Tips Desain Interior – Pencahayaan Ruang Agar Hunian Terasa Lebih Nyaman

Tips Desain Interior – Pencahayaan Ruang Agar Hunian Terasa Lebih Nyaman

Pemanfaatan lampu sebagai sumber penerangan hunian juga penting untuk diperhatikan. Cahaya lampu tidak hanya sekadar dimanfaatkan untuk membuat ruangan menjadi terang, tetapi juga memperhatikan beberapa faktor lain, diantaranya estetika dan kenyamanan suasana hunian. Selain lampu, ada juga sumber pencahayaan lain seperti sinar matahari. Supaya lebih jelas, berikut Jasa desain interior Semarang Omahalit rangkumkan beberapa tips pencahayaan ruang agar hunian terasa lebih nyaman.

1. Jenis Hunian Memengaruhi Pemilihan Lampu

Tips pertama adalah, perhatikan jenis hunian Anda. Apakah cocok menggunakan lampu model minimalis, atau membutuhkan model lampu yang cenderung lebih glamor dan elegan seperti lampu gantung misalnya. Kesesuaian antara jenis lampu dengan jenis hunian akan menambah kenyamanan suasananya.

2. Sesuaikan Lampu Dengan Jenis Furniture

Untuk menciptakan kesan keindahan, Anda bisa menggunakan lampu yang sesuai dengan jenis furniture. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap meningkatnya nilai estetika ruangan. Hindari pencahayaan dengan warna kuning pada furniture yang terbuat dari bahan besi atau tembaga, karena dapat menimbulkan efek silau dan tidak nyaman. Lampu warna kuning akan lebih cocok jika digunakan bersama dengan jenis furniture kayu.

3. Perhatikan Fungsi Desain Interior Ruangan Pada Hunian

Tingkat pencahayaan yang dibutuhkan untuk setiap ruangan tentunya berbeda-beda. Ketika ruangan berukuran lebih besar, maka bisa jadi kebutuhan pencahayaannya pun lebih besar. Contohnya, kita tidak bisa menyamakan penggunaan jenis lampu untuk ruang tamu dengan kamar mandi bukan? Karena fungsi ruangannya pun sudah jelas berbeda.

4. Memanfaatkan Cahaya Alami Sesuai Dengan Iklimnya

Tips pencahayaan ruang agar hunian terasa lebih nyaman yang terakhir yaitu memanfaatkan cahaya alami sesuai dengan iklimnya. Indonesia memiliki iklim tropis, maka tersedia pencahayaan yang baik dari sinar matahari pada pagi dan siang hari. Pencahayaan buatan dari cahaya lampu biasanya hanya dimanfaatkan ketika sore dan malam hari. Untuk lebih lanjut, Anda bisa menghubungi jasa desain interior atau jasa arsitek untuk berkonsultasi.

Pentingnya menata pencahayaan ruang pada hunian tidak bisa dipandang sebelah mata. Begitu pula dengan fungsi cahaya lampu. Tidak hanya sekadar digunakan untuk membuat ruangan menjadi terang, tetapi pencahayaan ruang pada hunian yang berasal dari lampu juga dimanfaatkan sebagai pendukung faktor kenyamanan. Jika Anda sedang mempersiapkan hunian impian dan membutuhkan jasa arsitek atau jasa desain interior, maka Anda bisa menghubungi Omahalit. Sebagai salah satu penyedia jasa arsitek Semarang, Omahalit akan membantu Anda membuat hunian super nyaman dan sesuai dengan kebutuhan.

Lihat galeri portofolio kami di Instagram @omahalit

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.