Tips Desain Interior Perpustakaan Pribadi

Tips Desain Interior Perpustakaan Pribadi

Desain interior perpustakaan pribadi mulai dilirik lagi, meski sudah memasuki jaman cyberdata, namun buku tetap masih punya peranan penting sebagai sumber pengetahuan dan informasi. Karena buku dan kegemaran membaca buku pula yang membuat orang memerlukan diri memiliki tempat khusus untuk menyimpan dan ‘menikmati’ buku yaitu perpustakaan.

Perpustakaan yang ditata apik dalam rumah Anda

Adanya desain interior perpustakaan pribadi di dalam rumah merupakan nilai plus bagi rumah Anda. Setidaknya akan mampu memotivasi keluarga untuk memiliki apresiasi terhadap buku yang kemudian akan diikuti dengan kegiatan membaca. Perpustakaan juga dapat menciptakan suasana gemar belajar bagi anggota keluarga.Namun, tak banyak orang yang mengetahui bagaimana membuat sekaligus menata ruang menjadi perpustakaan yang nyaman, tak berjarak dengan ruang lainnya, dan tentunya memiliki unsur estetika. Tak heran bila di setiap rumah masih kerap ditemui tumpukan buku yang memenuhi kamar.

Perpustakaan di dalam rumah memang masih jarang ditemui di Indonesia, namun di kota besar yang mulai mengerti arti pentingnya membaca mulai banyak mendirikan perpustakaan mini di dalam rumahnya, membangun perpustakaan pribadi bukanlah hal yang sulit, berikut ini tips membuat perpustakaan pribadi dalam rumah Anda.

Nah, untuk menghindari masalah di atas, berikut tips untuk membangun serta menciptakan suasana nyaman, perpustakaan pribadi di dalam rumah Anda :

1. Posisi perpustakaan pribadi
Bagi Anda yang senang berbagi koleksi bukunya dengan tamu akan memilih lokasi yang dekat dengan ruang tamu, sementara mereka yang cenderung lebih menyukai privasi akan memilih perpustakaan yang dekat dengan kamar tidur utama.

2. Jauh dari kamar mandi
Udara lembab yang berasal dari kamar mandi sebaiknya dihindari. Udara lembab dapat merusak buku dan menyebabkan buku lapuk.

3. Hindari sinar matahari langsung
Perpustakaan sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari langsung dapat membuat halaman buku menjadi kuning dan rusak.

4.Sirkulasi udara
Untuk mencegah udara dalam perpustakaan menjadi lembab maka sirkulasi udara masuk dan keluar dalam perpustakaan harus diperhatikan. Posisi jendela dan penggunaan AC (air conditioner) dapat membantu mengurangi kelembaban dan mengatur sirkulasi udara dalam perpustakaan.

5. Awasi dari rayap dan hama
Gunakan obat anti rayap pada rak kayu dan jangan biarkan ruang kosong antar buku. Hal ini untuk menghindari rayap dan tikus atau hama lain yang dapat bersembunyi di perpustakaan Anda.

6.Bersihkan dari debu
Selalu rutin bersihkan perpustakaan pribadi Anda dari debu, dengan kemoceng ataupun vacuum cleaner.

Teknisnya :

  1. Buatlah lemari buku yang terdiri dari beberapa kolom, hal ini dimaksudkan agar tiap kolom dapat diisi dengan tema buku yang berbeda dan agar memudahkan untuk mencari buku yang sedang Anda cari, misal di satu kolom Anda mengisi buku-buku bertemakan agama, bisnis, buku kesehatan dan lain-lain menurut kebutuhan Anda.
  2. Sebelum membuat perpustakaan pilihlah lokasi dari rumah Anda yang paling jauh dari suara berisik, carilah titik dimana Anda tidak akan mndengar suara mesin kendaraan yang lewat di depan rumah atau suara anak-anak yang sedang bermain karena hal itu akan mengganggu Anda saat membaca.
  3. Aturlah cahaya agar tidak terlalu redup dimana cahaya sebaiknya dibelakang posisi kepala Anda, jangan menempatkan lampu berlawanan dengan arah mata Anda membaca agar Anda tidak silau saat membaca.
  4. Buatlah satu spot khusus untuk buku yang telah Anda beli namun belum sempat Anda baca, hal ini akan mengingatkan Anda untuk membaca buku tersebut.

 

Kebiasan dan budaya membaca sebaiknya dibiasakan sejak dari dini. Seyogyanya perpustakaan pribadi di rumah bisa menjadi langkah awal dalam membiasakan membaca bagi anak-anak dan menambah motivasi kita sebagai orang tua untuk terus mencari ilmu dari buku-buku. Jadi waktunya memulai untuk merealisasikan perpustakaan pribadi Anda. Omah Alit siap menjadi jasa yang memenuhi impian desain interior perpustakaan yang Anda inginkan. Rumah yg sempit  dan kecil bukanlah alasan untuk tidak merealisasikan ini. Kalau ada niat pasti bisa. Selamat mencoba!

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.