Omahalit

Ingin Halaman Depan Rumah Anda Tampil Estetik dan Menawan? Simak Tips Berikut ini

OMAHALIT.COM – Setujukan dengan istilah kalau halaman depan rumah adalah wajah ? Sebagai bagian yang pertama kali akan dilihat oleh tamu dan orang yang melintas, Anda harus menatanya dengan baik agar terlihat menarik dan berkesan menawan. Mulai dari membuat pagar, memilih tanaman hias hingga menjaga kebersihan adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penataan halaman depan.

Tapi, menghias bagian depan rumah juga butuh trik. Simak beberapa langkah mudah menata halaman depan rumah agar terlihat semakin estetik!

Perhatikan Penataan Tanaman

Belakangan tanaman hias memang sedang booming. Tidak heran jika semakin banyak orang yang menyulap bagian depan rumah mereka menjadi taman mini. Tapi Anda tetap harus memerhatikan dengan saksama kerapiannya dengan cara membatasi jumlah tumbuhan berbunga, perdu hingga pohon. Usahakan jumlahnya tidak lebih dari 5-10 spesies tanaman keras, 3-5 jenis tanaman perdu dan 1-2 jenis pohon.

Lebih sedikit spesies tanaman akan menghasilkan lanskap yang tampak menyatu dan padu. Memaksakan terlalu banyak jenis justru akan membuat halaman depan seperti taman-taman kecil yang dipaksa menjadi satu.

Buat Focal Point

Focal point atau titik pusat adalah komponen yang penting dalam penataan apapun, termasuk untuk halaman depan rumah. Pilih salah satu jenis tanaman yang terlihat paling menonjol yang akan menjadi penarik perhatian. Kalau Anda kesulitan memilih, menggunakan air mancur atau fountain juga bisa jadi ide yang menarik untuk diterapkan.

Buat Desain Pintu Lebih Menarik

Selain halaman, bagian depan rumah yang juga akan menarik perhatian orang yang melihatnya adalah desain pintu. Selain menyesuaikan desain pintu dengan gaya rumah, pilihlah warna yang cocok dengan konsep hunian Anda. Warna merah marun, hijau tua atau hitam akan membuat tampilan depan rumah Anda lebih eye catching.

Menambahkan Pajangan Seni

Untuk memberikan tampilan yang lebih artistik, menambahkan unsur seni di halaman depan rumah juga bisa meningkatkan nilai estetikanya. Anda bisa memilih patung hewan, dua pot yang dipasang berdampingan atau pot-pot gantung cantik di teras rumah. Memasang rumput buatan dengan rak-rak bunga yang menempel di dinding juga bisa jadi salah satu opsi yang bisa Anda pilih.

Memasang Kotak Surat

Selama pandemi berlangsung, untuk meminimalisir kontak Anda akan lebih banyak menerima barang dan surat melalui pos. Untuk memudahkan kurir mengantarkan paket, Anda bisa membuat kotak surat di depan rumah. Berbagai desain kotak surat menarik akan mempermanis tampilan rumah Anda.

Membuat Kolam Ikan Kecil

Kalau tanaman dirasa kurang menyegarkan suasana, membuat kolam ikan mini di depan rumah akan membuat atmosfer di sekeliling rumah menjadi lebih hidup. Untuk kolam kecil, Anda tidak perlu banyak modal dan tidak membutuhkan banyak lahan. Pilih ikan yang mudah dirawat dan jangan lupa tambahkan berbagai taaman di sekelilingnya. Ditambah suara gemericik air, nuansa di rumah akan terasa semakin fresh.

Membuat Taman Gantung

Tidak semua rumah memiliki halaman yang cukup luas untuk membuat taman. Namun bukan berarti Anda harus mengubur keinginan menghias rumah dengan aneka tanaman. Manfaatkan konsep taman vertikal yang sejajar dengan dinding depan rumah. Bisa juga dengan memanfaatkan pot-pot gantung. Pilih jenis tenaman yang mudah dirawat agar Anda tidak repot mengurusnya.

Membuat Zen Garden

Kalau Anda ingin nuansa yang lebih berwarna namun tetap menenangkan, zen garden bisa jadi pilihan yang menarik sebagai penghias halaman depan rumah. Zen garden sendiri merupakan konsep taman yang terinspirasi dari budaya Jepang.

Di dalamnya terdapat berbagai komponen pelengkap mulai dari tanaman hijau, kolam kecil, dekorasi ala Jepang dan batu-batu alam. Padukan dengan pagar dari batang-batang bambu untuk membuat suasana menjadi lebih sendu. Selain mempercantik rumah, zen garden juga bisa jadi tempat berkumpul yang nyaman untuk keluarga, bahkan jadi lokasi yang menyenangkan untuk menyambut tamu.

BACA JUGA: Referensi Desain Interior Toko Baju Untuk Menunjang Bisnis Anda

Ada banyak sekali konsep taman yang bisa Anda tiru. Namun jangan lupa sesuaikan proporsinya dengan rumah Anda agar tidak terkesan berlebihan. Semoga beberapa tips di atas bisa membantu Anda menemukan ide terbaik untuk menghias bagian depan rumah Anda!

Bila Rekan Alit ingin membuat atau bertanya-tanya soal menata halaman depan rumah yang menarik dan menawan, silahkan konsultasikan dengan tim Omahalit saja!

   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow