Tips Ciptakan Ruang Tanpa Membangun Dinding Pada Hunian

Tips Ciptakan Ruang Tanpa Membangun Dinding Pada Hunian

OMAHALIT.COM – Sebuah ruangan tercipta pada umumnya dengan adanya dinding sebagai pembatas hampir pada setiap sisinya. Akhirnya dinding seringkali dianggap sebagai elemen wajib dalam terbentuknya sebuah ruangan. Namun bagaimana jika dinding tidak lagi digunakan saat Rekan alit ingin menciptakan sebuah ruangan dalam hunian anda? Apakah masih bisa disebut sebagai sebuah ruangan?

Rupanya selain penggunaan dinding sebagai pembatas, ada beberapa trik dan cara untuk menciptakan sebuah ruangan. Terutama jika Rekan alit memiliki hunian yang tidak begitu luas. Karena seperti yang kita tau, banyaknya dinding sebagai pembatas pada hunian yang tidak begitu luas hanya akan membuat kesan sempit dan memakan banyak tempat. Maka trik menciptakan ruangan tanpa dinding tentu akan menjadi semacam cara cerdas agar hunian sempit tetap terasa lapang. Lalu bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini!

1. Partisi

Partisi merupakan sekat atau pembatas ruangan yang sudah banyak diketahui fungsinya. Berbeda dengan dinding, partisi mampu memberikan fungsi selain sebagai pembatas ruang. Misalnya partisi dalam bentuk furniture seperti rak buku, lemari dan masih banyak lagi yang tentunya bisa menjadi tempat penyimpanan ekstra dibanding penggunaan dinding. Dengan penggunaan partisi, privasi antar ruang dapat tetap terjaga sekaligus dapat difungsikan sebagai elemen interior.

BACA JUGA : 5 Tips Bangun Kantor Nyaman Di Rumah Anda

2. Perbedaan level

Selain penggunaan sekat atau partisi untuk menciptakan sebuah ruangan tanpa dinding, penggunaan trik level dapat jadi solusi menarik. Perbedaan level atau tinggi rendahnya lantai mampu memberikan kesan adanya pembatas pada tiap bagian rumah. Ilusi ini dapat tercipta dengan menambahkan perbedaan satu atau dua anak tangga sebagai transisi antar ruang.

Misalnya pada transisi antara ruang keluarga dan area dining room, Rekan alit bisa membuat satu atau dua anak tangga menurun menuju dining room agar tercipta sebuah transisi ruang yang jelas.

Berbeda dengan penggunaan dinding maupun partisi, perbedaan level untuk menciptakan
ruang memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah kurangnya privasi yang mungkin
anda butuhkan pada ruang tertentu. Selain itu jika anda memiliki anak-anak yang di usia
tertentu, penggunaan tinggi level yang berbeda bisa cukup berbahaya bagi si kecil.

3. Warna

Tahukah anda, bahwa warna yang berbeda mampu menciptakan ilusi ruang? Jika tidak memungkinkan untuk menambahkan dinding karena hanya membuat hunian terlihat sumpek atau merubah level lantai, pemilihan warna yang berbeda dapat jadi jalan keluar yang melegakan.

BACA JUGA : Rumah dan Butik Cantik Modern Tropis

Pemilihan warna yang berbeda antar bagian rumah dianggap lebih simple dan mudah dilakukan karena anda tidak perlu melakukan renovasi atau membuat ruangan jadi lebih sempit dengan penambahan furniture penyekat. Cukup memberikan sentuhan warna yang lain antara dua ruangan yang bisa dilakukan pada dinding, material lantai yang berbeda atau furniture di dalamnya.

4. Bidang langit-langit

Pernahkah anda memasuki sebuah bangunan yang kemudian ada area di dalamnya dengan tinggi langit-langit yang berbeda? Sama halnya pada lantai, perubahan bidang langit-langit pada hunian juga mampu mempertegas transisi antar ruang meskipun tanpa dinding.

Gunakan level langit-langit yang berbeda antar sebuah ruangan dengan ruangan lain. Atau bisa juga dengan pemilihan material yang berbeda untuk mempertegas transisi ruangan tersebut. Pemilihan langit-langit lebih tinggi bisa diaplikasikan pada area rumah yang cenderung digunakan untuk berkumpul. Misalnya area ruang makan dan ruang keluarga. Sedangkan untuk ruang tamu, Rekan alit bisa memilih tinggi langit-langit standar yaitu sekitar 2,5 hingga 3 meter.

5. Penggunaan Tirai

Pada ruangan tertentu, penggunaan tirai pada transisi antar ruang tidak hanya bisa efektif namun juga sedap dipandang. Pemilihan material tirai serta warna yang tepat tidak hanya sekedar untuk memberikan privasi, namun juga dapat mempertegas konsep yang Rekan alit aplikasikan antar ruang.

BACA JUGA : Menyulap Ruko Jadi Apartemen Tipe Studio

Anda bisa mengaplikasikannya sebagai pembatas pada kamar tidur dan ruang kerja untuk memberikan privasi, serta menghalau pencahayaan yang umumnya berbeda pada kedua ruangan tersebut. Perlu diingat, pengaplikasian tirai sebagai pembatas antar ruang mungkin tidak cocok digunakan pada setiap ruangan.

Itu dia beberapa tips yang bisa Rekan alit coba untuk menciptakan ruangan pada area rumah tanpa membangun dinding baru. Dari kelima cara tadi apakah ada yang sudah anda aplikasikan di hunian anda? Selamat mencoba dan semoga menginspirasi!

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.