Omahalit

Memilih Warna Berdasarkan Usia

Warna merupakan elemen yang penting dan besar pengaruhnya dalam penggunaan sebuah hunian. Baik dari suasana yang ingin diciptakan atau kesan yang ingin dihadirkan. Pemilihan warna dalam ruangan seperti kamar pun harus disesuaikan dengan usia penghuni di dalamnya. Selain memperindah tampilan ruangan, pemilihan warna yang diaplikasikan pada hunian mempengaruhi psikologis penghuninya. Apalagi kamar merupakan ruang yang sering digunakan melepas penat seusai beraktivitas seharian di luar rumah.

Berikut kami akan memberikan tips memilih warna berdasarkan usia penghuni

  1. Warna bayi (0-2 tahun)

Menentukan warna pada kamar untuk anak Anda dengan usia yang masih sangat belia perlu berbagai pertimbangan. Karena indra penglihatan si kecil belum sempurna maka penggunaan warna netral, pastel dengan nuansa lembut cocok untuk digunakan. Atau bisa juga menghadirkan warna netral untuk dekorasi kamar, misal ada boneka warna putih, atau menggunakan seprai motif warna abu-abu atau biru pastel sebagai pilihan.

  1. Warna Balita (3-5 tahun)

Karakter anak pada usia ini memang selalu riang dan gembira. Maka penggunaan warna kamar yang cocok adalah dengan pemilihan warna yang cerah seperti merah, biru, kuning atau hijau. Warna-warna ini mempunyai nuansa ceria dan melatih daya tangkap serta perkembangan syaraf motorik anak. Memadukan warna dengan pernak-pernik dari tokoh kartun bisa menjadi pilihan yang menyenangkan.

  1. Warna Anak (6-12 tahun)

Seiring tumbuh kembangnya anak, kamar bisa dijadikan tempat bermain yang asik. Anda bisa menambahkan berbagai macam dekorasi dan mainan yang menunjang  aktivitasnya. Pemilihan warna kamar pun tak luput untuk disesuaikan dengan usianya. Memasukan warna bernuansa ceria bisa jadi pilihan, seperti kuning, biru pastel, hijau atau merah.

  1. Warna Remaja (12-17 tahun)

Anak remaja biasanya sudah bisa menentukan sendiri warna kamar apa yang disukainya. Anda bisa menerapkan warna-warna sesuai dengan warna yang mereka sukai. Dari segi gaya, tokoh film atau dunia bisa menjadi panutan mereka. Misal anak mengidolakan Michael Jordan (basket) , nuansa warna kamar yang bisa digunakan tidak jauh-jauh dari warna oranye.

  1. Wana Pasca Remaja (17-25 tahun)

Bebas menjadi kata yang tepat untuk menggambarkan pasca remaja. Kebebasan itulah mendorong mereka untuk mengkreasikan kamar sesuai imajinasi tetapi masih selaras dengan koridor yang telah berlaku. Warna kamar yang bisa dijadikan pilihan adalah warna-warna cerah seperti merah, oranye, biru ataupun kombinasi warna-warna tersebut.

  1. Warna Dewasa ( 25-50 tahun)

Tenang dan bijaksana adalah sifat yang terlihat di usia dewasa. Pada usia dewasa karakter kedewasaan lebih mendominasi tatanan sebuah kamar. Dari segi pemakaian warna juga mengalami perubahan dari usia sebelumnya. Yang dulunya sedikit ceria, sekarang lebih kearah tenang seperti warna pastel dan netral. Misal pemilihan warna abu-abu yang sifatnya lebih kalem, tenang dan berkarakter serta tidak banyak ornamen yang mendominasi.

  1. Warna Orang Tua (50 tahun keatas)

Warna yang digunakan untuk orang tua cenderung memakai warna-warna nuansa tenang, hangat, dan santai. Pemilihan warna lebih ke arah warna-warna alam seperti coklat, hijau, dan biru bisa dipertimbangkan mengingat kesan yang ditimbulkan nuansa damai dan nyaman, selaras dengan penggunaan furniture yang simpel dan fungsional. Aksen putih bisa dikombinasikan supaya menyeimbangkan warna alam yang diterapkan.

Selain mempercantik hunian, pemilihan warna untuk hunian akan mempengaruhi psikologis penghuni. Maka memilih warna perlu menjadi pertimbangan penting guna memaksimalkan karakter dari sang penghuni.

Konsultan Arsitek & Interior: Pilihlah yang Terbaik!

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Memilih Warna Berdasarkan Usia, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan Omahalit, perusahaan konsultan arsitek & desain interior di Pekalongan, Batang dan Pemalang dengan pengalaman puluhan tahun baik pekerjaan hunian maupun bangunan komersial.

Omahalit Architecture & Interior Design Consultant melayani:

  • Jasa interior rumah
  • Jasa renovasi rumah
  • Pembuatan kitchen set
  • Pembuatan furniture custom sesuai ukuran
  • Jasa desain rumah dan gambar kerja
  • Jasa kontraktor rumah
  • Dsb

Area kerja kami untuk pekerjaan kontraktor dan renovasi interior adalah di Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, Pemalang, Tegal, Brebes dan Slawi, namun demikian kami juga membantu customer kami untuk pekerjaan desain arsitektur rumah seluruh Indonesia. Hubungi kami melalui kontak WA: atau melalui kontak.

   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow