Omahalit

5 Tips Bangun Kantor Nyaman Di Rumah Anda

OMAHALIT.COM – Rekan alit, pandemi yang tak kunjung mereda mau tak mau menuntut kita beradaptasi dalambanyak aspek kehidupan. Salah satunya adalah aktivitas di luar ruangan yang harus
diminimalisir. Hal ini tentu menuntut anda untuk mengadaptasi hunian jadi lebih nyaman dan
mendukung produktivitas selama work from home berlangsung.

Tidak ada salahnya kok, merenovasi sedikit banyak bagian hunian anda untuk mendukung pekerjaan anda di rumah. Apalagi bagi Rekan alit yang bekerja secara tim dan sering kedatangan rekan kerja ke rumah untuk menyelesaikan beberapa tugas kantor.

Kali ini, Omahalit akan membagikan kepada anda bagaimana membangun kantor yang produktif tanpa mengganggu kenyamanan hunian anda. Berikut ulasannya !

Trik Desain Rumah Kantor

1. Menyiapkan dua pintu masuk berbeda

Trik Desain Rumah Kantor
Trik Desain Rumah Kantor by dwell.com

Membangun suasana kantor di rumah artinya Rekan alit harus siap dengan berkurangnya privasi penghuni rumah lainnya. Hal ini tentu cukup mengganggu ya, mengingat privasi erat kaitannya dengan kenyamanan yang patutnya ada dalam definisi sebuah hunian.

BACA JUGA : Rumah Bergaya Arsitektur dan Desain Interior Industrial Garden

Namun, Rekan alit tidak perlu khawatir. Hal ini bisa disiasati dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan membuat akses yang berbeda untuk penghuni rumah dan karyawan yang bekerja di kantor anda nantinya.

Rekan alit yang sedang berinisiatif membangun workspace di rumah bisa membuat dua pintu sebagai akses masuk dan keluar para penghuni kantor dan rumah. Cara ini tentu berguna supaya anda dan para karyawan dapat beraktivitas dengan leluasa. Apalagi jika para penghuni rumah dan karyawan memiliki jam aktivitas yang berbeda.

2. Memisahkan area kantor dan rumah

Desain Rumah Kantor kekinian
Desain Rumah Kantor kekinian by dwell.com

Selain dengan memiliki dua akses yang berbeda, cara lain yang bisa Rekan alit coba agar kenyamanan penghuni rumah tidak terganggu adalah dengan memisahkan area kantor dan rumah.

Memang dengan cara ini anda mau tak mau harus mengorbankan satu atau lebih ruangan untuk digunakan sebagai kantor secara khusus. Namun dengan begini, anda dan tim bisa fokus bekerja tanpa saling terganggu dengan aktivitas penghuni rumah lainnya.

BACA JUGA : Rumah dan Butik Cantik Modern Tropis

Selain itu, anda juga bisa memilih lantai yang dapat dikhususkan sebagai area kantor. Memisahkan lantai untuk difungsikan sebagai rumah dan kantor dianggap lebih efektif daripada menjadikan area kantor satu lantai dengan area rumah karena privasi dapat lebih terjaga.

3. Merubah pencahayaan pada area kantor

Trik Desain Rumah Kantor minimalis
Trik Desain Rumah Kantor minimalis by dwell.com

Mengalihfungsikan sebagian area rumah menjadi kantor tentu membutuhkan fasilitas pendukung seperti pencahayaan. Pemilihan pencahayaan perpaduan antara task lighting dan downlight dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mendukung aktivitas kantor. Jangan lupa untuk menyesuaikan tingkat keterangan lampu dengan mempertimbangkan luas ruangan atau lantai area kantor.

4. Memperhatikan sirkulasi udara area kantor

Trik Desain Rumah Kantor kekinian
Trik Desain Rumah Kantor kekinian by dwell.com

Selain pencahayaan, hal lain yang juga harus anda perhatikan adalah kualitas udara. Bertambahnya jumlah orang yang beraktivitas di dalam sebuah ruangan dapat membuat kualitas udara menjadi lebih panas dan pengap. Maka pilihlah sistem ventilasi silang untuk area kantor agar pencahayaan alami pada siang hari dan udara dapat masuk dan keluar dengan mudah.

Rekan alit juga bisa membuat area kantor memiliki bukaan yang lebih banyak. Misalnya dengan membuat jendela-jendela besar pada dinding yang menghadap ke area terbuka sehingga ruangan dapat selalu terasa segar.

5. Memilih furniture kantor yang tepat

dekorasi Rumah Kantor
dekorasi Rumah Kantor by freshome.com

Karena fungsi dari area kantor dan area rumah yang berbeda, maka tentu pemilihan furniture pada area kantor harus dikhususkan untuk mendukung kenyamanan para karyawan. Misalnya dalam pemilihan kursi dan meja antara area kantor dan rumah. Pilihlah meja dan kursi yang mengedepankan sisi ergonomis yang mampu mengakomodasi kenyamanan karyawan pada saat bekerja.

BACA JUGA : Menyulap Ruko Jadi Apartemen Tipe Studio

Namun jangan lupa untuk mempertimbangkan luas ruangan area kantor yang ingin anda bangun. Tentu Rekan alit tidak ingin ruangan jadi lebih sempit karena terisi furniture karena dapat menyebabkan lalu lalang kegiatan karyawan terganggu.

Itu dia beberapa kiat yang bisa Rekan alit coba saat anda berencana membangun kantor di hunian anda. Tentunya anda juga bisa membangun suasana kantor yang lebih fun yang jauh dari kesan kaku agar produktivitas tim menjadi lancar. Misalnya dengan pemilihan dekorasi dan dinding yang memiliki warna ceria. Semoga bermanfaat ya !

   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow