Omahalit

5 Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah Agar Tidak Korslet

Saat ini, hampir semua rumah memerlukan aliran listrik demi menunjang aktivitas sehari-hari. Listrik menjadi kebutuhan mendasar dimana manfaatnya sangat bisa dirasakan baik untuk mengerjakan pekerjaan, memberikan penerangan hingga menyediakan hiburan dari televisi misalnya. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui cara memasang instalasi listrik rumah. Ketika dilakukan dengan sembarangan, maka dapat menimbulkan pengaruh negatif pada arus listrik dalam rumah, menyebabkan pembengkakan biaya listrik setiap bulannya, bahkan bisa menimbulkan terjadinya korslet yang membahayakan apabila tidak segera ditangani. Untuk itu, berikut Omahalit telah merangkum beberapa cara instalasi listrik rumah yang benar agar tidak korslet.

Mengulas 5 Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah Ala Omahalit

Cara memasang instalasi listrik rumah yang baik dan benar

Sebaiknya, pemasangan instalasi listrik memang dikerjakan oleh ahlinya agar tidak sering mengalami permasalahan. Rekan alit juga bisa berkonsultasi pada jasa interior rumah perihal biaya instalasi listrik rumah agar tidak salah ketika mempersiapkan rincian biaya. Akan tetapi, hal tersebut tidak menutup kemungkinan apabila rekan alit juga bisa memahami sedikit seluk beluk mengenai cara memasang instalasi listrik rumah. Agar lebih jelas, rekan alit bisa menyimak informasi tentang cara instalasi listrik yang benar seperti berikut ini:

1. Mengetahui dan Mempelajari Denah Untuk Instalasi Listrik Rumah

Langkah pertama yang harus diketahui rekan alit adalah seputar luas ukuran rumah, luas ukuran dan jumlah kamar beserta dengan denahnya. Kemudiak sesuaikan jumlah tersebut dengan penempatan box MCB (Miniature Circuit Breaker), lampu, sakelar, dan stopkontak yang akan dipasang. Cara ini juga dapat membantu rekan alit dalam memperkirakan biaya instalasi listrik rumah.

2. Menggunakan Kabel Standar SNI Ketika Melakukan Instalasi Listrik Pada Hunian

Penggunaan kabel listrik memang beragam. Misalnya kabel dengan diameter 2,5 mm yang cukup kuat untuk dialiri daya listrik hingga 5.000 watt pada hunian yang luasnya di bawah 70 m2. Sedangkan untuk penyaluran listrik pada perangkat rumah tangga, rekan alit bisa menggunakan kabel dengan diameter 1,5 mm yang aman untuk diaplikasikan pada jalur stopkontak dan lampu yang memiliki daya di bawah 100 watt. Bagian terpenting adalah, rekan alit wajib menggunakan kabel standar SNI agar lebih aman dan tidak mudah bermasalah.

3. Mengatur Pembagian Jalur Kabel

Cara memasang instalasi listrik rumah yang ketiga adalah dengan mengatur pembagian jalur kabel. Pastikan untuk membagi jalur kabel sesuai dengan keperluan saat melakukan proses instalasi listrik pada hunian, misalnya untuk keperluan pompa air, AC, lampu, stopkontak dan MCB cadangan. Jika menggunakan jasa desain interior rumah, maka rekan alit bisa bertanya lebih banyak seputar pengaturan jalur kabel agar lebih rapi, aman dan hemat biaya.

4. Gunakan Jalur Tersendiri Untuk Perangkat Berdaya Besar

Selalu ingat untuk menggunakan jalur tersendiri pada perangkat yang berdaya besar. Misalnya untuk barang elektronik rumah tangga seperti water heater, AC, pompa air dll sebaiknya memang menggunakan jalur terpisah agar aman dan tidak mengganggu penggunaan listrik lainnya. Jika rekan alit pernah melihat kerlipan lampu yang tidak stabil, maka bisa jadi itu disebabkan oleh gangguan jalur listrik dari perangkat-perangkat yang berdaya besar (apabila tidak terpisah jalurnya).

5. Cara Instalasi Listrik Rumah Yang Benar Dengan Melakukan Grounding

Langkah terakhir dalam cara memasang instalasi listrik rumah agar tidak korslet adalah dengan melakukan mekanisme grounding agar lebih aman dan terhindar dari bahaya sengatan listrik ketika daya tiba-tiba membesar, misalnya seperti saat adanya sambaran petir atau perawatan listrik dari PLN. Upaya menyalurkan listrik dari blok MCB ke dalam tanah ini akan membantu aliran listrik rumah agar tidak meledak di salah satu saluran.

Cara memasang instalasi listrik rumah dan biaya instalasi listrik rumah

Meskipun tidak berpengaruh besar pada faktor estetika hunian atau bangunan, tentu saja listrik memegang peran penting dalam menyeimbangkan fungsi peralatan rumah tangga yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari. Meskipun sudah mengetahui dasar-dasar dari cara memasang instalasi listrik rumah, rekan alit juga bisa berkonsultasi lebih lanjut pada ahlinya. Sebagai penyedia jasa desain interior rumah yang profesional, Omahalit juga dapat menjadi partner diskusi yang baik dalam perihal cara instalasi listrik rumah yang benar, hingga membantu proses perancangan biaya instalasi listrik rumah agar tidak membengkak. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi semua rekan alit ya!

   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow