7 Ide Memanfaatkan Ruang Kosong di Bawah Tangga

7 Ide Memanfaatkan Ruang Kosong di Bawah Tangga

Rumah menjadi tempat ternyaman yang ingin dituju setelah lelah menjalani aktivitas seharian. Rumah memiliki beragam jenis, dan satu diantaranya adalah rumah tingkat. Rumah saat ini tengah menjadi tren di kalangan masyarakat modern. Selain hemat lahan, rumah tingkat juga bisa dikreasikan menjadi sebuah hunian yang unik serta menawan. Memiliki rumah tingkat tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Rekan Alit. Terutama untuk masalah ruang bawah tangga yang masih kosong melompong. Ruang bawah tangga ini sering dibiarkan begitu saja, padahal dapat diubah menjadi ruangan yang lebih fungsional. Jika masih kebingungan untuk memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga, maka Rekan Alit dapat segera meminta bantuan profesional yaitu Omahalit sebagai penyedia layanan jasa desain interior rumah yang sudah berpengalaman.

7 Ide Menarik Untuk Memanfaatkan Ruang Kosong di Bawah Tangga Rumah

Siapa sangka jika ruang kosong yang ada di bawah tangga rumah ternyata dapat disulap menjadi sebuah ruangan yang memiliki fungsi optimal. Jika Rekan Alit memiliki ruang bawah tangga yang masih kosong, cobalah untuk sedikit melakukan improvisasi. Namun sebelumnya, coba intip beberapa ide menarik untuk memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga tanpa takut mengeluarkan biaya ekstra seperti berikut ini:

  1. Membuat Perpustakaan Mini

ruang kosong di bawah tangga menjadi perpustakaan

Image Source by Homestolove on Pinterest

Bagi orang yang gemar membaca, memiliki perpustakaan pribadi adalah impian yang selalu ingin diwujudkan. Jika Rekan Alit memiliki segudang koleksi buku, maka ruang bawah tangga bisa dimanfaatkan menjadi perpustakaan mini. Selain menghemat tempat, susunan buku-buku dibawah tangga juga bisa menambah daya tarik desain interior rumah.

  1. Menciptakan Ruang Bersantai

ruang bawah tangga menjadi ruang bersantai

Image Source by Browsyouroom on Pinterest

Ketika setiap sudut rumah sudah terisi, ruang untuk bersantai sejenak pun terabaikan. Tapi kini tidak lagi, karena Rekan Alit bisa menciptakan ruang bersantai dibawah tangga. Menghabiskan waktu senggang sambil berbincang atau sekadar minum teh di ruang bersantai bawah tangga bisa mengembalikan mood setelah lelah seharian bekerja.

  1. Membuat Toilet Tersembunyi

memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga sebagai toilet

Image Source by Living Corriere on Pinterest

Terkadang pemilik rumah menyediakan toilet khusus untuk tamu. Hal mungkin dilakukan karena letak toilet pribadi yang berada di dalam kamar. Ketika tidak memiliki cukup ruang untuk membuat toilet tambahan, Rekan Alit bisa menggunakan area bawah tangga sebagai toilet tersembunyi. Tidak hanya unik, toilet bawah tangga juga berfungsi untuk menghemat tempat.

  1. Memanfaatkan Ruang Kosong di Bawah Tangga Menjadi Area Kerja

Ruang kerja yang ada di ruang bawah tangga

Image Source by Clemaroundthecorner on Pinterest

Bosan bekerja di dalam kamar? Ruangan dirumah sudah terpakai semua? Mungkin Rekan Alit bisa memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga sebagai ruang kerja. Meja, kursi, lampu, dan beberapa properti tambahan bisa ditata sedemikian rupa di area bawah tangga. Kerja jadi lebih produktif, desain interior rumah juga semakin terasa kreatif.

  1. Menyediakan Tempat Mesin Cuci

Menyediakan tempat mesin cuci di bawah tangga

Image Source by The Spruce on Pinterest

Umumnya tempat mesin cuci atau laundry diletakkan di area kamar mandi agar lebih mudah dan praktis ketika mencuci. Sayangnya, beberapa rumah tidak memiliki area kamar mandi yang cukup luas untuk menampung mesin cuci berukuran besar. Salah satu solusinya yaitu dengan menyediakan tempat mesin cuci pada area ruang kosong di bawah tangga.

  1. Menghadirkan Taman Indoor

Menciptakan taman indoor di ruang kosong bawah tangga rumah

Image Source by Fikriansahnet on Pinterest

Area hijau di dalam rumah dapat memberikan kesan sejuk dan alami. Jika rumah memiliki lahan yang luas, maka area taman bisa dibuat di wilayah outdoor. Tapi ketika hunian tersebut memiliki lahan yang terbatas, maka alternatif lainnya yaitu membuat taman yang dihadirkan pada area indoor tepatnya di ruang kosong bawah tangga seperti gambar berikut.

  1. Menyulap Ruang Bawah Tangga Menjadi Dapur

Menyulap ruang kosong dibawah tangga menjadi dapur

Image Source by Hello Hello on Pinterest

Bagi Rekan Alit yang menginginkan dapur sederhana yang tidak terlalu luas, maka bisa membuatnya pada ruang kosong di bawah tangga. Cara ini cocok digunakan untuk pasangan suami istri yang baru saja menikah, atau hunian pribadi yang memiliki konsep minimalis. Hanya saja butuh bantuan jasa desain interior rumah untuk pemasangan kitchen set-nya.

Demi memaksimalkan fungsi ruang kosong di bawah tangga, Rekan Alit bisa berkonsultasi atau bahkan langsung menyewa jasa desain interior rumah yang profesional seperti Omahalit. Akan sangat disayangkan apabila nantinya ruang bawah tangga hanya dibiarkan kosong tanpa disulap menjadi sebuah ruangan yang lebih fungsional seperti ide-ide diatas. Idealnya, seorang jasa desain interior rumah akan memberi masukan, sekaligus merancang desain ruangan apa yang paling tepat untuk area bawah tangga di rumah Rekan Alit. Tidak berhenti disitu, jasa desain interior rumah juga akan melakukan pengawasan pengerjaan proyek sehingga menjamin kualitas akhir yang sesuai dengan keinginan Rekan Alit. Butuh informasi lebih lanjut mengenai pembahasan kali ini? Atau tertarik untuk merenovasi ruang bawah tangga menjadi lebih spesial? Yuk langsung saja hubungi tim marketing Omahalit dengan klik pada bagian kontak berikut.

KONTAK

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.