Rumah dan Butik Cantik Modern Tropis

Rumah dan Butik Cantik Modern Tropis

Omahalit.com – Desain modern tropis membentuk kesatuan yang apik antara ruang dalam dan ruang luar lewat bentukan massa yang mengulik untuk tahu lebih dalam.

Desain rumah tropis modern rasanya tak akan lekang oleh waktu dan senantiasa terus diminati, khususnya bagi yang tinggal di daerah beriklim tropis. Prinsip-prinsip arsitektur tropis seperti atap miring, bukaan lebar, dan ventilasi silang seakan menjadi “menu wajib” untuk menghadirkan kenyamanan thermal dalam rumah. Tak hanya itu, tentunya prinsip hemat energi juga turut diperhatikan demi terwujudnya konsep bangunan hijau.

Seperti yang ditampilkan di kediaman Bapak Duta di Pekalongan, Jawa Tengah, hasil rancangan OMAHALIT arsitek interior design consultant. Arsitektur rumah dikemas lewat gubahan massa bangunan yang adaptif terhadap iklim dan cuaca, disandingkan dengan interior rumah yang tampil senada, untuk mewakili gambaran karakter modernitas sang empunya rumah.

Penyatuan Dua Fungsi

Desain bangunan yang terletak di lahan keseluruhan seluas 480 meter persegi ini sedikit berbeda, karena terdapat dua massa bangunan dengan fungsi berbeda. Bangunan pertama yang ditemui merupakan sebuah butik, berlanjut di belakangnya adalah bangunan rumah tinggal. Kedua bangunan dipisahkan oleh ruang terbuka yang difungsikan sebagai carport. Benang merah yang menyatukan kedua bangunan adalah elemen roster cetak pada fasad bangunan serta penggunaan material kayu yang cukup dominan.

Fasad kedua bangunan menampilkan desain tropis yang kental, lewat penggunaan unsur kayu pada ceiling yang diaplikasikan dari bawah hingga menerus ke atas, bahkan di samping rooftop. Di dalam ceiling diselipkan pencahayaan buatan berupa lampu LED yang akan menyala membias pada ceiling kayu, yang nampak dramatis saat malam hari.

Desain Interior Rumah ProtohouseRoster yang terdapat pada fasad menjadi salah satu hal yang menarik di bangunan ini. Roster ini secara khusus dirancang dan dicetak dengan ukuran 30×30 cm. Pemasangan roster secara acak menjadikan tampilan yang unik dan menciptakan bayangan menarik kala terkena sinar matahari.

Pengolahan massa bangunan diperhatikan dengan cermat, sehingga tampilannya menjadi dinamis. Aplikasi ceiling kayu yang miring, dipadu material kaca, stainless steel dan roster menjadi padu padan yang apik.

Di area depan, terdapat bangunan butik seluas 350 meter persegi yang terdiri dari satu lantai dilengkapi dengan roof top seluas 30 meter persegi. Fungsi roof top sebagai area bersantai ini memiliki akses terpisah yang dilengkapi dengan pembatas kaca dan handrail stainless steel. Desain butik tampil simpel khas bangunan modern, hanya dilakukan pengolahan maju mundur bidang pada area entrance. Tampilan depan, selain menampilkan bangunan butik juga dapat dilihat area rooftop yang dibatasi pagar kaca dan handrail stainless steel.

Pengolahan lansekap di lahan ini diperhatikan dengan baik, lewat desain perkerasan yang dihadirkan. Dari area butik sebelum memasuki area rumah, arsitek menciptakan pengalaman ruang sehingga tidak terasa monoton. Area di bawah rooftop yang merupakan transisi antara bangunan butik dan rumah, diberi sentuhan yang berbeda sehingga tidak terlihat monoton. Ceiling rooftop yang terbuat dari dak beton diberi variasi glassblok untuk meneruskan cahaya matahari. Sementara itu dindingnya diberi tampilan unfinished sebagai alternatif warna dinding.

Selangkah kemudian, terdapat ruang terbuka yang didesain apik, dimana permukaannya menggunakan material semen khusus yang biasa digunakan untuk basement hotel atau mal, dikombinasi rumput gajah sentrik sebagai resapan dan elemen penghijauan. Salah satu sisi ruang terbuka difungsikan sebagai carport, dilengkapi atap kaca 10 mm dengan konstruksi IWF.

Sebagai elemen vegetasi, arsitek menempatkan tanaman rambat pada area carport. Tanaman rambat yang menjuntai nyatanya mampu meminimalisir kesan keras dan panas area terbuka ini, juga ditambah dengan penggunaan tanaman irish yang membatasi area teras bangunan rumah tinggal.

Terbuka dan Lapang

Pencapaian utama menuju bangunan rumah tinggal, diakses dari area ini. Desain bangunan rumah mengusung konsep senada dengan bangunan Butik. Nafas tropis modern terasa kuat, dilengkapi dengan elemen roster ukuran 30×30 dengan posisi pemasangan kaca dan kombinasi sling kayu yang terdapat di area fasadnya.

Sebelum memasuki ruang dalam rumah, sebidang teras yang cukup luas siap menyambut tamu yang datang. Posisi teras yang berada lebih tinggi dari halaman, berhasil memberikan view berbeda bagi yang memandangnya. Terlebih area teras tidak dibiarkan tampil polos, namun dilengkapi dengan pembatas kaca dan handrail stainless steel, tanaman Kamboja Bali dilengkapi dengan lampu sorot di sudut teras, serta ceiling berbentuk miring dari kayu.

Desain Interior Rumah ProtohouseMemasuki ruang dalam, terlihat penataan ruangan secara simpel yang menciptakan ruang sirkulasi lebar. Penataan ruang yang cenderung terbuka, lapang, dan menyatu tanpa sekat bukan tanpa alasan, karena untuk mengakomodir kebutuhan penghuni saat acara-acara tertentu semisal hajatan yang membutuhkan ruangan luas.

Di salah satu sudut rumah terlihat adanya taman dan kolam ikan. Tak hanya sebagai elemen estetika dan penyejuk mata, kehadiran kolam dan taman mampu meneruskan asupan udara dan cahaya alami, sekaligus menurunkan suhu ruangan.

Di depan taman dan kolam ditempatkan kitchen set berkonsep modern minimalis dilengkapi dengan meja island. Area ini terlihat menarik lewat padu padan unsur kayu pada ceiling dan warna hitam putih sebagai finishing furniturnya. Juga, penggunaan ubin motif etnik yang makin membuat dapur nampak eye catching.

Desain bangunan butik dan rumah tinggal ini mampu memberikan inspirasi tentang desain tropis modern yang jauh dari kesan monoton. Tidak hanya dalam hal perletakan dan pengolahan massa bangunan, namun juga dalam hal sentuhan estetika sehingga menjadikan tampilannya berbeda.

Lihat selengkapnya foto hasil project Desain rumah tropis modern ini atau lihat proses mural dindingnya dibawha ini.

 

Sumber : Majalah Rumahku

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.