Kapan Sebaiknya Anak-anak Mulai Tidur di Kamarnya Sendiri?

Kapan Sebaiknya Anak-anak Mulai Tidur di Kamarnya Sendiri?

OMAHALIT.COM – Selama tahun-tahun awal kehidupan, anak memang sangat bergantung pada orang tuanya. Tidak terkecuali saat tidur. Tapi seiring bertambahnya usia, Anda sebagai orang tua harus mulai mengajarkan si kecil untuk mandiri. Salah satunya adalah dengan memberikan kamar terpisah untuk mereka.

Beberapa pakar percaya bahwa anak sebenarnya sudah bisa diajari tidur di kamar sendiri saat berumur 4 tahun dan paling lambat adalah usia 12 tahun. Di luar negeri, bayi-bayi bahkan dibiarkan tidur sendiri di kamar yang terpisah sejak masih berumur 4 bulan. Tentu saja dengan kamar yang posisinya dekat dengan orang tua sehingga proses pemantauan bisa dilakukan dengan mudah.

Mengapa Anak-anak Sebaiknya Tidur di Kamar Mereka Sendiri?

Seperti halnya para orang tua, anak-anak juga membutuhkan privasi. Mereka memerlukan ruang di mana mereka dapat berkreasi sesuai keinginannya. Beberapa negara seperti di Inggris, ada aturan di mana anak-anak yang bersaudara dan berbeda jenis kelamin dengan saudaranya, wajib memiliki kamar terpisah saat usia mereka memasuki 10 tahun.

BACA JUGA: Desain Interior Kamar Tidur Pekalongan

Dalam agama Islam, aturan mengenai pemisahan kamar antara anak dengan orang tua atau dengan suadaranya yang berbeda jenis kelamin juga dijelaskan secara gamblang. Para ulama percaya bahwa anak-anak wajib dipisah kamarnya saat mereka memasuki usia 7 sampai 10 tahun. Apa alasannya?

Menyesuaikan dengan Usia Mental Mereka

Seiring dengan pertambahan usia, anak-anak butuh ruang lebih untuk membangun kemandirian dan rasa tanggung jawab. Memberi mereka kamar sendiri akan bermanfaat bagi mereka dalam jangka panjang. Ketika anak memasuki usia pubertas, mereka bisa dengan leluasa mengembangkan identitas
diri dengan bereksperimen di dalam kamar mereka sendiri.

Membantu Anak-anak Mencapai Potensi Terbaiknya

Bukan rahasia lagi jika suasana di rumah sangat berpengaruh pada prestasi belajar anak di rumah. Selain menjaga kondisi rumah tetap kondusif, menyediakan kamar pribadi untuk anak akan membantu mereka lebih fokus saat belajar. Memiliki kamar sendiri akan menghindarkan mereka dari distraksi sehingga proses belajar bisa berjalan lebih maksimal.

Seiring dengan pertambahan usia, anak Anda akan membutuhkan ruang yang lebih besar. Mereka mungkin menyukai bermain gitar atau memecahkan soal-soal matematika. Memberikan ruang lebih berupa kamar tidur sendiri akan membebaskan mereka melakukan apa yang menjadi passion mereka.

Menyediakan Privasi Bertambahnya usia anak membuat kebutuhan mereka akan privasi semakin tinggi. Mereka akan mulai merasa malu berganti pakaian di depan orang tua bahkan adik atau kakaknya. Ketika ada teman anak
Anda yang ingin berkunjung untuk belajar bersama, kamarnya bisa menjadi lokasi yang tepat untuknya.

BACA JUGA: Desain Interior Kamar Minimalis Ibu Istiqomah

Di dalam kamarnya sendiri, anak bisa bersosialiasasi dengan teman-temannya tanpa khawatir adanya gangguan dari luar. Apa yang Harus Dilakukan Saat Membersiapkan Kamar Anak? Sebelum menyiapkan kamar untuk si kecil, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Apa saja?

1. Jangan Lupa Berdiskusi dengan Anak

Ingat, kamar yang akan Anda desain adalah kamar untuk si kecil. Sebelum membuatnya, pastikan Anda berdiskusi dengan anak. Bisa jadi mereka sudah punya ide sendiri tentang kamar impian mereka. Mereka mungkin punya preferensi cat dinding atau jenis tempat tidur yang ingin diletakkan di dalam kamar. Pastikan Anda mendengarkan masukan dari mereka, ya!

2. Berikan Sentuhan Desain Sesuai dengan Kesukaan Anak

Semua anak pasti memiliki kesukaan masing-masing. Anak laki-laki Anda mungkin suka tema yang berbau petualangan. Sementara anak perempuan, biasanya menggemari hal-hal yang menggemaskan. Jika Anda khawatir anak akan berubah pikiran dalam waktu dekat, pilihlah media yang mudah diganti. Misalnya saja menggunakan wallpaper alih-alih cat dinding. Wallpaper cenderung lebih mudah diganti jika anak mendadak bosan nantinya.

3. Buat Area Berbeda untuk Aktivitas yang Berbeda

Kalau anak suka membaca buku, menyediakan sudut khusus untuk membaca di dalam kamar adalah ide yang bagus. Begitu juga dengan meja belajar atau area berlatih gitar. Tapi tetap pastikan ruangan tidak menjadi terlalu sempit dan mengganggu gerak anak, ya!

BACA JUGA: Jasa Desain Kamar Tidur Anak Semi Classic Warna Pastel

Berapapun usia anak Anda sekarang, mempersiapkan kamar untuknya adalah sebuah kewajiban. Gunakan beberapa tips di atas untuk menciptakan ruang istirahat terbaik bagi si kecil.

Nah, Jika Anda sedang ingin membuat kamar impian si buah hati yang lebih berkesan dan menarik, segera konsultasikan saja dengan tim Omahalit untuk memiliki kamar impian si kecil dengan desain terbaik.

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.