7 Tips Mempersiapkan Kamar Bayi Yang Aman Dan Nyaman

7 Tips Mempersiapkan Kamar Bayi Yang Aman Dan Nyaman

Kelahiran buah hati merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak calon orang tua. Selain berbelanja pakaian, popok, dan mainan dan peralatan pompa asi, ada hal penting lainnya yang juga perlu menjadi prioritas bagi calon ayah dan ibu. Hal tersebut adalah persiapan kamar bayi. Tidak seperti kamar orang dewasa pada umumnya, desain kamar bayi dibuat khusus agar aman dan juga nyaman untuk ditempati si kecil. Sayangnya, beberapa diantara calon orang tua memiliki aktivitas atau kesibukan yang belum bisa ditinggalkan, sehingga tidak sempat meluangkan waktu untuk membuat desain kamar bayi yang diinginkan. Namun tidak perlu khawatir, masalah ini dapat diselesaikan dengan bantuan jasa desain interior kamar bayi yang profesional seperti Omahalit. Tidak hanya bisa berkonsultasi, tapi Rekan Alit juga bisa menghemat lebih banyak waktu dan energi. Namun sebelumnya, Omahalit akan memberikan beberapa tips mempersiapkan kamar bayi agar aman dan juga tetap nyaman bagi calon buah hati.

Baca juga : Desain Lampu Unik Untuk Mempercantik Desain Interior Rumah

Pentingnya Mengetahui Tips Mempersiapkan Kamar Bayi Sejak Jauh-Jauh Hari

Umumnya, bayi yang baru lahir cenderung masih sensitif sehingga membutuhkan perlindungan ekstra dari orang tua. Misalnya dari sirkulasi udara, pencahayaan, pemilihan furniture, hingga dekorasi kamar bayi pun perlu diperhatikan secara khusus. Seringkali orang tua banyak membeli perlengkapan tanpa memperhatikan fungsinya. Alhasil, peralatan-peralatan tersebut hanya menjadi pelengkap tanpa memiliki peran yang penting dalam sebuah ruangan. Hal ini kerap kali menimbulkan pembengkakan biaya yang cukup menguras kantong. Apabila dilakukan sejak jauh-jauh hari, hasilnya bisa lebih maksimal dan tidak membuat Rekan Alit menjadi tergesa-gesa. Maka dari itu, sekarang simak dulu ya 7 tips mempersiapkan kamar bayi berikut ini:

  1. Pilih Lokasi Kamar Yang Strategis

Tips mempersiapkan kamar bayi yang aman

Source by Pecansthomedecor on Pinterest

Pertama, tips mempersiapkan kamar bayi yang perlu dilakukan adalah memilih lokasi kamar. Sebisa mungkin, pilihlah lokasi yang paling dekat dengan kamar utama Rekan Alit. Hal ini ditujukan agar lebih mudah menjangkau bayi ketika sedang rewel pada malam hari. Dengan lokasi kamar yang berdekatan, Rekan Alit tidak perlu mengeluarkan waktu lama serta tenaga ekstra untuk bolak balik menemui si buah hati. Letak kamar bayi yang strategis juga akan membantu Rekan Alit dalam mengawasi aktivitas anak.

  1. Aplikasikan Warna-Warna Netral

Tips mempersiapkan kamar bayi yang nyaman

Source by Birchlane on Pinterest

Dikarenakan indra pengelihatan bayi yang masih belum berkembang sempurna, maka lebih baik memilih warna netral dan lembut seperti pastel, coklat muda, abu-abu, putih dan lain-lain untuk cat dinding serta perabotan pada dekorasi kamar bayi. Selain agar tidak menyakiti pengelihatan bayi, warna-warna netral juga membantu menghindari bias gender apabila Rekan Alit memilih untuk tidak mengetahui jenis kelamin calon bayi.

  1. Menyediakan Tempat Tidur Yang Aman

Desain kamar bayi

Source by Katydidandkid on Pinterest

Memilih tempat tidur bayi yang aman merupakan hal terpenting untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan seperti jatuh, mudah terjangkau dengan aliran listrik, dll. Kualitas tempat tidur yang digunakan juga harus berkualitas dan kokoh agar menjamin keamanan dan kenyamanan bayi. Perhatikan pula jarak ukuran ranjang dengan matras harus sesuai, usahakan agar tidak ada cela untuk menghindari risiko ketika bayi banyak bergerak.

  1. Memastikan Suhu Ruangan Tepat

Dekorasi kamar bayi

Source by Peter Dazeley on Getty Images

Mengingat sensitivitas kulit bayi masih sangat tinggi, maka dari itu penting untuk Rekan Alit memastikan suhu ruang yang tepat untuk kamar buah hati. Pastikan ruangan memiliki ventilasi udara dan penghangat ruangan supaya suhu dapat diatur sesuai kondisi dan kebutuhan bayi. Misalnya dengan meminta jasa desain interior kamar bayi untuk membuat jendela yang memungkinkan adanya sinar matahari yang masuk di pagi hari.

  1. Optimalkan Peralatan Bayi Sesuai Kebutuhan

Jasa Desain Interior Kamar Bayi

Source by babyletto on pinteresst

Tips mempersiapkan kamar bayi yang kelima adalah mengoptimalkan peralatan bayi sesuai kebutuhan. Meskipun banyak pilihan, jangan sampai membeli terlalu banyak hingga menimbulkan keborosan. Selain untuk menghemat biaya, mengoptimalkan peralatan bayi sesuai kebutuhan juga berfungsi agar ruangan tidak terlihat sempit. Jangan sampai terlalu banyak dekorasi atau perlengkapan yang tidak berguna. Atau bisa juga Rekan Alit berkonsultasi terlebih dahulu tentang desain kamar bayi pada ahlinya.

  1. Menggunakan Karpet Lantai

Tips mempersiapkan kamar bayi yang aman dan nyaman

Source by babyletto on pinterest

Tidak hanya sebagai dekorasi kamar bayi, penggunaan karpet lantai ternyata juga mampu meredam suara dalam ruangan. Dengan menggunakan karpet lantai, Rekan Alit dapat bebas bergerak sembari menjaga bayi tanpa adanya suara yang ditimbulkan dari gesekan kaki. Karpet lantai juga bersifat multifungsi, selain bermanfaat untuk meredam suara, karpet lantai juga melindungi si kecil dari dingin dan kerasnya lantai ruangan.

  1. Menjaga Kebersihan Kamar dan Perlengkapan Bayi

Dekorasi kamar bayi unik

Source by Pinkforestcafe on Pinterest

Tips mempersiapkan kamar bayi yang terakhir adalah menjaga kebersihan kamar dan perlengkapan bayi. Hal tersebut sangat penting untuk membantu menjaga sistem kekebalan bayi yang masih rentan. Selain itu, menjaga kebersihan perlengkapan bayi juga penting, karena kebanyakan aktivitas bayi akan menggunakan berbagai perlengkapan seperti, selimut, sarung bantal, mainan, botol susu, hingga pakaian bayi.

Setelah mengetahui tips mempersiapkan kamar bayi yang aman dan nyaman, Rekan Alit dapat mengaplikasikannya untuk membuat desain kamar bayi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Dekorasi kamar bayi yang terlihat luas akan mempengaruhi suasana kamar, sehingga membuat kamar lebih nyaman juga bayi tidak mudah kepanasan. Untuk itu mempersiapkan kamar bayi yang benar-benar sesuai sangatlah penting, Rekan Alit dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu melalui jasa desain interior kamar bayi yang disediakan oleh Omahalit.

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.