Omahalit

5 Tips Memilih Rak Dinding Serbaguna buat Ruang Keluarga

OMAHALIT.COMPemilihan rak dinding serbaguna memang bisa membuat ruangan jadi terasa luas. Apalagi, rak dinding tersebut memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai barang supaya terlihat lebih rapi.

Selain di area dapur dan ruang tamu, kita juga bisa memasang rak dinding di dalam ruang keluarga. Rak dinding ini digunakan untuk menjadi tempat pajangan bingkai foto, vas bunga, serta berbagai koleksi buku atau yang lainnya.

Namun memilih rak dinding tidak boleh sembarangan apalagi sembrono. Jika kita memasang rak dinding tanpa memperhatikan tema ruangan, bisa-bisa malahan membuat ruangan jadi sempit dan kacau. Untuk itu, Bagaimana Cara Memilih Rak Dinding Serbaguna yang baik dan benar? Simak tips berikut ini.

Tips Memilih Rak Dinding Serbaguna

Nah, supaya tidak salah beli rak dinding dan berakhir menyesal, ada baiknya beberapa hal berikut ini perlu Anda perhatikan.

1. Tentukan Lokasi Rak Dinding Serbaguna

Hal pertama yang harus diperhatikan ialah mengenai lokasi penempatan rak dinding tersebut. Hal ini dimaksudlan agar Anda lebih mudah dalam memilih warna dan model rak yang sesuai tema ruangan yang dimiliki.

BACA JUGA: 7 Tren Kombinasi Warna Magenta Tahun 2023

Misalnya jika ingin menciptakan ruang keluarga bergaya Japandi, maka Anda bisa memakai rak dinding dari bahan kayu.

Lain halnya bila Anda ingin membuat ruang keluarga dengan gaya industrial, tentunya diperlu adalah memakai rak dinding dari material besi atau metal.

2. Pilih Model yang Sesuai Dengan Ukuran Ruangan

Tips yang kedua dalam memilih rak dinding untuk ruang keluarga adalah mengukur luas ruangan terlebih dahulu. Cara ini akan memudahkan Anda dalam mencari model rak yang pas. Selain itu, ukuran rak yang digunakan pun bisa lebih sesuai.

BACA JUGA: 8 Jenis Karpet Bulu Terbaik Untuk Rumah Lebih Nyaman

Anda bisa bisa memakai rak dinding tanpa sekat untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Dan bila ingin memberikan kesan lebih dinamis dan energik, maka Anda dapat memilih rak dinding dengan bentuk geometri, seperti kubus, segitiga, dan lain sebagainya.

3. Menyesuaikan Dengan Nuansa Ruang Keluarga

Selain model rak dinding, yang Anda perhatikan adalah menyesuaikan warna dengan nuansa ruangan. Anda bisa memakai rak yang warnanya senada dengan tema ruangan atau mau mix-match yang lain.

Namun, jika tak ingin rak terlalu mendominasi pemandangan ruangan, pilihlah rak dinding yang memiliki sedikit corak dan warna yang netral pula.

BACA JUGA: 7 Tren Warna Cat Dinding Rumah 2023 yang Hits

Jikalau menginginkan suasana ruang keluarga yang lebih ceria, gunakan rak dinding dengan warna-warna cerah, seperti kuning atau hijau.

4. Pilih Rak Dinding yang Multifungsi

Rak dinding ternyata bisa digunakan sebagai sekat antara dua ruangan, seperti ruang keluarga dan ruang makan atau yang lain. Namun, pastikan ukuran rak tersebut tidak lebih besar dari ruangannya ya. Jadinya, ruangan tidak sesak dan tetap terasa luas dan terlihat estetik.

5. Perhatikan Ketebalan Rak Dinding Serbaguna

Selanjutnya Anda harus memperhatikan ketebalan rak dinding yang digunakan terlebih dahulu. Semakin tebal rak dinding, maka rak tersebut lebih kuat menopang beban. Jadi, Anda tidak perlu khawatir barang-barang yang disimpan mudah jatuh dan bisa juga muat barang yang berukuran cukup besar.

BACA JUGA: 7 Perabot Multifungsi untuk Ruang Keluarga dan Perlengkapan Esensial Pendukung

Selain itu, rak dinding yang memiliki ketebalan yang cukup bisa menciptakan kesan yang lebih menawan di dalam ruangan.

Baiklah, itu tadi beberapa tips memilih rak dinding untuk ruangan keluarga yang bisa Anda terapkan di hunian milik Anda sendiri. Selalu konsultasikan kepada ahlinya agar ruangan impian Anda terwujud. Kalau mau bikin interior hunian idaman yang sesuai impian Anda, silahkan hubungi tim omahalit kami.

Promo jasa bikin interior
   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow