Omahalit

Kelebihan dan Kekurangan Kanopi Polycarbonate

OMAHALIT.COMKanopi polycarbonate adalah struktur yang terbuat dari bahan polycarbonate, yang merupakan jenis plastik yang tahan terhadap kerusakan dan tahan panas. Kanopi polycarbonate sering digunakan sebagai penutup atap untuk melindungi dari hujan dan sinar matahari.

Keuntungan dari menggunakan kanopi polycarbonate adalah bahwa ia sangat ringan, mudah dipasang, dan tahan lama. Selain itu, kanopi polycarbonate juga dapat mengontrol suhu dan cahaya yang masuk ke dalam ruangan, sehingga membuat suhu di dalam ruangan lebih nyaman. Jika Anda mempertimbangkan untuk memasang kanopi polycarbonate di rumah atau tempat bisnis Anda, sebaiknya Anda mempertimbangkan kebutuhan Anda terlebih dahulu dan meminta saran dari ahli untuk mendapatkan solusi terbaik.

Kelebihan Kanopi Polycarbonate

Ada beberapa kelebihan dari kanopi polycarbonate, yaitu:

  1. Ringan: Kanopi polycarbonate sangat ringan sehingga mudah dipasang dan tidak terlalu berat untuk struktur atap.
  2. Tahan lama: Kanopi polycarbonate tahan terhadap kerusakan dan tahan panas, sehingga lebih tahan lama dibandingkan dengan kanopi yang terbuat dari bahan lain.
  3. Mudah dipasang: Kanopi polycarbonate mudah dipasang dan tidak membutuhkan waktu yang lama.
  4. Mampu mengontrol suhu dan cahaya: Kanopi polycarbonate dapat mengontrol suhu dan cahaya yang masuk ke dalam ruangan, sehingga membuat suhu di dalam ruangan lebih nyaman.
  5. Transparan: Kanopi polycarbonate transparan sehingga dapat membiarkan cahaya masuk ke dalam ruangan, sementara menjaga Anda terlindungi dari hujan dan sinar matahari.
  6. Harga yang terjangkau: Kanopi polycarbonate memiliki harga yang terjangkau dibandingkan dengan kanopi yang terbuat dari bahan lain.

BACA JUGA: 4 Ide Menata Ruang Tamu Bergaya Vintage yang Mewah dan Klasik

Kekurangan Kanopi Polycarbonate

Dan inilah beberapa kekurangan dari kanopi polycarbonate yang mesti Anda tahu, yaitu:

  1. Tidak tahan terhadap benda tajam: Kanopi polycarbonate cenderung lebih rapuh dibandingkan dengan kanopi yang terbuat dari bahan lain, sehingga mudah tergores oleh benda tajam.
  2. Tidak tahan terhadap api: Kanopi polycarbonate mudah terbakar dan tidak tahan terhadap api, sehingga tidak cocok untuk digunakan di area dengan resiko kebakaran yang tinggi.
  3. Kekuatan yang lebih rendah: Kanopi polycarbonate memiliki kekuatan yang lebih rendah dibandingkan dengan kanopi yang terbuat dari bahan lain, sehingga tidak cocok untuk digunakan di daerah dengan cuaca ekstrim.
  4. Dapat membuat suara: Kanopi polycarbonate dapat membuat suara saat hujan atau angin kencang, sehingga tidak cocok untuk digunakan di area dengan tingkat kebisingan yang tinggi.
  5. Perlu perawatan: Kanopi polycarbonate perlu perawatan teratur untuk memastikan bahwa ia tetap dalam kondisi yang baik dan tahan lama.
  6. Dapat terkikis: Kanopi polycarbonate dapat terkikis dengan mudah jika terkena benda tajam atau gesekan terus-menerus, sehingga perlu diperhatikan saat pemasangan dan penggunaan.

BACA JUGA: 5 Referensi Keramik Tangga Anti Licin yang Cantik

Perbedaan Kanopi Polycarbonate Denagn Kanopi Fiber

Memilih antara kanopi polycarbonate dan kanopi fiber tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Berikut adalah beberapa perbedaan antara kanopi polycarbonate dan kanopi fiber :

1. Kekuatan

Kanopi fiber lebih kuat dibandingkan dengan kanopi polycarbonate. Kanopi fiber tahan terhadap cuaca ekstrim dan tidak mudah rusak, sementara kanopi polycarbonate cenderung lebih rapuh dan tidak tahan terhadap benda tajam.

2. Tahan terhadap api

Kanopi fiber lebih tahan terhadap api dibandingkan dengan kanopi polycarbonate. Jika Anda tinggal di daerah dengan resiko kebakaran yang tinggi, maka kanopi fiber mungkin merupakan pilihan yang lebih aman.

3. Berat

Kanopi fiber lebih berat dibandingkan dengan kanopi polycarbonate. Jika Anda memiliki struktur atap yang lemah, maka kanopi polycarbonate mungkin merupakan pilihan yang lebih baik karena lebih ringan.

4. Transparansi

Kanopi polycarbonate lebih transparan dibandingkan dengan kanopi fiber. Jika Anda menginginkan kanopi yang lebih transparan, maka kanopi polycarbonate mungkin merupakan pilihan yang lebih tepat.

5. Harga

Kanopi fiber umumnya lebih mahal dibandingkan dengan kanopi polycarbonate. Jika Anda memiliki anggaran yang terbatas, maka kanopi polycarbonate mungkin merupakan pilihan yang lebih murah.

BACA JUGA: Mengenal Ciri Desain Gaya Japandi dan Kelebihannya yang Kian Populer

Jadi, pilihan terbaik antara kanopi polycarbonate dan kanopi fiber tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Sebaiknya pertimbangkan faktor-faktor tersebut dan berkonsultasi dengan ahli sebelum membuat keputusan.

Kalau Anda ingin konsultasi soal arsitektur maupun interior untuk hunian yang menarik dan estetik, silahkan hubungi tim omahalit saja.

Promo jasa bikin interior
   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow