Desain Lampu Unik Untuk Mempercantik Dekorasi Interior Rumah

Desain Lampu Unik Untuk Mempercantik Dekorasi Interior Rumah

Inspirasi Desain Lampu Unik – Ketika membangun sebuah rumah, salah satu elemen penting yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan. Tidak hanya dari sinar matahari, pada umumnya sebuah rumah akan memerlukan sumber pencahayaan tambahan yang berasal dari lampu. Kegunaan lampu selain memberikan penerangan adalah juga meningkatkan rasa nyaman, memberikan rasa hangat dan mempercantik dekorasi interior rumah. Seiring dengan kemajuan teknologi yang ada, kini lampu sudah bertransformasi dan memiliki berbagai macam fitur yang menarik. Misalnya saja seperti pergantian warna dan tingkat intensitas cahaya yang bisa diatur melalui smartphone.

Jenis-Jenis Lampu Yang Sering Digunakan Pada Dekorasi Interior Rumah

Disamping menjadi sumber penerangan utama, nyatanya lampu juga memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting yaitu untuk membantu aktivitas di dalam rumah. Contohnya seperti saat membaca pada ruangan gelap atau memasak di dapur pada malam hari. Sebegitu pentingnya lampu untuk menunjang keseharian masyarakat, sampai-sampai kejadian “mati listrik” seringkali justru disebut dengan istilah “mati lampu”. Dan berikut adalah beberapa jenis lampu yang paling sering digunakan dalam sebuah hunian:

Lampu LED

Menjadi lampu paling hemat energi, jenis lampu LED memang memancarkan cahaya melalui aliran listrik yang relatif tidak menghasilkan panas dalam jumlah yang banyak. Maka dari itu jenis lampu LED tidak mempengaruhi peningkatan suhu ruangan. Dan menariknya lagi, lampu LED ini memiliki beragam warna cahaya seperti kuning, putih dan warna-warna lainnya.

Jenis Lampu Pijar

Memiliki harga yang cenderung murah dengan warna cahaya kuning yang hangat, jenis lampu pijar begitu populer dikalangan masyarakat Indonesia. Lampu pijar atau disebut juga lampu bohlam ini umumnya hanya dapat bertahan selama 1000 jam dalam kurun waktu 3-4 bulan saja. Dan, warna cahaya lampu pijar berada pada derajat suhu warna 2.500 – 2.700 K (Kelvin).

Lampu Halogen

Lampu halogen adalah salah satu jenis lampu spot terbaik karena cahayanya hanya mengarah pada satu titik area tertentu, sehingga dapat menerangi benda atau object dengan lebih fokus dan menghasilkan nuansa dramatis. Misalnya untuk penerangan display toko, patung, kolam, atau spot membaca pada sudut ruangan dengan warna kuning atau putih.

Jenis Lampu TL (Fluorescent)

Lampu fluorescent ini juga dikenal luas sebagai lampu neon. Bentuknya yang bervariasi juga menjadi daya jual tersendiri. Mulai dari spiral, vertikal, atau bentuk-bentuk lainnya. Harganya memang cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan lampu pijar, akan tetapi daya tahannya lebih awet dan intensitas cahaya yang dihasilkan pun lebih terang.

Desain lampu tidak melulu mewah dan elegan saja, ada juga desain lampu unik yang cocok untuk mempercantik dekorasi rumah. Berbekal kreativitas serta bantuan dari jasa desain interior terpercaya, bukan tidak mungkin Rekan Alit dapat menciptakan sebuah desain lampu unik yang lain dari biasanya. Tentu saja desain lampu unik tersebut nantinya dapat disesuaikan dengan dekorasi interior rumah dan faktor-faktor pendukung lainnya seperti warna cat dinding, pemilihan jenis furniture, fungsi ruangan, dan lain sebagainya. Namun sebelum itu, ada baiknya jika Rekan Alit melihat beberapa inspirasi lampu unik seperti yang berikut ini:

1. Desain Lampu Unik Berbentuk Garis

Lampu Unik Untuk Dinding source by dailyshoppingdeals

Source by dailyshoppingdeals

Untuk semakin mempercantik dekorasi interior rumah, Rekan Alit bisa memilih jenis lampu LED unik seperti yang satu ini. Menggabungkan beberapa desain dan membuat tampilan cahaya yang ada pada dinding atau langit-langit rumah. Lampu ini terbuat dari aluminium dengan strip lampu LED. Tinggal ditentukan apakah ingin warna cahaya putih hangat atau putih dingin.

2. Inspirasi Lampu Unik Berbentuk Kerangka Bunga

Lampu Unik Kerangka Bunga Source by notonthehighstreet

Source by notonthehighstreet

Salah satu inspirasi lampu unik yang bisa menjadi referensi adalah lampu yang dibuat dengan kap kawat besar dalam bentuk tulip yang dilapisi cat warna sesuai keinginan. Menggunakan bola lampu LED, Rekan Alit bisa memilih dari neon pink, neon kuning, hitam, perak atau emas. Desain lampu unik ini cocok untuk dekorasi interior rumah bergaya minimalis atau shabby chic.

3. Jenis Lampu Unik Berbahan Dasar Batok Kelapa

Lampu Unik Dari Batok Kelapa Source by Artfire

Source by Artfire

Ingin menampilkan nuansa tradisional dalam sudut dekorasi interior rumah? Mungkin Rekan Alit bisa membuat desain lampu unik seperti berikut ini. Menggunakan batok kelapa yang diberi lubang kecil bermotif pada bagian bawah, kemudian digantung pada langit-langit rumah. Cahayanya menjadi dramatis, hangat dan terkesan alami.

4. Bentuk Lampu Unik Berbahan Dasar Kertas Origami

Lampu Unik Dari Kertas Origami Source by Iansnow

Source by Iansnow

Desain lampu unik ini terbuat dari kertas yang dibentuk sedemikian rupa sehingga nampak indah. Lipatan kertas menjadi bentuk jamur di sekitar cahaya menjadi sebuah pemandangan yang cantik. Apabila Rekan Alit menyukai keindahan, maka desain lampu unik ala kerajinan tangan ini akan sangat cocok diaplikasikan pada dekorasi interior rumah.

5. Inspirasi Desain Lampu Unik Bernuansa Tanaman Hijau

Desain Lampu Unik Tema Tumbuhan Source by Tudoandco

Source by Tudoandco

Jika dekorasi interior rumah Rekan Alit memiliki tema garden atau taman, inspirasi lampu unik berikut ini akan sangat pas untuk digunakan. Desain lampu unik dengan unsur tanaman yang digantuk akan menciptakan suasana botani. Bola lampu LED memberikan cahaya sebesar lampu halogen biasa, konsumsi dan biaya operasional yang lebih hemat.

Untuk bisa mewujudkan desain lampu yang unik untuk dekorasi interior rumah, maka ada baiknya jika Rekan Alit menyewa jasa desain desain interior terpercaya seperti Omahalit. Dengan melakukan diskusi serta penyesuaian dengan kebutuhan rumah dan keinginan Rekan Alit, pengerjaan desain lampu unik akan semakin mudah dan cepat. Tunggu apa lagi, hubungi tim Omahalit sebagai jasa desain desain interior terpercaya untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.