Tips dan Cara Merawat Furnitur Berbahan Kayu Agar Awet Sampai Anak Cucu

Tips dan Cara Merawat Furnitur Berbahan Kayu Agar Awet Sampai Anak Cucu

OMAHALIT.COM – Material kayu memang salah satu bahan yang menjadi pilihan favorit banyak orang dalam memilih furnitur untuk rumah mereka. Namun, merawat material seperti kayu ini tentu saja tidak semudah merawat furniture dari bahan plastik.

Lebih repot lagi kalau Anda punya mebel kayu peninggalan kakek buyut yang sudah menjadi barang antik di rumah namun Anda harus serius menjaganyadengan baik agar bertahan selama beberapa generasi berikutnya.

Jika tidak ditangani dengan tepat dan benar, maka resiko terkena jamur, retak, hingga dimakan rayap dan akhirnya lapuk dapat terjadi pada furniture kayu Anda.

Tahukah kamu solusi untuk merawat furnitur kayu yang baik ? Nah, Berikut ini tips dan solusi untuk merawat furnitur berbahan kayu yang bisa kamu lakukan dengan mudah setiap hari.

1. Hindari sinar matahari langsung

Furnitur berbahan kayu memiliki kelembapan di dalamnya. Jika Anda menyimpan furnitur jenis ini di bawah sinar matahari secara langsung, maka akan menguapkan kelembapannya dan bisa terbentuk retakan atau pecah di beberapa bagian.

Selain itu kosentrasi warnanya juga bisa pudar. Perlu diperhatikan juga, Anda juga tidak boleh menempatkan furnitur terutama meja-kursi kayu terlalu dekat dengan perapian jika di rumahmu ada perapian atau dekat jendela yang sinar matahari bisa langsung masuk.

BACA JUGA: Ragam Pilihan Material Kitchen Set Untuk Dapur Barumu Agar Tampil Lebih Kece

Jika Anda tinggal di daerah yang terlalu lembab juga tidak baik untuk perabotan berbahan kayu.Sebab, udara lembab juga dapat memancing berkembangbiaknya jamur atau serangga yang berbahaya bagi kayu.

2. Pakailah Pelapis Kayu

Cara ini adalah salah satu solusi terpenting yang bisa harus dipraktekan untuk merawat furnitur kayu yang Anda miliki. Pelapis kayu lembut dengan kualitas unggul dapat mencegah furnitur kayumu rusak. Caranya cukup mudah, tinggal oleskan pelapis kayu dengan tipis secara langsung dan tunggu selama 30 menit. Gosok dengan sikat lembut. Lakukan lagi setelah 60 menit atau lebih untuk mendapatkan kilau itu.

3. Jangan Sampai Terendam Air

Terkadang kita ingin membersihkan furtinur semacam meja. Kursi maupun dipan dengan cara mencucinya. Namun perlu Anda perhatikan adalah jangan sampai furnitur tersebut terendam air, sebab terendam air dapat merusak permukaan furniturmu.

Sebaiknya lakukan dengan cara ambil air hangat dan sabun cuci piring untuk membersihkan furnitur.  Kemudian gunakan sikat gigi / kuas cat untuk area yang rumit, bisa juga gunakan kuas lukis sebagai pengganti kuas cat. Kamudian sebagai finishing, ambillah kain lembab yang lembut untuk sentuhan akhir.

4. Hindari Menaruh Makanan dan Minuman Tanpa Tatakan

Intinya, bila ingin menyajikan minuman dan makanan jangan langsung diletakkan ke meja berbahan kayu milik Anda. Maksudnya meski makanan dan menuman tersebut sudah disajikan di piring atau gelas, haruslah disertai Tatakan atau Alas diatas meja. Bekas iritasi dari makanan dan minuman akan terlalu membandel dan untuk dihilangkan.

5. Sering Bersihkan dari Kotoran dan Debu

Meski sepele, ternyata kotoran kecil dan debu tipis dapat membuat furniturmu terasa “gatal”. Oleh sebab itu, Anda harus ekstrasering membersihkan furnitur kayu dari kedua hal terebut. Jika dirumah Anda memiliki furnitur yang berlapis kain, sedot debu minimal setiap minggu sekali, bersihkan debu yang tersembunyi dan ganti sarung bantal secara teratur ya.

BACA JUGA: Mengonsep Hunian Minimalis Untuk Pasangan Baru Menikah

Oh iya, ketika dalam membersihkan furniture kayu milik Anda sebaiknya semprotkan juga cairan pledge (cairan pelapis) furniture secukupnya pada permukaan furniture kayu, lalu lap dengan kain dan biarkan hingga kering. Cara ini sangat efektif untuk meminimalisir kerusakan pada kayu dan membuat kayu dapat dibersihkan untuk selanjutnya. Cairan Pledge ini bisa Anda dapatkan di toko material atau toko furniture atau supermarket.

6. Manfaatkan Sisa Teh Sebagai Pembersih

Sisa teh yang kita konsumsi ternyata memiliki banyak kegunaan lain, salah satunya sebagai pembersih untuk perabot kayu. Untuk hasil warna dan kilau yang maksimal, celupkan kain lembut dalam seduhan teh hitam, peras kain, baru kemudian usapkan pada furniture kayu untuk membersihkannya dan biarkan hingga mengering.

Demikian tips dan cara merawat Furnitur berbahan Kayu yang bisa Anda praktekan dirumah. Semoga bermanfaat dan bila Rekan Alit ingin membuat kitchen set dan furnitur kayu lainnya, silahkan konsultasikan dengan tim Omahalit saja!

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.