9 Tips Mendesain Kamar Tidur

9 Tips Mendesain Kamar Tidur

Desain interior kamar tidur memang perlu mempertimbangkan semua pilihan guna memberikan kenyamanan kepada penghuni. Kamar tidur sendiri merupakan tempat yang sangat pribadi. Di sinilah kita bisa dan biasa melakukan berbagai aktivitas yang pribadi sifatnya. Tidak hanya itu, di kamar tidur kita juga bisa mendapatkan kenyamanan dan kesegaran setelah lelah melakukan berbagai aktivitas kehidupan. Selain memerlukan kecermatan dan ketelitian, desain interior kamar tidur juga membutuhkan naluri dan jiwa seni tersendiri. Namun, itu sangat tergantung dari referensi dan selera yang dimiliki oleh masing-masing orang.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendesain dan menata kamar tidur Anda agar tampak lebih indah, tertata, dan membuat nyaman penghuninya

  1. Mengetahui luas

Sebelum mendesain kamar tidur, Anda harus tahu terlebih dahulu ukuran dan luas kamar tidur Anda. Ini penting untuk menyesuaikan dekorasi dan barang-barang yang bisa Anda tempatkan di kamar tidur.

  1. Tentukan kebutuhan

Selain sebagai tempat tidur kamar mempunyai fungsi apa saja.misalnya sebagi ruang kerja, tempt bermain, yang bisa mempengaruhi jenis furniturenya.

  1. Pemilihan tempat tidur

Untuk kenyamanan pilihlah tempat tidur yang cocok dengan selera Anda. Selain itu, tentunya harus disesuaikan dengan ukuran kamar tidur Anda. Artinya, tempat tidur jangan terlalu banyak memakan tempat atau justru sebaliknya.

  1. Pertimbangan warna

Sebaiknya Anda memilih warna-warna yang lembut pada kamar tidur. Ini akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi ruangan privasi tersebut. Warna yang lembut juga akan memberikan kesan yang luas pada ruangan.

  1. Perhatikan ventilasi dan jendela

Ventilasi tidak hanya untuk aksesori namun juga memiliki fungsi untuk kesehatan mental dan fisik. Ventilasi yang baik akan memudahkan sirkulasi udara bisa dengan lancar masuk dan keluar. Ini akan membawa dampak yang postif bagi kesehatan. Demikian halnya dengan jendela kamar tidur. Untuk lebih menambah nilai keindahan, Anda bisa menghiasi jendela dengan tirai. Warna putih dan krem bisa menjadi pilihan warna yang tepat karena bisa mewakili gaya modern ataupun klasik.

  1. Pencahayaan

Pencahayaan dalam desain interior kamar tidur ada dua macam, alam dan buatan. Biasanya dalam kita membuat kamar tentukan dulu arah cahaya matahari dari timur ke barat. Tentukan letak jendela pas di arah matahari terbit. Ini di maksudkan agar cahaya matahari pagi bisa masuk di dalam kamar. Untuk cahaya buatan, tentukan cahaya sesuai fungsinya.seperti table lamp yang kita letakkan di samping kanan kiri tempat tidur, meja belajar atau kerja, dan lampu tidur.

  1. Kamar mandi dalam

Kebutuhan ini bisa dipenuhi atau tidak sesuai selera. Biasanya kalau ada kamar mandi di dalam kamar hal yang perlu diperhatikan adalah kelembaban udara dan bau. Jadi kamar mandi harus di desain secara bagus, terutama ventilasinya supaya bau tidak masuk ke dalam area kamar. Penghubung dengan kamar mandi dalam biasanya diberikan walk in closed atau ruangan ganti baju.

  1. Ukuran furniture

Pilih ukuran perabot sesuai luas kamar. Kemudian tips untuk kamar yang tidak terlalu besar gunakan tempat tidur dengan ukuran rendah untuk memberikan kesan luas. Cermin juga bisa digunakan sebagai pemantul supaya kesan luas tercipta. Memilih besar kecilnya ukuran almari pakaian disesuaikan luas kamar tidur yang Anda punya. Untuk perabot lain bisa Anda masukkan sesuai kebutuhan dan luas kamar.

  1. Penempatan televisi

Dengan menonton televisi, maka Anda bisa lebih bersantai di kamar tidur. Namun yang perlu diperhatikan, jarak antara televisi dengan tempat tidur Anda harus dijaga. Jangan terlalu dekat agar tidak merusak mata Anda.

Mendesain interior kamar tidur perlu menentukan kebutuhan dan fungsi yang berhubungan dengan ragam furniture yang bakalan kita taruh di kamar. Maka dari itu perlu berbagai pilihan supaya semua ornamen pembentuk kamar tidur berkesinambungan dan akan menciptakan kenyaman penghuni.  Jika ingin memaksimalkan desain interior kamar tidur Anda, bisa juga menggunakan jasa desain interior kamar tidur yang berpengalaman di bidangnya.

Konsultan Arsitek & Interior: Pilihlah yang Terbaik!

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai 9 Tips Mendesain Kamar Tidur, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan Omahalit, perusahaan konsultan arsitek & desain interior di Pekalongan, Batang dan Pemalang dengan pengalaman puluhan tahun baik pekerjaan hunian maupun bangunan komersial.

Omahalit Architecture & Interior Design Consultant melayani:

  • Jasa interior rumah
  • Jasa renovasi rumah
  • Pembuatan kitchen set
  • Pembuatan furniture custom sesuai ukuran
  • Jasa desain rumah dan gambar kerja
  • Jasa kontraktor rumah
  • Dsb

Area kerja kami untuk pekerjaan kontraktor dan renovasi interior adalah di Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, Pemalang, Tegal, Brebes dan Slawi, namun demikian kami juga membantu customer kami untuk pekerjaan desain arsitektur rumah seluruh Indonesia. Hubungi kami melalui kontak WA: bit.ly/WAOmahalit atau melalui kontak.

 

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.