5 Cara Mudah Menggabungkan Ruangan Pada Sebuah Hunian

5 Cara Mudah Menggabungkan Ruangan Pada Sebuah Hunian

Sebuah hunian tentu memiliki beberapa area dengan fungsi ruangan yang berbeda-beda. Sebut saja yang paling umum yaitu kamar tidur, dapur, ruang keluarga, kamar mandi, ruang tamu dan ruang kerja. Masalahnya, tidak semua hunian memiliki luas dan jumlah ruangan yang memadai. Solusi yang paling mudah untuk dilakukan yaitu sang pemilik rumah harus berinovasi dengan menggabungkan ruangan dua fungsi dalam satu area. Seperti contohnya dapur dengan ruang makan, ruang tamu dengan ruang keluarga, atau ruang bekerja dengan ruang bersantai. Cara menggabungkan ruangan ini kian banyak diminati sekaligus diaplikasikan oleh masyarakat modern demi memaksimalkan jumlah lahan hunian yang terbatas.

5 Tips Menggabungkan Ruangan Pada Sebuah Hunian

Dalam menggabungkan dua fungsi ruangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena apabila terjadi kesalahan, bukan efektivitas yang didapat, namun justru disfungsi ruangan yang akan terjadi. Meskipun ada baiknya untuk berkonsultasi secara langsung dengan jasa desain interior rumah, tapi Rekan Alit sebelumnya bisa sedikit banyak mengetahui tips menggabungkan ruangan yang cukup mudah dipahami seperti berikut ini:

  1. Melakukan Pemilihan Ruangan

cara menggabungkan ruangan

Source by Planete Deco Fr

Langkah awal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan ruangan yang akan digabungkan. Karena, pada dasarnya ada beberapa ruangan yang memang tidak bisa digabung. Contohnya seperti dapur dengan kamar tidur. Kedua fungsi ruangan tersebut akan saling mengganggu jika dipaksakan berada dalam satu area yang sama tanpa adanya sekat. Proses penggabungan ruangan ini harus dilakukan dengan tepat agar tetap terlihat batas-batas ruangan meskipun berada dalam satu lingkup area yang sama.

  1. Memilih Ruangan Paling Besar

menggabungkan dua fungsi ruangan

Source by Betterhomeshack

Menggabungkan dua fungsi ruangan sudah pasti memerlukan area paling besar dan luas yang ada dalam sebuah hunian. Hal ini tidak bisa dipungkiri, karena setiap ruangan tentu memiliki furniture dan perabotan-perabotan khusus yang berbeda satu sama lain. Sebut saja ruang dapur yang harus memiliki tempat untuk kompor, peralatan memasak, kulkas, wastafel dan lain sebagainya. Kemudian ruang makan harus memiliki tempat khusus untuk meja, kursi dan peralatan makan lainnya. Jika kedua fungsi ruangan tersebut digabung, maka akan membutuhkan ruangan yang lebih luas dari biasanya.

  1. Memberi Jarak

menggabungkan ruangan

Source by Articledotcom

Meskipun tidak menggunakan penyekat ruangan seperti tembok atau tirai, tetap saja batas antar-ruangan masih diperlukan. Maka dari itu, dua fungsi ruang yang ada dalam satu area wajib memiliki jarak. Kehadiran jarak, meskipun tidak terlalu jauh tetap terhitung penting. Selain menunjukkan perbedaan dua fungsi ruang, jarak juga memberikan keleluasaan bagi penghuninya untuk dapat beraktivitas pada ruangan tersebut tanpa perlu merasa terganggu atau khawatir. Untuk menghadirkan jarak, Rekan Alit bisa memisahkan perabot, atau menggunakan warna yang berbeda setiap fungsi ruang yang ada dalam satu area.

  1. Memilih Furniture

Tips menggabungkan ruangan

Source by Allmoderndotcom

Tips menggabungkan ruangan yang selanjutnya adalah memilih furniture. Usahakanlah untuk memilih furniture yang benar-benar diperlukan untuk menunjang sebuah fungsi ruang. Hindari menempatkan furniture terlalu banyak atau terlalu sedikit. Keseimbangan menjadi kunci penting dalam menggabungkan dua fungsi ruangan menjadi satu. Jika furniture pada salah satu fungsi ruang lebih menonjol, maka tidak akan baik untuk tampilan dan penggunaannya. Solusinya, Rekan Alit bisa memilih jenis-jenis furniture yang multifungsi, sehingga efisiensi gabungan dua fungsi ruang tersebut dapat semakin maksimal.

  1. Berkonsultasi Pada Jasa Desain Interior Rumah

Fungsi Ruangan

Source by Didekordotcom

Tidak semua orang memiliki keahlian untuk menata ruang. Apalagi jika ingin menggabungkan dua fungsi ruangan sekaligus. Dibutuhkan pengalaman serta keahlian khusus agar proses penggabungan ruangan dapat terlaksana dengan baik dan tepat. Menyewa jasa desain interior rumah yang profesional merupakan pilihan terbaik. Selain dapat memberikan layanan konsultasi sebelum proses pengerjaan, umumnya jasa desain interior rumah juga akan melakukan pengawasan mulai dari awal hingga akhir proses pengerjaan. Mereka akan memastikan bahwa hasil yang didapat oleh pelanggan adalah yang terbaik dan sesuai dengan kesepakatan awal.

Di era modern, menggabungkan dua fungsi ruangan menjadi hal yang semakin lazim dilakukan. Mengingat semakin meningkatnya kebutuhan hunian, maka semakin sedikit pula lahan yang bisa di dapatkan. Jangan ragu untuk berinovasi dan memaksimalkan apa yang ada. Dengan bantuan jasa desain interior rumah profesional seperti Omahalit, tips menggabungkan ruangan diatas dapat segera terwujud. Segera hubungi tim marketing kami untuk mendapatkan penawaran profesional dengan harga yang paling spesial.

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.