Cara Mudah Mengoptimalisasi Dinding Partisi Ruang Pada Rumah

Cara Mudah Mengoptimalisasi Dinding Partisi Ruang Pada Rumah

Sebuah bangunan rumah dapat memiliki banyak ruangan di dalamnya seperti kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, ruang kerja, kamar mandi, dan lain sebagainya. Sekalipun memilih untuk menggunakan desain ruangan yang terbuka atau open space, privasi tetap menjadi kebutuhan yang mutlak bagi pemilik rumah. Untuk menciptakan rasa aman, nyaman dan terjaga privasinya, banyak orang yang kemudian memanfaatkan keberadaan dinding partisi ruang. Proses pembuatan dinding pembatas ruangan ini memerlukan perencanaan yang cukup matang agar tidak menimbulkan kesan canggung atau kurang nyaman bagi pemilik rumah maupun para tamu yang akan berkunjung. Namun sebelumnya, mari mencari tahu lebih banyak tentang beberapa keuntungan memakai dinding partisi ruang pada rumah seperti berikut.

Fungsi dan Kelebihan Dinding Partisi Ruang Bagi Hunian

  • Dinding partisi berfungsi membagi area yang luas menjadi beberapa bagian sehingga masing-masing ruang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.
  • Dinding partisi memberikan privasi kepada pemilik rumah agar terhindar dari sorot pandangan dan suara diluar ruangan.
  • Dinding partisi menempati area yang lebih rendah sehingga mudah untuk dibangun dalam berbagai posisi.
  • Dinding partisi ringan dan tidak memakan banyak biaya konstruksi sehingga lebih hemat.

Inspirasi Jenis Dinding Partisi Ruang Yang Kreatif dan Fungsional

Rumah memiliki berbagai jenis desain dinding partisi ruang yang beragam baik untuk keperluan eksterior maupun interior. Tidak selalu monoton, dinding pembatas antar ruangan ini juga dapat di variasi sesuai kebutuhan dan keinginan. Tentu saja pemilik rumah dapat berkonsultasi pada jasa desain interior profesional untuk menentukan jenis dinding partisi seperti apakah yang paling tepat untuk rumah mereka. Berikut adalah beberapa contoh jenis dinding partisi ruangan yang kreatif dan fungsional untuk sebuah rumah idaman.

  1. Dinding Partisi Ruang Blok Roster

Dinding partisi tanah liat

Jenis dinding partisi yang pertama yaitu blok roster yang bisa menggunakan bahan dasar beton atau tanah liat. Sifatnya yang semi transparan baik dalam segi pandang maupun udara membuat dinding partisi jenis blok roster cocok digunakan untuk ruang dengan suasana terbuka namun tetap memiliki batasan tertentu. Biasanya dinding partisi ini dipasang sebagai focal point pada beberapa lokasi tertentu.

  1. Dinding Partisi Ruang Dari Kayu

dinding partisi kayu

Pemakaian dinding partisi berbahan dasar kayu dapat menambah kesan artistik pada sebuah ruangan. Dinding kayu dapat divariasi menyesuaikan kebutuhan dan tema desain interior rumah rekan alit. Banyaknya jenis kayu juga menjadi nilai tambah tersendiri, seperti kayu solid, fiber board atau blok kayu yang diukir secara unik.

  1. Dinding Partisi Ruang Dari Batu Bata

Dinding partisi batu bata

Partisi batu bata berwarna abu-abu ini bisa menjadi inspirasi unik untuk partisi rumah. Memberikan kesan alami dan juga disusun dengan motif tertentu memberikan celah udara untuk masuk ke dalam ruangan. Ditambah lagi pemandangan ke dalam dan keluar ruangan akan terasa lebih leluasa. Pola repetitif pada balok batu ini terlihat cantik dan tidak membosankan.

  1. Dinding Partisi Ruang Dari Kaca

dinding partisi kaca

Bagi yang menginginkan pembatas ruangan dengan transparansi sempurna bisa memilih dinding partisi berbahan dasar kaca. Jenis kaca tempered dengan ketebalan mulai dari 0,6 cm adalah pilihan yang tepat untuk memberikan kesan luas namun tetap aman. Dinding partisi kaca dapat berupa frame atau frameless, tapi pemasangannya sedikit rumit sehingga membutuhkan tenaga ahli yang khusus.

  1. Dinding Partisi Ruang Dari Tanaman

dinding partisi tanaman

Untuk menghadirkan kesan alami dan natural pada ruangan dapat diwujudkan melalui penggunaan dinding partisi ruang dari tanaman. Bisa berbentuk tanaman dalam pot-pot kecil atau tanaman berukuran besar, tinggal disesuaikan dengan konsep hunian rekan alit. Secara tidak langsung, dinding partisi dari tanaman juga akan menciptakan suasana yang sejuk ke dalam rumah.

  1. Dinding Partisi Ruang Dari Metal / Besi

dinding partisi metal

Kebanyakan, dinding partisi ruang yang terbuat dari bahan metal atau besi memiliki fungsi yang cukup serbaguna. Tidak hanya berfungsi memberi batasan pada sebuah ruang, partisi metal atau besi ini bisa juga di modifikasi menjadi bentuk rak susun untuk menempatkan buku-buku atau pajangan unik lainnya. Privasi tetap terjaga, keindahan ruang pun tetap bisa diperlihatkan secara nyata.

  1. Dinding Partisi Ruang Dari Gypsum

dinding partisi gypsum

Salah satu jenis dinding partisi permanen yang paling banyak digunakan entah untuk bangunan kantor atau rumah adalah dinding partisi gypsum. Tidak hanya harganya yang terjangkau, gypsum juga relatif lebih mudah dan cepat untuk dipasang sehingga tidak harus menggunakan tenaga pemasangan khusus. Sama halnya seperti bahan metal atau besi, jenis dinding partisi gypsum ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan yang cantik.

Kemudahan dalam mengoptimalisasi dinding partisi ruang pada rumah ini bisa didapatkan dengan cara memperbanyak referensi dan inspirasi serta berkonsultasi pada jasa desain interior profesional seperti Omahalit. Setelah mengetahui beberapa fungsi dan jenis-jenisnya, berikut adalah informasi tambahan seputar kriteria dinding partisi yang paling tepat untuk rumah rekan alit:

  • Dinding partisi harus mampu memberikan privasi yang cukup dalam sebuah ruangan, baik dari segi penglihatan maupun suara suara.
  • Memiliki bahan dasar yang sederhana, mudah dan ekonomis untuk dapat diolah menjadi dinding partisi.
  • Dinding partisi harus dibuat tipis agar area lantai maksimum dan dapat dimanfaatkan.
  • Memiliki daya tahan yang baik terhadap api, panas, kelembaban, semut, jamur, dll.
  • Memiliki daya tahan yang kuat agar dapat dimanfaatkan secara multifungsional.

Dalam membangun rumah ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan mulai dari pemiihan genteng, pemilihan furniture, pemilihan cat warna, hingga pemilihan dinding partisi yang tepat. Agar proses persiapan dapat berlangsung lebih cepat, efektif serta tidak melebihi batas biaya yang sudah ditentukan, rekan alit bisa bekerja sama dengan Omahalit sebagai penyedia jasa desain interior profesional. Tertarik? Yuk langsung klik bagian kontak berikut ini.

KONTAK OMAHALIT

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.