Omahalit

7 Ide Desain Wall Moulding Estetik Untuk Rumah Impian Anda

OMAHALIT.COMAda banyak cara untuk mendekorasi dinding rumah, salah satunya adalah dengan cara menggunakan wall moulding. Istilah wall moulding sendiri pada dasarnya merujuk pada teknik dekorasi dinding rumah menggunakan cetakan yang membentuk suatu desain tertentu dan sifatnya menonjol dari dinding yang ada.

Biasanya wall moulding dibuat dari gypsum ataupun kayu. Teknik ini dinilai sebagai teknik pembuatan dekorasi dinding yang sangat mudah dan paling minimalis untuk membuat interior terlihat menawan dan estetik.

Penasaran seperti apa ide-ide dan inspirasi penerapan dan variasi desain wall moulding estetik? Simak inspirasinya desain berikut ini!

Inspirasi Wall Moulding Estetik

1. Desain Wall Moulding Klasik

Desain Wall Moulding Klasik
COntoh Desain Wall Moulding Klasik – via dekoruma

Wall moulding klasik dan banyak dipilih orang adalah aplikasi desain bingkai kayu seperti gambar diatas. Bentuknya persegi panjang dalam berbagai ukuran yang disusun secara simetris pada dinding. Biasanya warna wall moulding ikut disamakan dengan warna cat dinding sehingga teksturnya tampil natural. Desain ini tidak akan pernah salah untuk diaplikasikan dengan gaya interior apapun.

BACA JUGA: 5 Ide Desain Kamar Mandi Ukuran 1×1 yang Aesthetic

2. Wall Moulding Kombinasikan dengan Cermin

Kombinasikan dengan Cermin
Contoh Wall Moulding Kombinasikan dengan Cermin – via dekoruma

Wall moulding selanjutnya ini tidak melulu tampil polos. Agar terlihat variatif, Anda bisa kombinasikan dengan kaca cermin. Pada ide desain kali ini, cetakan pada dinding dibuat dalam susunan persegi ukuran kecil. Lalu bagian tengahnya diisi dengan cermin. Selain kelihatan lebih modern, fungsi aksen cermin ini mampu menciptakan ilusi ruangan yang lapang.

BACA JUGA: 10 Inspirasi Desain Kamar Mandi Estetik dan Minimalis 2022

3. Wall Moulding dengan Desain Bagai Pagar Setengah Dinding

Wall Moulding dengan desain Bagai Pagar Setengah Dinding
Contoh Wall Moulding dengan desain Bagai Pagar Setengah Dinding – via dekoruma

Jika Anda punya hunian mungil dan mengaplikasikan dinding dengan wall moulding secara ugal-ugalan bisa jadi malah membuat ruangan terlihat sempit. Untuk itu sebaiknya Anda pemilik rumah mungil bisa ikuti desain yang menyerupai pagar setengah dinding seperti di atas. Tepatnya di dinding bagian bawah saja yang dibuat wall moulding. Buatlah cetakan garis-garis vertikal sebagai pagarnya, lalu tambahkan pembatas yang lebih tebal atau besar sebagai bingkai antara lantai dan dinding atas.

BACA JUGA: Ide Pilihan Lantai Kamar Mandi Motif Kayu 2022

4. Wall Moulding dengan Cat Warna Berbeda

Wall Moulding dengan Cat Warna yang Beda
Contoh Wall Moulding dengan Cat Warna yang Beda – via dekoruma

Desain wall moulding ini mungkin saja sangat sederhana, tapi cukup sukses membuat ruangan khususnya ruang keluarga jadi lebih menawan. Hal ini disebabkan bidang dinding yang menggunakan dinding diberi cat warna yang kontras dengan dinding dan furnitur di sekitar ruangan. Misalnya saja warnanya hijau pastel khas gaya Japandi. Sangat atraktif jika dijadikan backdrop TV panel sekaligus focal point ruang keluarga rumah Anda.

BACA JUGA: Wabi-sabi, Konsep Desain Interior Jepang yang Semakin Popular

5. Kamar Tidur Mewah dengan Wall Moulding

Wall Moulding Kamar Tidur Mewah
Contoh Wall Moulding Kamar Tidur Mewah – via dekoruma

Nggak ada salahnya jika kamar tidur dihiasi dengan wall moulding. Justu ini akan terlihat lebih menawan. Caranya simpel, desain wall mouldingnya dibuat seakan mengapit headboard ranjang. Lalu, bagian cetakan yang menonjol itu diberi cat warna keemasan. Trik ini sukses dan sangat ampuh menampilkan kemewahan serta menonjolkan desain cetakan dinding itu sendiri didalam kamar. Dan supaya kelihatan mewah sempurna, Anda bisa gunakan perlengkapan tidur dengan nuansa emas pula.

BACA JUGA: Desain Plafon Minimalis Ruang Tamu yang Estetik

6. Wall Moulding Penegas Bingkai Foto

Sebagai Penegas Bingkai Foto
Contoh Wall Moulding Sebagai Penegas Bingkai Foto – via dekoruma

Ternyata wall moulding  bisa membuat ruangan super mungil jadi lebih luxury. Caranya sangat simpel, cukup ukuran cetakannya dibikin sangat tipis, dan hanya aplikasikan pada dinding bagian atas saja. Jangan lupa untuk masing-masing bingkai cetakan dinding ini dilengkapi atau diisi dengan bingkai foto di dalamnya. Ini bisa menjadi ide desain untuk galeri seni atau sekedar memajang lukisan favorit Anda.

BACA JUGA: Desain Interior Rumah Mewah ala Korea untuk Gaya Rumah Modern

7. Wall Moulding Kombinasi 2 Warna

Wall Moulding dengan Kombinasi Warna
Contoh Wall Moulding dengan Kombinasi Warna – via dekoruma

Membuat wall moulding itu bisa banget menggunakan kombinasi 2 warna. Tetapi bukan pada moulding-nya, hanya saja terletak pada warna dasar dinding. Wall moulding dibuat menyerupai bingkai persegi panjang ketas pada dinding bagian kanan dan kiri.

BACA JUGA: 11 Inspirasi Sofa Ruang Tamu Minimalis

Dan misal warna dinding tersebut putih, sedangkan dinding di bagian tengah yang kosong diberi warna taupe. Area dinding yang kosong ini tidak perlu diberi tambahan dekorasi lagi karena sudah cukup menarik perhatian mata yang memandangnya.

Demikian ide desain wall moulding yang dapat Anda terapkan di interior hunian masing-masing. Semoga bisa menambah inspirasi untuk mempercantik dan membuat menawan interior hunian impian Anda.

Jika Anda masih bingung tentang desain yang tepat mengenai rumah impian Anda, jangan segan untuk langsung berkonsultasi dengan menghubungi tim omahalit saja.

Promo jasa bikin interior
   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow