Omahalit

5 Jenis Atap Kanopi Paling Populer dan Kisaran Harganya

OMAHALIT.COMKeberadaan kanopi pada zaman ini memang sangat dibutuhkan, utamanya bagi mereka yang ingin memberikan perlindungan tambahan atas panas dan hujan untuk teras rumah. Selain itu, pemasangan kanopi juga mampu menambah nilai estetika dari sebuah bangunan itu sendiri lho.

Seringnya orang memasang kanopi diperuntukan garasi, parkir mobil atau motor, tempat bermain dan masih banyak lagi.

Material Kanopi Populer

Apakah Anda sedang ingin mempercantik rumah dengan menambahkan kanopi di atas teras atau bagian luar rumah? Sebagai referensi untuk Anda berikut ini beberapa jenis atap kanopi yang populer di Indonesia beserta kisaran harganya yang bisa dijadikan pilihan.

Kanopi Polycarbonate

Kanopi Minimalis Atap Solite Polycarbonate
Kanopi Minimalis Atap Solite Polycarbonate

Jika Anda menginginkan kanopi transparan namun dengan harga yang lebih terjangkau, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih kanopi berbahan polycarbonate.

Material ini tidak sebening kaca, namun atap polycarbonate untuk kanopi masih bisa menjadi alternatif lain untuk Anda yang menginginkan cahaya matahari masuk namun tidak seintens pada kanopi kaca.

BACA JUGA: 9 Ide Kamar Aesthetic Ala Korea yang Cantik untuk Kamar Idamanmu

Tidak seperti kaca, Kanopi polycarbonate bersifat lebih fleksibel serta dapat mengikuti bentuk desain rangka kanopi. Cocok dipasang pada area dengan lengkungan atau bentuk yang tidak wajar.

Kanopi polycarbonate ini di pasaran harganya berkisar mulai dari Rp120an ribu hingga yang termahal bisa mencapai Rp2 jutaan.

Kanopi Zincalume

Kanopi Minimalis Atap Zincalume
Kanopi Minimalis Atap Zincalume

Selanjutnya ada jenis kanopi yang terbuat dari gabungan material seng, aluminum, dan silikon untuk atapnya, seringnya disebut atap zincalume. Bahan yang satu ini tidak transparan melainkan memantulkan panas.

Tipikal bahan kanopi jenis ini cenderung lebih tipis sehingga diperlukan kehati-hatian dalam proses pemasangan karena jika salah bisa berakibat bengkok atau penyok.

BACA JUGA: 5 Ide Desain Kamar Monokrom yang Sederhana Namun Elegan Dan Mewah

Kanopi berbahan zincalume memiliki lapisan resin sehingga tampilannya lebih halus dan bersih. Cocok untuk yang memiliki rumah di daerah pantai. Selain itu, jika dibandingkan material kanopi berbahan polycarbonate atau kaca, harga zincalume lebih terjangkau. Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp60an ribu hingga Rp600an ribu.

Kanopi Solartuff

Kanopi Minimalis Atap Solartuff
Kanopi Minimalis Atap Solartuff

Jenis kanopi selanjutnya ialah kanopi solartuff. Hampir sama modelnya dengan kanopi berbahan kaca, kanopi solartuff ini juga transparan sehingga dapat meneruskan cahaya matahari kebawah.

Tetapi uniknya, kanopi ini dilapisi pelindung UV sehingga area yang ada di bawahnya tidak merasakan panas karena dapat memantulkan cahaya matahari hingga 90%.

BACA JUGA: 6 Variasi Ide Granit Teras Depan Rumah Agar Mewah dan Unik

Kelebihan kanopi jenis ini yang lain ialah: memiliki permukaan yang halus dan rata, lebih kuat dan kokoh daripada kaca akrilik, mudah proses instalasinya, fleksibel, dan lebih ramah lingkungan.

Kanopi Solartuff dapat Anda beli dengan kisaran harga sekitar Rp120an ribu per meternya.

Kanopi Membran

Kanopi Minimalis Atap Membran
Kanopi Minimalis Atap Membran

Selanjutnya, ada salah satu jenis kanopi yang mungkin Anda sering temui di area hiburan seperti restoran dan bar. Jenis kanopi ini adalah kanopi membran.

Bentuknya elastis dan seringkali digunakan sebagai pembentuk atap namun dengan kreasi serta bentuk-bentuk yang unik. Selain itu, kanopi jenis ini dapat meningkatkan estetika dari sebuah bangunan.

Keelastisan kanopi membran didapat karena materialnya yang terbuat dari kain. Sehingga tidak hanya digunakan sebagai kanopi, bahan membran juga dapat digunakan sepenuhnya untuk atap sehingga mengurangi biaya untuk pemasangan atap dan genteng rumah Anda.

BACA JUGA: 7 Jenis Tanaman Penghias Ruangan yang Cantik dan Bikin Fresh

Soal harga, memang kanopi jenis membran ini lebih tinggi dibandingkan dengan kanopi jenis lainnya. Per meternya, kanopi membran dihargai sekitar Rp750an ribu hingga Rp1,8 jutaan.

Kanopi Alderon

Kanopi Minimalis Atap Alderon
Kanopi Minimalis Atap Alderon

Selanjutnya ada Kanopi alderon, boleh dikatakan kanopi alderon ini memiliki material yang berkualitas cukup baik. Sebab, alderon itu sendiri merupakan jenis kanopi penutup atap berbahan dasar uPVC (unplasticized Vinyl Chloride).

Memiliki bentuk bergelombang, sederhana, namun menarik sehingga cocok untuk dipilih sebagai bahan kanopi hunian minimalis. Selain itu, proses pengaplikasiannya pun mudah dan cepat.

Beberapa kelebihan yang dimiliki kanopi jenis alderon adalah kokoh, dapat meredam panas dan menjaga suhu rumah, tidak mudah luntur, kedap suara hingga 27%, serta tidak merambat api karena sifatnya yang non-combustible sehingga aman bagi rumah. Dan yang nggak kalah penting, kanopi alderon juga tidak mudah berkarat.

BACA JUGA: 5 Tips Memilih Rak Dinding Serbaguna buat Ruang Keluarga

Anda bisa mendapatkan material kanopi alderon ini dengan harga kisaran Rp70 ribu hingga Rp135 ribu per meter perseginya. Memang harganya agak lebih tinggi, namun kualitas dan kelebihan yang ditawarkan sangatlah tidak main-main lho.

Jadi, itulah beberapa rekomendasi jenis atap kanopi paling populer di indonesia beserta kisaran harganya. Dan hendaknya Anda harus cermat dalam memperhitungkan terkait kebutuhan kanopi ini, sebab harganya berbeda dan tergantung kebutuhan akan mempengaruhi budget yang dimiliki.

Kalau Anda ingin konsultasi soal arsitektur maupun interior untuk hunian yang menarik dan estetik, silahkan hubungi tim omahalit saja.

Promo jasa bikin interior
   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow