Tips Menata Ruang Baca Lebih Nyaman dan Efektif

Tips Menata Ruang Baca Lebih Nyaman dan Efektif

reading room

Photo source: Google

Buku adalah jendela dunia. Kalimat itu pasti sangat familiar ditelinga kita, bukan? Namun agar dapat menikmati setiap momen membaca, tidak hanya buku yang bagus saja yang kita butuhkan, melainkan juga ruang membaca yang nyaman. Tidak hanya nyaman, ruang baca dengan penataan dan pencahayaan yang tepat juga mampu membuat kita lebih betah menikmati tiap buku yang kita baca. Jika rencana mengatur ulang dekorasi ruang baca anda yang membawa Rekan alit mampir kesini, yuk simak beberapa tips yang bisa jadi jawaban bagi anda.

1. Pilihlah rak buku yang sesuai dan tepat

Rak buku bisa dibilang merupakan sebuah elemen utama dalam sebuah ruang baca. Tanpa keberadaan rak buku didalamnya, ruang baca tidak lagi memiliki fungsi yang spesifik. Untuk mendekor ulang ruang baca dirumah, rak buku built in yang menyatu dengan dinding bisa jadi pilihan yang tepat. Kalau Rekan alit termasuk tipe pemilik rumah yang gemar merubah gaya interior dan mendekor ulang, pilihlah rak buku dengan gaya simple dan klasik. Rak buku jenis ini memiliki model yang cukup sederhana sehingga cocok dengan gaya interior kebanyakan.

2. Jendela yang menghadap keluar rumah

Sebuah jendela yang menghadap keluar rumah didalam ruang baca pasti akan menarik. Apalagi jika jendela tersebut memiliki bentuk menjorok keluar rumah. Anda bisa menambahkan beberapa bantal sofa dan memanfaatkan ruang pada dinding jendela tersebut sebagai tempat duduk. Keberadaan jendela pada ruang baca juga memberi keuntungan pada pencahayaan. Disiang hari, cahaya matahari akan masuk dan memudahkan aktifitas membaca anda tanpa harus menyalakan lampu. Meskipun begitu, Jendela yang berhadapan langsung dengan matahari akan membuat ruang baca terlalu silau. Jadi tak ada salahnya memasang tirai yang cocok dan sesuai pada jendela untuk mensiasatinya.

3. Lengkapi ruang baca dengan meja baca dan kursi yang nyaman

Meskipun tidak semua orang akan betah membaca diatas meja, keberadaan meja baca diruang baca tidak bisa dilewatkan. Pasalnya, ruang baca tidak melulu hanya digunakan untuk membaca buku atau majalah saja. Anda juga bisa menggunakannya untuk bekerja dan sebagai tempat belajar anak-anak. Sebuah meja dan kursi dengan material utama kayu dan model sederhana akan mudah disatukan dengan gaya interior apapun. Selain itu anda juga bisa memilih sebuah sofa yang empuk dan nyaman yang bisa anda letakkan membelakangi jendela agar cahaya matahari tepat menyinari bacaan anda.

4. Pilihlah warna dinding yang menenangkan

Meskipun sepele, warna dinding rupanya punya peran besar dalam membangun kesan dan suasana sebuah ruangan. Jika Rekan alit penyuka warna-warna gelap, sepertinya penggunaan warna-warna gelap tidak dianjurkan pada ruang baca. Pilihlah warna dinding yang memberi kesan hangat serta mampu memberi kesan nyaman, rileks namun meningkatkan konsentrasi. Warna-warna kayu, kuning, putih dan warna-warna menenangkan lainnya bisa jadi opsi yang bisa anda pilih.

5.Pencahayaan yang tepat tidak boleh dilewatkan

Meskipun ruang baca anda sudah dilengkapi dengan jendela, namun tetap saja pada malam hari anda membutuhkan lampu sebagai penerangan. Selain lampu ruangan sebagai penerangan utama, anda bisa meletakkan meja kecil dengan lampu baca diatasnya yg bisa diarahkan dengan mudah. Letakkan meja ini didekat sofa, atau anda bisa meletakkan lampu tersebut diatas meja baca anda.

Tidak hanya kelima tips tadi, anda juga bisa lebih mengeksplor ruang baca anda dengan bermain warna untuk furnitur agar ruang baca anda lebih menarik dan hidup. Misalnya dengan mengaplikasikan warna netral pada dinding dan menggunakan warna-warna berani seperti merah untuk sofa dan karpet. Atau anda juga bisa mencoba bermain warna pada rak buku, yaitu dengan menata koleksi buku anda sesuai dengan warna pada  covernya.  Demikian tips untuk ruang baca agar lebih efektif dan nyaman dari Omahalit, semoga bermanfaat.

 

OMAHALIT
Architecture & Interior Design Consultant
Jl.Tondano 969
Kel.Poncol- Pekalongan
INDONESIA
Telp. & Whats App +6285104885333

 

Share post:

Comments ( 2 )

Leave A Comment

Your email is safe with us.