Tips Jitu Menata Kamar Kos Sempit Agar Terlihat Luas dan Nyaman

Tips Jitu Menata Kamar Kos Sempit Agar Terlihat Luas dan Nyaman

Kata orang, rumah adalah tempat ternyaman untuk pulang. Tapi beberapa diantara kita mungkin tidak bisa merasakannya karena tinggal jauh dari rumah. Entah untuk urusan pendidikan atau pekerjaan. Pada umumnya, kamar kost memiliki ukuran yang kecil, karena di dalamnya hanya terdapat kamar tidur dan mungkin juga kamar mandi (apabila tersedia kamar mandi dalam). Karena kesibukan pekerjaan atau tugas, ditambah tidak adanya orang yang mengingatkan, seringkali kamar kost menjadi berantakan. Sudah tidak luas, ditambah berantakan pula. Semakin tidak mendukung waktu-waktu istirahat kita bukan? Padahal keesokan harinya sudah harus kembali menjalani rutinitas yang melelahkan. Kebiasaan buruk ini tentu tidak boleh dipelihara berlama-lama. Ketika ada waktu luang atau bertemu dengan akhir pekan, mungkin Rekan Alit bisa mempelajari cara-cara mudah dalam tips menata kamar kost kecil berikut:

5 Tips Menata Kamar Kost Kecil Agar Terlihat Luas dan Tetap Nyaman

Desain Kamar Kost Source by Elevate Droom on Pinterest

Source by Elevate Droom on Pinterest

Meskipun tidak berada dirumah, Rekan Alit setidaknya bisa memperbaiki suasana kamar kost agar tetap nyaman untuk ditinggali. Menyulap desain kamar kost kecil agar nampak lega dan bersih memang bukan perkara mudah, tapi bukan berarti tidak bisa dikerjakan toh? Ada beberapa tips menata kamar kost kecil dari Omahalit yang mungkin bisa menjadi inspirasi. Penasaran? Langsung saja baca dibawah sini ya!

Memilih Warna Cat Dinding Terang

Bukan rahasia lagi kalau cat dinding dengan warna terang akan menghasilkan ilusi ruangan menjadi lebih luas. Misalnya putih, krem, biru langit dll bisa menjadi alternatif untuk dinding kamar kost Rekan Alit. Hindari penggunaan warna-warna gelap seperti hitam atau coklat tua apabila tidak ingin suasana kamar kost terasa semakin sempit dan pengap.

Jangan Menutupi Jendela Dengan Barang

Jendela adalah tempat berlangsungnya sirkulasi udara dan cahaya. Usahakanlah untuk tidak menutupi jendela dengan barang-barang berukuran besar seperti lemari atau kasur. Ketika cahaya dan udara dapat bebas keluar masuk tanpa terhalang barang, maka otomatis suasana kamar kost pun akan terasa lebih segar serta lebar secara alami.

Pilihlah Dekorasi Kamar Kost Non Permanen

Bekas paku atau lem tentu bisa meninggalkan pemandangan tidak menarik dalam sebuah kamar kost. Maka dari itu cobalah untuk memilih dekorasi kamar kost yang tidak permanen seperti wall sticker atau tanaman kaktus berukuran mini yang bisa diletakkan di meja belajar / meja kerja. Jika sudah bosan, kita bisa lebih mudah menggantinya dengan dekorasi yang lain.

Menghias Kamar Kost Sesuai Kepribadian Tanpa Berlebihan

Desain kamar kost kecil bukan berarti tidak boleh dihias sesuai keinginan Rekan Alit loh. Ada banyak cara untuk tetap mengekspresikan sisi kreativitas kita dalam kamar kost. Misalnya dengan menempel hasil cetakan foto atau memasang lampu tumblr yang digunakan ketika malam hari. Hias kamar kost sesuai dengan kepribadian tanpa perlu berlebihan.

Manfaatkan Barang Bekas Sebagai Tempat Penyimpanan

Tips menata kamar kost kecil yang terakhir adalah dengan memanfaatkan barang bekas menjadi tempat penyimpanan unik. Sepeti misalnya kardus yang dihias dan dijadikan rak buku, atau botol plastik yang dihias dan dijasikan tempat peralatan tulis. Semakin kreatif ide pemanfaatan barang bekas, semakin sedikit pula benda tidak terpakai yang akan memenuhi kamar kost kita.

Tips menata kamar kost kecil Source by Solnet on Pinterest

Source by Solnet on Pinterest

Desain kamar kost dan dekorasi kamar kost adalah dua hal yang penting untuk diperhatikan. Tidak hanya berpengaruh pada penampilan, tapi juga kebersihan kamar kost. Apabila kebersihan serta kerapian kamar kost selalu terjaga, maka Rekan Alit juga akan betah dan bisa beristirahat dengan leluasa. Demikianlah tips menata kamar kost kecil ala Omahalit. Semoga dapat menjadi sumber inspirasi dan membantu menghadirkan tempat tinggal di perantauan yang nyaman. Klik disini jika Rekan Alit membutuhkan bantuan jasa desain interior untuk merenovasi kamar kost impian.

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.