Mendekor Ruang Tamu Kontemporer Ala Milenial? Begini Caranya!

Mendekor Ruang Tamu Kontemporer Ala Milenial? Begini Caranya!

OMAHALIT.COM – Generasi milenial adalah generasi yang identik dengan kesan kekinian. Tidak hanya dalam hal teknologi, milenial juga umumnya lebih menyukai gaya kontemporer untuk desain rumahnya. Kontemporer sendiri merupakan gaya desain yang lekat dengan tren kekinian yang mewakili nuansa hari ini. Salah satu ciri khas dari gaya ini adalah penggunaan furnitur dengan garis yang bersih dan rapi dengan kesan modern yang kental.

Penggunaan desain dengan gaya kontemporer sendiri dapat diaplikasikan untuk interior secara keseluruhan, termasuk ruang tamu. Untuk Anda yang tertarik menerapkan desain kontemporer yang kekinian ala generasi milenial, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan. Apa saja?

Penggunaan Warna

Penggunaan warna netral seperti hitam dan putih sebagai warna utama adalah hal yang kerap diterapkan pada desain bergaya kontemporer.  Selain warna netral sebagai warna utama, penggunaan aksen cerah dan berani juga menjadi ciri lain yang memberikan kesan kekinian pada ruang tamu Anda.

BACA JUGA: Referensi Desain Interior Toko Baju Untuk Menunjang Bisnis Anda

Dengan menerapkan warna netral sebagai warna dasar, Anda memiliki latar belakang yang bagus untuk bisa berekspresi menggunakan warna-warna yang berani.  Kalau dinding dan jendela pada ruang tamu sudah menggunakan warna pastel, trimnya harus berwarna netral. Sebaliknya, jika Anda sudah menerapkan warna cerah dan berani pada dinding, masukkan warna netral pada komponen lain seperti perabotan atau aksesoris.

Garis dan Spasi

Elemen paling jelas dank has dari desain interior bergaya kontemporer adalah garis. Semua jenis garis baik vertikal, horizontal maupun lengkungan, semuanya harus terlihat kuat dan jelas dalam ruang tamu bergaya kontemporer. Garis ini biasanya ditemukan dalam penggunaan blok warna yang berani, langit-langit ruangan yang tinggi dan bentuk-bentuk geometris yang bisa Anda terapkan pada hiasan dinding maupun patung pajangan di atas meja.

Selain itu ruang kosong atau spasi di dinding, di antara perabotan dan barang di atasnya memegang peranan yang sama pentingnya dengan area yang dipenuhi benda-benda. Dalam desain bergaya kontemporer, penggunaan perabotan maupun dekorasi umumnya lebih minimal. Masing-masing komponen yang ada di dalam ruang tamu Anda menonjol dengan caranya masing-masing.

Perhatikan Penggunaan Furnitur

Pemilihan sofa atau meja kopi sebagai elemen penting dalam ruang tamu harus dilakukan dengan hati-hati. Furnitur harus terlihat tegas dan mampu memberikan statemen, namun di saat yang sama harus tampil simpel. Penggunaan garis-garis dan bentuk geometros yang tegas adalah hal esensial.

BACA JUGA: Inspirasi Rumah Gaya Industrialis Masa Kini

Anda bisa menggunakan meja kopi berbentuk bulat dari bahan kayu, atau meja persegi yang dibuat dengan material besi. Sofa dengan kulit sintetis yang bergaya modern adalah pelengkap yang sempurna untuk ruang tamu Anda. Tambahan serat alami seperti kain wol, katun, linen atau sutra bisa diterapkan pada taplak meja atau gorden untuk memperkaya tekstur di dalamnya. Cushion dengan corak bentuk geometris dengan warna-warna cerah maupun pastel bisa jadi pilihan yang menarik untuk diaplikasikan sebagai pelengkap.

Gunakan latar belakang dari warna dasar dan tampilkan warna favorit Anda pada furnitur yang menonjol. Sofa atau kursi dengan kaki-kai yang terbuka juga bisa memberikan kesan kontemporer nan kekinian. Hindari penggunakan aksesoris dengan kesan imut dan tampilkan sesuatu yang basic, berani dan terstruktur.

Pemilihan Lantai yang Sesuai

Ruang tamu bergaya kontemporer sebaiknya tampil dengan gaya lantai yang polos. Gunakan material kayu, ubin atau vinyl. Tambahkan warna dan tektsur di atasnya dengan menggunakan karpet polos atau bermotif geometris di atasnya.

Elemen Desain Lainnya

contemporary living room interior Design

contemporary living room interior Design | behance.net

Penggunaan material logam, batu, kaca baik yang buram atau bening sangat cocok untuk melengkapi ruang tamu yang kekinian. Agar suasana lebih lembut dan hangat, gunakan kain bertekstur pada jendela, cushion atau karpet Anda.

BACA JUGA: Ingin Halaman Depan Rumah Anda Tampil Estetik dan Menawan? Simak Tips Berikut ini

Pertimbangkan untuk meletakkan bantal bercorak zebra di atas sofa hitam atau bantal besar bermotif macan tutul di atas lantai dengan karpet polos. Anda juga bisa memasang permadani dengan garis-garis tegas dan bertekstur sebagai alas perabotan simpe dengan warna solid di ruang tamu Anda.

Meski masih banyak gaya lain yang bisa Anda terapkan pada ruang tamu Anda, sentuhan kontemporer terbilang sangat umum digunakan oleh mereka yang menyukai gaya kekinian. Jika Anda termasuk salah satunya, beberapa tips di atas bisa menjadi acuan untuk merancang ruang tamu menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga.

Bila Rekan Alit ingin membuat atau bertanya-tanya soal Mendekor Ruang Tamu rumah Anda, silahkan konsultasikan dengan tim Omahalit saja!

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.