Omahalit

Wabi-sabi, Konsep Desain Interior Jepang yang Semakin Popular

OMAHALIT.COMAda beberapa pilihan gaya dekorasi rumah yang bisa Anda terapkan seperti Japandi, Skandinavia, dan terbaru ialah “Wabi-sabi”. Gaya=gaya tersebut sangat unik untuk menciptakan dekorasi rumah yang tak biasa.

Salah satu inspirasi desain interior yang berasal Jepang ini semakin digandrungi karena mengakomodasi kepraktisan, kesederhanaan, dan tidak terlalu teratur.

“Wabi-sabi” merupakan istilah Jepang yang pada dasarnya memiliki arti “menemukan keindahan dalam ketidaksempurnaan”.

Dalam konteks desain interior dan dekorasi rumah, desain wabi-sabi ini merupakan desain rumah yang mencakup keaslian, menemukan nilai hidup, serta menemukan kedamaian dan ketenangan secara keseluruhan menggunakan kesederhanaan.

BACA JUGA: Desain Plafon Minimalis Ruang Tamu yang Estetik

Desain interior wabi-sabi mungkin memberikan fokus pada material alami, ruang yang sederhana dan tidak berantakan, dan rasa tenang dan kedamaian. Hal ini juga mungkin akan mencakup elemen yang menunjukkan berlalunya waktu, seperti patina pada permukaan logam atau tanda-tanda penggunaan pada kayu.

Dalam interior yang terinspirasi wabi-sabi, fokusnya adalah pada penciptaan ruang yang terasa autentik dan tidak sombong, bukan sempurna terpolish atau terkoordinir. Karena itu, mungkin akan mencakup campuran barang lama dan baru, serta barang handmade atau satu-satunya di dunia.

Untuk menciptakan interior wabi-sabi, Anda mungkin ingin mengintegrasikan material alami seperti kayu, batu, dan tanah liat, dan menggunakan palet warna minimal dari tonalitas bumi. Anda juga mungkin akan mencari barang-barang yang memiliki sejarah atau karakter, seperti furnishings kuno atau barang-barang yang telah diubah guna atau diupcycle.

BACA JUGA: 9 Ide Kamar Aesthetic Ala Korea yang Cantik untuk Kamar Idamanmu

Juga penting untuk memperhatikan perasaan keseluruhan ruang dan berusaha untuk meraih keseimbangan dan keselarasan. Ini mungkin melibatkan penciptaan tata letak yang sederhana dan tidak berantakan, mengintegrasikan tanaman atau elemen alami lainnya, dan menggunakan pencahayaan untuk menciptakan suasana yang tenang.

Dan berikut ini beberapa tips untuk mengintegrasikan prinsip wabi-sabi ke dalam desain interior Anda:

Letakan Barang Nostalgia: Daripada berusaha menyingkirkan lebih baik barang yang mempunyai kenangan bisa dimasukan disini. Ini mungkin berarti mencakup barang-barang yang menunjukkan tanda-tanda penggunaan atau usia, atau memilih material yang memiliki kualitas alami dan kasar.

Gunakan material alami: Carilah material yang alami, autentik, dan tidak diproses. Ini mungkin termasuk kayu, batu, tanah liat, dan material lain yang memiliki sejarah dan karakter.

Buat ruang yang sederhana dan tidak berantakan: Usahakan tata letak yang sederhana dan tidak berantakan, dengan banyak ruang terbuka dan jumlah minimal barang yang ditampilkan. Ini dapat membantu menciptakan rasa tenang dan kedamaian.

BACA JUGA: 7 Tips Menata Kamar Untuk Penggemar Kpop

Masukkan tanaman dan elemen alami lainnya: Bawa alam di dalam dengan mengintegrasikan tanaman atau elemen alami lainnya ke dalam desain Anda. Ini dapat membantu menciptakan keseimbangan dan keselarasan.

Gunakan palet warna minimal: Pilih palet warna tonalitas bumi dan warna netral untuk menciptakan suasana yang tenang. Hindari menggunakan terlalu banyak warna tegas atau terang, yang dapat menjadi overwhelming.

Fokus pada perasaan keseluruhan ruang: Daripada khawatir tentang mencocokkan setiap detail dengan sempurna, fokuslah pada penciptaan ruang yang terasa autentik dan ramah. Ini mungkin melibatkan penggabungan barang lama dan baru, serta barang handmade atau satu-satunya di dunia.

Kalau Anda ingin konsultasi soal arsitektur maupun interior untuk hunian yang menarik dan estetik, silahkan hubungi tim omahalit saja.

   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow