Omahalit

Desain Plafon Minimalis Ruang Tamu yang Estetik

OMAHALIT.COMPlafon atau langit-langit rumah adalah salah satu bagian dari rumah yang berfungsi sebagai epilog atap suatu bangunan. Dengan begitu, pemanfaatan plafon ini dapat menahan cuaca panas atau cuaca dingin sehingga tidak langsung menembus atap rumah dan masuk kedalam ruangan. Nah, oleh karena itu, Kali ini kami akan membahas Desain plafon minimalis yang bisa dijadikan inspirasi untuk kamu. Yuk ikuti terus artikel ini.

Plafon ini juga dapat dipasang di semua ruangan didalam rumah, salah satu contohnya adalah bagian ruang tamu. Ada banyak sekali pilihan tipe plafon yang bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah plafon minimalis.

Pemakaian plafon minimalis ini akan membuat ruang tamumu terkesan lebih luas dan rapi apalagi di tambah dengan Desain plafon minimalis yang cantik di dalamnya. Lalu, apa saja desain tersebut? Yuk simak di bawah ini.

Ide Plafon Minimalis Ruang Tamu Estetik

1. Plafon Gypsum Minimalis Putih Polos

Plafon Gypsum Minimalis Putih Polos
Plafon Gypsum Minimalis Putih Polos

Rekomendasi yang pertama ini adalah plafon gypsum minimalis berwarna putih polos. Plafon gypsum sendiri banyak dipilih lantaran mempunyai energi tahan yang baik, harganya cukup terjangkau, mudah ditemukan di pasaran, mempunyai bermacam jenis yang bisa dipilih disesuaikan selera, dan yang tentu plafon gypsum ini akan membuat hunianmu terlihat lebih rapi.

BACA JUGA: 5 Ide Desain Kamar Monokrom yang Sederhana Namun Elegan Dan Mewah

Agar terkesan lebih minimalis, langkah yang harus kamu lakukan bisa menggunakan plafon gypsum tanpa motif (Polos rata) yang berwarna putih. Plafon gypsum putih ini akan membuat ruanganmu jadi terkesan lebih simple, lebih luas, bersih, lebih cerah, dan membuatmu lebih mudah memadukan furniture ruang tamu dengan berbagai warna.

Karena berbagai keunggulan yang dimilikinya, plafon gypsum berwarna putih polos ini sering digunakan untuk ruang tamu berkonsep minimalis. kamu pun tentu kerap menjumpai style plafon seperti ini, bukan?

2. Plafon Triplek untuk Hunian Minimalis Bernuansa Kayu

Plafon Triplek untuk Hunian Minimalis
Plafon Triplek untuk Hunian Minimalis

Untuk desain nya, agar terkesan lebih minimalis kamu bisa menggunakan plafon triplek polos tanpa tambahan motif atau cat tambahan. Pemakaian plafon triplek kayu yang berwarna coklat ini cocok diterapkan untuk konsep ruang tamu minimalis, industrial, natural, dan simple.

Plafon triplek juga banyak dipilih karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan material plafon lain. Ketersediaannya di pasaran juga sangat banyak. Jenis triplek yang biasa digunakan sebagai plafon ruang tamu mempunyai ketebalan antara 3 sampai 6 mm.

BACA JUGA: 9 Inspirasi Ruang Tamu Minimalis tanpa Sofa

Keistimewaan yang dimiliki oleh plafon ini adalah yang ringan, lentur, proses pemasangan yang mudah dan cepat, dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Sayangnya, plafon triplek ini mempunyai beberapa kekurangan. Contohnya, karena berbahan dasar kayu plafon triplek ini tidak tahan pada barah dan mudah rusak apabila terkena tetesan air terus-menerus.

3. Plafon PVC yang Berbentuk Persegi dengan Tambahan Lampu Downlight

Plafon PVC yang Berbentuk Persegi dengan lampu downlight
Plafon PVC yang Berbentuk Persegi dengan lampu downlight

Rekomendasi plafon minimalis ruang tamu ketiga adalah plafon PVC berbentuk persegi dengan tambahan lampu downlight di sepanjang garis tepi dalamnya. PVC atau polyvinyl chloride adalah material homogen polimer yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan pipa air.

Walaupun begitu, sekarang ini PVC juga sering digunakan sebagai material untuk membuat plafon rumah. Contoh jenis PVC yang digunakan sebagai plafon rumah adalah PVC fleksibel. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh plafon PVC ini adalah mudah dipasang, tahan lama, tahan pada gangguan serangga, dan tidak mudah pecah.

BACA JUGA: 9 Ide Kamar Aesthetic Ala Korea yang Cantik untuk Kamar Idamanmu

Untuk konsep ruang tamu minimalis, kamu bisa menggunakan plafon PVC berbentuk persegi berwarna putih polos atau krem. Kemudian agar tidak terkesan sepi, kamu bisa menggunakan jenis plafon PVC dengan dua garis yakni garis di dalam dan garis tepi.

Untuk menimbulkan kesan minimalis klasik, kamu bisa beri tambahan lampu downlight di sepanjang garis di dalam plafon itu.

4. Plafon Kayu Natural

Plafon Kayu Natural
Plafon Kayu Natural

Untukmu yang menginginkan desain ruang tamu bergaya minimalis dan natural elegan. Maka kamu bisa menggunakan plafon yang berbahan kayu. Sayangnya, kayu sendiri cukup mahal dan harganya jika dibandingkan dengan material plafon lain. dan berkualitas tinggi seperti kayu jati, kayu sungkai, kayu bengkirai, kayu sonokeling, kayu merbau, dan kayu meranti.

Tipe kayu itu biasanya lebih awet dan tahan pada serangan serangga. Pemakaian plafon kayu juga akan membuat hunianmu terkesan hangat, memberi tambahan kesan vintage yang mewah & simple, dan tentunya membuat ruang tamu jadi beda dari yang lain.

BACA JUGA: Desain Interior Rumah Mewah ala Korea untuk Gaya Rumah Modern

Untuk jenis plafonnya sendiri, kamu bisa menggunakan papan-papan kayu yang di jejer berdampingan untuk langit-langit ruangan. Atau kamu juga bisa menggunakan plafon kayu bercorak, dan plafon kayu yang disusun menyerupai rangka atap segitiga.

5. Plafon Berbentuk Kotak-Kotak seperti Waffle

Plafon Kotak Kotak rumah minimalis
Plafon Kotak Kotak rumah minimalis

Walaupun mengusung konsep minimalis, bukan berarti kamu tidak dapat menambahkan desain-desain yang unik pada plafon ruang tamu. Salah satu bentuk plafon yang unik dan menarik tapi tidak menghilangkan sisi minimalisnya adalah plafon yang berbentuk kotak-kotak persegi kecil seperti suatu waffle.

Untuk warnanya, kamu bisa menggunakan warna yang hangat seperti warna coklat kayu, krem, atau putih. Untuk bahannya, kamu bisa memilih plafon berbahan gypsum, Grc, full kayu, dan sejenisnya.

BACA JUGA: Beberapa Inspirasi Kursi Teras Minimalis Ikea

6. Plafon Lingkaran Minimalis

Plafon Lingkaran Minimalis
Plafon Lingkaran Minimalis

Jika kamu bosan dengan plafon yang berbentuk persegi atau persegi panjang. kamu dapat mencoba variasi lainnya yakni dengan plafon yang berbentuk lingkaran. Plafon lingkaran ini dapat kamu aplikasikan pada ruangan yang berbentuk persegi/persegi panjang.

Caranya, tempatkan plafon lingkaran yang bentuknya agak menonjol keluar di bagian tengah-tengah ruangan itu. kamu juga bisa memberi tambahan lampu downlight, lampu Led, atau ceiling di tengah-tengah ruangan.

Itulah informasi dari kami yang membahas tentang Desain Plafon Minimalis Ruang Tamu yang Estetik semoga bermanfaat.

Kalau Anda ingin konsultasi soal arsitektur maupun interior untuk hunian yang menarik dan estetik, silahkan hubungi tim omahalit saja.

Promo jasa bikin interior
   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow