Pentingnya Peran Lighting untuk Kitchen Set Anda

Pentingnya Peran Lighting untuk Kitchen Set Anda

OMAHALIT.COM – Kehadiran kitchen set di dapur lebih dari sekadar untuk memudahkan Anda mempersiapkan dan menyajikan makanan. Adanya kitchen set juga akan membuat dapur terlihat semakin menarik dan terlihat mewah. Namun, ada satu bagian penting yang tidak boleh dilewatkan dalam penataan dapur Anda yakni lighting atau pencahayaan.

Bagaimana peran lighting dan apa saja jenis pencahahayaan yang bisa diterapkan untuk dapur di rumah Anda? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Pencahayaan Alami, Sumber Cahaya di Siang Hari

Cahaya yang paling utama dan sebaiknya hadir di dapur Anda adalah cahaya alami yang berasal dari sinar matahari. Tidak hanya menghemat penggunaan listrik dan memudahkan Anda melakukan berbagai aktivitas, cahaya alami akan membantu menurunkan kelembapan di dapur. Keberadaan sinar matahari akan mencegah kitchen set Anda cepat rusak karena udara yang lembap.

Kitchen Set Bergaya Industrialis

Kitchen Set Bergaya Industrialis

Sumber sinar matahari bisa berasal dari jendela yang dipasang tepat di depan area cuci piring. Bisa juga berasal dari bagian atap yang diganti dengan kaca transparan.

General Lighting

General lighting atau pencahayaan utama yang berada di dapur berasal dari lampu dengan sinar sudut yang cakupannya lebar. Lampu ini biasanya dipasang di langit-langit sebagai sumber cahaya utama saat Anda sedang memasak atau menyiapkan makanan.

BACA JUGA: Mengenal Walk in Closet dan Inspirasi Desainnya

Ada beberapa opsi warna lampu utama yang bisa Anda pilih. Ada warna putih untuk kesan yang lebih terang dan warna warm white atau putih kekuningan untuk nuansa yang lebih santai.

Task Light

Seperti namanya, task light atau lampu kerja merupakan lampu yang dipasangkan ke area-area khusus di dapur untuk memudahkan Anda melakukan aktivitas. Anda bisa memasang task light atas counter top di bawah kabinet untuk memudahkan proses plating. Bisa juga dengan melakukan instalasi lampu di atas kompor untuk memudahkan Anda memeriksa tingkat kematangan makanan saat memasak.

Lampu untuk Membagi Fungsi Ruang

Dapur yang dilengkapi dengan kitchen set umumnya memiliki konsep terbuka. Tidak hanya area masak, dapur yang memiliki kitchen set juga kerap difungsikan sebagai area makan sekaligus. Karena tidak ada partisi, Anda bisa menggunakan lampu yang dipasang dengan posisi tertentu untuk membagi fungsi ruang. Adanya lampu ini bisa menegaskan bahwa satu area dengan area lainnya dirancang untuk fungsi yang berbeda.

Kitchen Set Sederhana Minimalis

Kitchen Set Sederhana Minimalis

Anda bisa memilih lampu dengan cahaya kuning yang terkesan hangat. Sementara itu untuk area masak, gunakan lampu dengan cahaya putih agar tidak menganggu pandangan ketika sedang mempersiapkan makanan.

BACA JUGA: Ini Dia 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Rumah

Lampu Sorot

Meski tidak termasuk ke dalam lampu utama, namun keberadaan lampu sorot atau spotlight juga memiliki peran penting. Tidak hanya menjadi tambahan sumber penerangan di dapur, Anda bisa memanfaatkannya untuk menyorot bagian-bagian yang Anda anggap menarik di dapur.

Jika Anda ingin orang yang melihat dapur Anda memerhatikan backsplash Anda yang terbuat dari marmer unik, pasang lampu di area tersebut. Begitu juga kalau Anda punya koleksi perlengkapan makan cantik atau pajangan yang menarik. Adanya lampu ini akan menambahkan efek dramatis yang tentu akan membuat suasana dapur terlihat semakin menarik.

Lampu Dekoratif

Jenis pencahayaan berikutnya yang bisa Anda terapkan untuk dapur Anda adalah lampu dekoratif. Seperti namanya, lampu dekoratif sebenarnya memiliki fungsi utama untuk mempercantik ruangan. Modelnya juga bermacam-macam dan bisa disesuaikan dengan konsep interior dapur Anda.

BACA JUGA: Simak Tips Menerapkan Trend Mural untuk Dekorasi Rumah Berikut Ini!

Salah satu opsi lampu dekoratif yang banyak digunakan adalah lampu pendant yang dipasang langsung di atas meja island. Anda juga bisa memilih lampu dekoratif lain seperti lampu gantung di tengah langit-langit-langit dapur atau standing lamp yang diletakkan di salah satu sudut meja makan.

Dalam desain interior, pencahayaan adalah bagian yang sangat penting. Selain sebagai sumber penerangan, pencahayaan yang tepat akan menonjolkan bagian terbaik dari desain interior Anda, termasuk untuk dapur dan kitchen island.

Itulah beberapa jenis pencahayaan yang bisa Anda aplikasikan ke dapur untuk membuat tampilan kitchen set dan dapur jadi lebih menerik. Selamat bereksperimen dan semoga Anda menemukan gaya lighting yang paling sesuai dengan preferensi Anda! Yuk segera konsultasikan ke tim Omahalit untuk merealisasikan ide dan konsep kitchen set impian Anda!

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.