Tips Menentukan Jendela Untuk Rumah Minimalis Impian Anda

Tips Menentukan Jendela Untuk Rumah Minimalis Impian Anda

OMAHALIT.COM – Menentukan jendela untuk rumah tidak boleh asal – asalan. Apalagi jika rumah yang akan dihuni berukuran mungil atau yang lebih dikenal dengan sebutan rumah minimalis. Sebab fungsi dari adanya jendela di rumah ialah agar ventilasi udara masuk. Sehingga rumah akan terasa segar.

Selain itu, pemilihan jendela yang baik dan sesuai membuat rumah diterpa oleh pancaran sinar matahari karena sinar matahari diperlukan pada hunian. Oleh karenanya penting untuk diperhatikan pemilihan desain jendela agar manfaatnya dapat kita rasakan. Simak penjelasannya sebagai berikut dan baca sampai tuntas!

BACA JUGA: Ini Tips Memilih Kompor yang Tepat untuk Kitchen Set Anda

 Model Jendela Minimalis

1. Jendela Swing Kayu

Jendela Swing Kayu

Model jendela bergaya swing kayu berukuran minimalis dan perhatikan gambar diatas. Meski terlihat mungil, tetapi desainnya simple dan elegant.

2. Jendela Awning

Desain Jendela AwningMeski berukuran kecil, tetapi jendela ini membuat rumah sedap untuk dipandang. Jendela awning ini juga menerima keadaan angin yang lebih besar. Panel dibuka ke samping, membuat lubang jendela terbuka sepenuhnya. Selain itu pula, manfaat jendela ini membuat pemandangan yang terlihat tidak terhalang dan sangat mudah untuk dibersihkan. Jenis jendela ini hampir sama dengan jendela hopper.

3. Jendela Cottage

Jendela CottageJendela ini lebih cocok digunakan untuk model rumah yang bergaya klasik. Model jendela ini terhitung murah dan perawatannya yang mudah. Jendela model ini dikenal sebagai jendela bertipe georgian.

4. Jendela Berbentuk Lingkaran

Jendela Berbentuk LingkaranJendela model ini jarang digunakan. Jendela ini terinspirasi dari rose window yang ada pada arsitektur bergaya gothic. Kelebihan dari jendela ini adalah memiliki desain yang unik serta dapat memberikan banyak cahaya pada ruangan. Sedangkan kekurangan dari jendela ini adalah tidak bisa atau ditutup.

5. Jendela Nako

Jendela NakoJendela ini memiliki susunan kaca paralel, yang dapat digerakkan maupun ditutup secara bersamaan. Fungsi jendela model ini, sangat baik untuk melancarkan sirkulasi udara yang masuk ke dalam rumah atau ruangan. Jendela seperti ini banyak sekali digunakan di beberapa pemukiman.

6. Jendela Hopper

Jendela HopperJendela hopper merupakan jenis jendela tingkap berdaun tunggal yang dibuka dengan cara dimiringkan. Jendela model ini sangat mudah untuk digunakan dan cocok untuk area luar ruangan yang sempit.

7. Jendela Rongga

Jendela RonggaJendela rongga memiliki bingkai yang berbentuk hexagonal. Jendela ini menambah nilai estetika (keindahan). Sentuhan elegannya, sehingga penampilan rumah dapat dengan instan mentransformasi. Disisi lain, kekurangan dari jendela ini adalah dapat mengeblok area luar ruangan yang sempit dan biaya pengerjaannya pun mahal.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Warna Cat Kamar yang Sejuk dan Bikin Adem

Tips Memilih Jendela Untuk Rumah Mungil

Dalam memilih jendela ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tepat penggunaannya maupun fungsinya. Simak beberapa penjelasan berikut ini :

  • Gunakan Jendela Yang Merefleksikan Gaya Rumah

Pemilihan jendela yang sesuai akan membuat tampilan rumah menjadi indah. Misalnya rumah bergaya arsitektur modern country, jika jendela bergaya industrial maka tampilan rumah akan terlihat aneh.

  • Menentukan Fungsi Dari Jendela

Pada dasarnya, jendela memiliki dua fungsi. Yaitu sebagai sirkulasi udara dan juga pencahayaan.

  • Sesuaikan Dengan Ventilasi Yang Dibutuhkan

Meski ukuran rumah terbilang mungil, bukan berarti kita hanya bisa memiliki satu jendela minimalis saja. Sehingga jendela yang dibutuhkan lebih dari dari satu agar sirkulasi udara dan pencahayaan terang dan udara lembab.

  • Pilih Ukuran Yang Sesuai Dengan Luas

Memilih ukuran jendela yang sesuai adalah hal yang perlu diperhatikan. Pastikan ukuran sesuai agar tidak terlihat aneh.

  • Pilih Jendela Yang Memikat

Jendela mempunyai fungsi estetis untuk bagian dalam rumah. Sehingga rumah tampak dengan nilai estetika karena nilai estetika sangat diperlukan pada sebuah rumah.

  • Pilih Jendela Yang Sesuai Dengan Selera

Zaman sekarang, ada banyak sekali pilihan jendela yang bisa dipilih. Ada jendela sash klasik, jendela ini adalah jendela yang bisa digerakkan ke atas atau ke bawah.

  • Pastikan Arah Matahari Terlebih Dahulu

Jika kita sedang mendesain rumah dengan bantuan seorang arsitek, maka hal yang perlu dipertimbangkan dan diperhatikan adalah arah terbit dan terbenamnya matahari. Agar arah matahari tidak terlalu masuk ke dalam rumah dan juga bisa mengatur suhu di dalam rumah.

  • Hiasi Dengan Bingkai Dan Tiang Jendela

Jendela minimalis pasti memerlukan bingkai dan tiang. Terdapat banyak jenis bingkai dan tiang bendera, ada yang berbahan besi, alumunium, dan kayu. Maka sebaiknya perlu disesuaikan jenis bingkai dan tiang jendela berdasarkan arsitektur rumah.

  • Cek Arah Angin Agar Sirkulasi Udara Masuk

Selain arah matahari, arah angin pun perlu di cek agar sirkulasi udara masuk dengan baik. Caranya, kita bisa melihat bangunan yang ada di sekitar kamar.

  • Tirai Jendela Juga Perlu Untuk Diperhatikan

Tirai atau gorden sangat penting untuk dipasang pada jendela. Hal yang pertama adalah menentukan gordennya terlebih dahulu.

BACA JUGA: Tips Mendesain Rumah Ala Jepang untuk Kaum Milenial

Rekomendasi Ukuran Standar Jendela Rumah

Jendela memiliki banyak ukuran dan disesuaikan berdasarkan fungsi dan tata letaknya.

1. Jendela Utama

Jendela ini biasanya terletak pada bagian depan atau berhadapan langsung dengan ruang tamu. Ukuran jendela ini adalah sekitar 80 cm x 120 cm. Jendela yang berukuran seperti ini berfungsi sebagai pencahayaan ruangan di dalam rumah.

2. Jendela Kamar

Jendela ini berukuran lebih kecil dari jendela utama dikarenakan hanya terletak di kamar. Jendela ini memiliki ukuran 60 cm x 80 cm. Ukuran tersebut hanyalah ukuran standar saja.

BACA JUGA: Tips dan Trik Menata Ruang Tamu Berukuran Kecil Agar Terlihat Elegan

Jika Anda butuh jasa konsultan untuk desain interior maupun sedang mencari jasa gambar desain arsitektur untuk rumah, kantor, studio, maupun toko, jangan sungkan untuk konsultasikan ke tim Omahalit !

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.