Omahalit

Ide Hiasan Dinding Ruang Tamu Buatan Sendiri, Unik Banget!

OMAHALIT.COMHiasan dinding memegang peranan penting untuk menampilkan suatu kesan dan suasana di ruang tamu. Dinding yang polos dan tidak memiliki hiasan sama sekali tentu sangat terkesan membosankan. Tak perlu mahal, kamu juga bisa loh menggunakan hiasan dinding ruang tamu buatan sendiri.

Dengan menggunakan hiasan dinding yang tepat, bukan tidak mungkin kamu bisa memperoleh tampilan interior yang bahkan berubah 180 derajat. Apalagi kalau hiasan dinding tersebut punya makna sentimentil sekaligus unik.

Contohnya ketika kamu membuatnya sendiri dari barang bekas. Dijamin deh, ruang tamu yang kamu miliki bakal tampak semakin spesial. Tidak perlu hiasan yang rumit, ada kok beberapa hiasan dinding untuk ruang tamu yang proses pembuatannya mudah.

Hiasan Dinding Ruang Tamu Buatan Sendiri

Meskipun mudah, tetap tidak menghilangkan sisi artistik dari hiasan dinding yang nanti bakal kamu buat sendiri. Kamu bisa memilih untuk membeli bahan yang baru atau bisa juga menggunakan bahan bekas. Nih contohnya:

1. Menggunakan Kartu Pos dan Sampul Buku Artistik

Hiasan dinding ruang tamu Menggunakan Kartu Pos dan Sampul Buku Artistik
Hiasan dinding ruang tamu Menggunakan Kartu Pos dan Sampul Buku Artistik

Hobi banget koleksi dan korespondensi kartu pos cantik dari berbagai negara di dunia? Coba deh sekali-kali jangan hanya menyimpannya di lemari saja. Kamu bisa loh bikin hiasan dinding ruang tamu simple dari tempelan kartu pos.

Hasilnya jelas nggak bakal mengecewakan. Kamu bisa membuat karya seni yang harganya nggak ternilai. Hiasan satu ini bisa kamu pajang jadi semacam lukisan tempel.

BACA JUGA: Menciptakan Desain Interior Maskulin yang Mewah untuk Hunian Anda

Kalaupun tidak suka koleksi kartu pos tapi punya banyak koleksi bacaan, coba pakai juga sampul buku bacaan yang sudah kamu baca. Hasilnya nggak kalah unik dibandingkan hiasan dinding pakai kartu pos.

2. Kerajinan Hiasan Dinding Kayu Palet Bekas

Hiasan dinding ruang tamu Kayu Palet Bekas
Hiasan dinding ruang tamu Kayu Palet Bekas

Di ruang tamu, kamu pun bisa memajang kayu palet bekas dengan mengolahnya jadi suatu hiasan dinding. Kayu palet yang biasanya berasal dari kayu jati belanda, bisa banget jadi hiasan yang aplik untuk hiasan dinding.

Tidak hanya itu, kamu bisa menambahkan bunga hias gantung atau sekalian menjadikannya taman vertikal. Kreasi satu ini bisa langsung kamu pajang atau beri tambahan warna-warni untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

3. Coba Sulam Majalah Bekas

Hiasan dinding ruang tamu Menggunakan Majalah Bekas
Hiasan dinding ruang tamu Menggunakan Majalah Bekas

Ini cocok banget buat yang pengin bikin hiasan dinding ruang tamu dari barang bekas. Salah satu bahan yang bisa kamu pakai adalah majalah bekas. Jangan keburu menjualnya ke tukang loak!

Coba manfaatkan majalah bekas yang ada jadi hiasan dinding. Kreasi ini bisa kamu buat dengan mengayam atau menyulamnya. Nanti karya yang kamu hasilkan akan penuh dengan warna dan bisa terkesan rapi.

BACA JUGA: Inspirasi Warna Gorden yang Cocok untuk Dinding Kuning

Ini jadi solusi kalau kamu ingin hiasan dinding yang bikin sendiri dan hemat biaya. Dijamin keren, deh!

4. Susun Perkakas Bekas

Hiasan Dinding Ruang Tamu Perkakas Bekas
Hiasan Dinding Ruang Tamu Perkakas Bekas

Hiasan dinding ruang tamu minimalis modern bisa kamu bikin dari berbagai perkakas bekas. Upaya hidup minimalis dengan mengurangi barang-barang yang ada, bisa kamu lakukan tanpa perlu membuang barang tersebut.

Coba ambil beberapa perkakas yang sudah tidak lagi kamu butuhkan. Bisa pakai apa saja seperti koleksi perlengkapan dapur bekas atau lainnya. Jika berkarat, coba deh beri penghilang karat lebih dahulu.

Kemudian susunlah menjadi satu sebagai pajangan yang ada di ruang tamu. Ruang tamu yang kamu miliki, bisa jadi makin artistik dengan hiasan dinding ini.

5. Bikin Hiasan Floral dari Kertas Tisu

Hiasan dinding ruang tamu Menggunakan Floral dari Kertas Tisu
Hiasan dinding ruang tamu Menggunakan Floral dari Kertas Tisu

Mungkin banyak yang meremehkan keberadaan kertas tisu. Ia nampak kurang memberikan manfaat selain untuk menyeka keringat dan sejenisnya. Padahal, kamu bisa loh bikin hiasan dinding floral dari kertas tisu.

Coba deh pakai bekas gulungan kertas tisu dan langsung jadikan hiasan dinding. Tentunya, ruang tamu bisa tampil semakin berkelas dengan hiasan ini. Caranya gampang. Coba lepaskan gulungan karton yang ada di dalamnya.

BACA JUGA: 6 Ide Dekorasi Ruang Tamu Sederhana tapi Menarik, Cek Sini!

Kemudian guntinglah sampai membentuk motif tertentu. Akhirnya, kamu pun bisa mengaturnya sebagai hiasan dinding yang menarik!

6. Membuat Papan Rumus

Hiasan Dinding Ruang Tamu Papan Rumus
Hiasan Dinding Ruang Tamu Papan Rumus

Ini cocok banget buat yang ingin hiasan dinding ruang tamu dari kayu bekas. Di rumah pasti ada dong kayu yang cukup lebar dan sudah nggak terpakai? Coba deh kreasikan kayu bekas itu jadi hiasan dinding.

Nggak hanya langsung memajangnya, kamu bisa menempelkan berbagai rumus atau kata dari suatu bidang pengetahuan. Nantinya ruang tamu yang kamu miliki bakal menarik perhatian.

Biar nggak terlalu membosankan, tambahkan juga gambar serta warna yang cukup mencolok. Bakal banyak deh yang meniru hiasan dindingmu itu!

7. Kerajinan Tangan dari Kertas

Hiasan Dinding Ruang Tamu Kerajinan Tangan dari Kertas
Hiasan Dinding Ruang Tamu Kerajinan Tangan dari Kertas

Suka bikin sesuatu dari kertas dengan menggunting dan melipatnya? Sepertinya hiasan dinding ruang tamu buatan sendiri dari kertas ini cocok banget buat kamu. Selain menarik, karyamu ini proses pembuatannya relatif gampang.

BACA JUGA: Pilihan Warna Cat Ruangan Rumah Minimalis, Cantik dan Elegan

Coba buat kupu-kupu dari kertas atau beberapa jenis hewan lainnya. Nantinya, kamu bisa membuatnya dari beberapa ukuran agar semakin tampil estetis.

Kamu jadi pilih hiasan dinding ruang tamu buatan sendiri yang mana? Kalau udah ada yang cocok, langsung deh bikin sendiri. Ruang tamu milikmu bakal jadi seperti pameran seni! Dan jika Anda ingin mempercantik rumah agar terlihat menawan maka silahkan hubungi tim omahalit kami.

   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow