Omahalit

6 Tips Simple Mendekor Rumah Impian Anda

OMAHALIT.COM – Kalau Anda kepingin punya rumah impian namun terbentur dengan limitnya budget yang dipunya? Jangan khawatir. Zaman sekarang ini, kriteria rumah impian harus banyak bergeser dari sangat luas menjadi cukup atau tidak terlalu luas, dari mewah menjadi menawan dan sederhana. Hal mendasar dari rumah impian adalah konsepnya. Fokus dari rumah impian adalah soal kenyamanan yang membuat bahagia, betah dan termasuk tidak menguras kantongmu dalam segi desain interior maupun perawatan.

Dengan pemikiran mengenai konsep yang efisien, Anda bisa saja punya rumah idaman dengan ruang yang cukup sempit, namun jangan ragukan soal kepuasan hati dan kenyamanan bagi penghuni rumah impian tersebut.

Dari rumah impian dengan warna dinding yang menyegarkan suasana hati, hingga memanfaatkan ruang penyimpanan tersembunyi secara brillian, berikut adalah Tips Simple Mendekor Rumah Impian Anda yang sangat mudah dan murah untuk diaplikasikan!

1. Gunakan Furnitur Berwarna Senada

Furnitur seperti sofa adalah salah satu item yang paling penting di rumah Anda, terutama di ruang tamu atau ruang keluarga. Alih-alih menggunakan material kayu juga, Anda bisa memilih sofa dengan bahan fabric atau kulit sintetis. Pilihlah warna yang sama atau netral. Sofa dengan tone senada kayu seperti ivory dan beige akan jadi pilihan yang menarik untuk mempercantik rumah Anda.

Kalau ruangan didominasi oleh warna kayu tua, pemilihan warna sofa bisa lebih beragam. Sentuhan abu-abu tua, cokelat tua, lilac atau hitam bisa diterapkan lewat kursi tamu Anda. Pilih model sofa yang Anda sukai dengan ukuran yang proporsional agar ruangan tetap terlihat seimbang.

2. Letakkan Cermin Besar di Tengah Ruangan

Berdasarkan konsep desain interior, keberadaan cermin dalam sebuah ruangan akan membuatnya jadi terlihat lebih luas. Ini karena kemampuannya memantulkan bayangan yang ada di depannya sehingga tercipta ilusi bahwa rumah Anda lebih besar dari yang sesungguhnya.

BACA JUGA: Ingin Halaman Depan Rumah Anda Tampil Estetik dan Menawan? Simak Tips Berikut ini

Untuk rumah kayu, keberadaan cermin tidak hanya akan memberikan kesan lega, tapi juga bisa jadi pilihan dekorasi yang menarik. Pilih cermin vertikal dengan bingkai rotan atau kayu untuk menciptakan kesan yang serasi dengan sekelilingnya.

3. Pasang Jendela yang Besar

Material kayu cenderung membuat rumah terasa lebih lembap dari bangunan yang dibuat dengan bahan beton. Karena itu, Anda memerlukan lebih banyak cahaya matahari sekaligus sirkulasi udara yang baik. Tidak hanya untuk menjaga udara di dalam rumah tetap baik, tapi juga menjaga kondisi material agar tetap baik.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasang jendela-jendela dengan ukuran besar. Anda bisa menggunakan daun pintu dengan material kayu atau menggunakan kaca transparan untuk sedikit sentuhan modern. Keberadaan jendela besar ini tidak hanya menjaga kehangatan di dalam rumah tapi juga akan jadi sumber cahaya alami untuk menerangi rumah di siang hari.

4. Dekorasi Tanaman Hidup untuk Membuat Suasana Lebih Segar

Rumah dengan gaya desain apapun pada dasarnya akan membutuhkan tanaman hidup agar terasa lebih fresh. Tidak terkecuali rumah yang terbuat dari kayu. Meskipun kayu sendiri adalah material alami, namun keberadaan pot-pot kecil yang berisi tanaman hijau akan memberikan sentuhan natural tersendiri. Pilih tanaman yang mudah dirawat agar Anda tidak repot mengurusnya.

BACA JUGA: Trend Desain Rumah Tahun 2021 Yang Bisa Menjadi Referensi Rumah Impian Anda

Beberapa jenis tanaman yang bisa jadi pilihan antara lain adalah kaktus, sukulen, lavender, monstera hingga kuping gajah. Letakkan beberapa tanaman sekaligus di berbagai sudut dengan posisi yang Anda inginkan.

5. Rak Buku Tinggi untuk Memberikan Kesan Klasik

Anda bisa memberikan sentuhan gaya apapun pada rumah kayu Anda, termasuk sentuhan klasik. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasang rak yang tinggi. Susun koleksi buku favorit Anda dan seluruh anggota keluarga. Tambahkan juga beberapa dekorasi tambahan seperti figura berisi foto dan lukisan, piala dan pajangan lainnya.

6. Gunakan Batu Alam Sebagai Aksen

Kebanyakan orang memilih material kayu karena menginginkan nuansa natural di dalam rumahnya. Namun untuk memperkaya tekstur, memadukannya dengan material lain sebenarnya sah-sah saja. Salah satunya adalah batu yang juga merupakan material alami juga. Anda bisa menggunakannya sebagai aksen pada salah satu sisi dinding, pada pagar hingga lantai.

Memiliki rumah kayu memang menyenangkan. Namun rumah kayu memerlukan trik penataan dan perawatan yang berbeda dengan rumah biasa. Semoga inspirasi desain ini bisa membantu Anda memperindah tampilan rumah kayu yang Anda miliki.

Bila Rekan Alit ingin membuat atau bertanya-tanya soal desain interior rumah kayu impian Anda, silahkan konsultasikan dengan tim Omahalit saja!

   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow