Mengenal 7 Ragam Kelebihan Atap Onduline Untuk Hunian Anda

Mengenal 7 Ragam Kelebihan Atap Onduline Untuk Hunian Anda

Apa itu atap onduline? Atap onduline merupakan jenis atap bergelombang yang dikenal ringan namun tetap kuat. Jenis atap onduline ini diproduksi menggunakan bahan utama berupa serat selulosa yang diperoleh dari berbagai sumber seperti kertas daur ulang dan kayu pulp. Selain itu, terdapat pula material lain seperti resin, mineral aditif, dan aspal sehingga menjadikan atap onduline memiliki ketahanan yang prima. Salah satu kelebihan atap onduline yaitu mampu menahan tekanan angin dengan kecepatan hingga 192Km/jam.

Karakteristik dari atap ini membuat banyak orang memilih untuk menggunakan atap onduline pada hunian atau bangunan milik mereka. Maka dari itu, atap onduline dapat dengan mudah dijumpai di area perumahan maupun perkantoran. Dan berikut adalah beberapa ragam kelebihan atap onduline yang akan mungkin dapat menguntungkan bagi Anda yang sedang membangun hunian atau perkantoran. Agar lebih yakin, Rekan Alit juga bisa berkonsultasi lebih dulu dengan jasa konsultan interior profesional.

Mengulas 7 Kelebihan Atap Onduline Secara Lengkap dan Informatif

apa itu atap onduline

Atap onduline adalah sebuah solusi yang tepat bagi Anda. Kepopuleran atap onduline tentu sudah tidak diragukan lagi. Meskipun di Indonesia sendiri tersedia banyak pilihan jenis atap, namun atap onduline tetap memiliki beberapa kelebihan yang menggiurkan. Dan berikut adalah tujuh diantaranya.

  1. Kelebihan Atap Onduline Paling Utama Adalah Tahan Lama

Atap onduline adalah jenis atap yang awet alias tahan lama. Hal ini dikarenakan atap onduline dibuat dengan menggunakan bahan dasar material serat selulosa. Setelah diuji, terbukti jika atap onduline mampu bertahan selama 50 tahun di negara-negara sub-tropis dan 30 tahun di negara-negara  dengan iklim tropis seperti Indonesia.

  1. Berbobot Ringan Dengan Biaya Perawatan Murah

Memiliki bobot ringan, atap onduline akan lebih mudah dibawa dan dipasang pada rangka bangunan apapun seperti misalnya kayu atau baja ringan. Meski demikian, kelebihan atap onduline lainnya yaitu mampu menahan beban berat hingga mencapai angka 960kg/m2. Biaya perawatannya juga tergolong murah dan tidak memerlukan perawatan khusus.

  1. Terbuat Dari Material Aman dan Ramah Lingkungan

Sejak tahun 1977, WHO telah menetapkan abses sebagai material yang berbahaya dan dapat memicu kanker. Sedangkan atap onduline adalah jenis atap yang bebas abses sehingga lebih aman dan ramah lingkungan. Proses pembuatannya juga unik yaitu dengan menggunakan teknik penekanan dan pemanasan yang tinggi.

  1. Memiliki Ketahanan Terhadap Getaran dan Suara Bising

Kelebihan atap onduline selanjutnya adalah tahan terhadap getaran dan suara bising dari hujan. Jika dibandingkan dengan atap logam, atap onduline memiliki daya serap lebih baik terhadap air sehingga meminimalisir suara yang ditimbulkan hujan. Selain itu, atap onduline juga pun bisa bertahan dari getaran gempa bumi hingga kekuatan 6,5SR.

  1. Kelebihan Atap Onduline Kelima Yaitu Anti Bocor

Indonesia memiliki iklim tropis dengan tingkat musim hujan yang intens. Namun atap onduline terbukti tidak mudah rembes sehingga mengurangi resiko kebocoran pada rumah atau bangunan kantor. Maka dari itu, penggunaan onduline dirasa sangat tepat untuk masyarakat Indonesia. Terutama mereka yang tinggal di daerah dengan curah hujan tinggi.

  1. Proses Pemasangan Atap Onduline Mudah dan Cepat

Dikarenakan bobotnya yang ringan dan sifatnya yang lentur, atap ondulin lebih mudah dipasang bahkan dengan berbekal peralatan sederhana. Tidak memerlukan bantuan profesional khusus untuk bisa memasang atap jenis ini. Selain menawarkan kemudahan, pemasangan atap onduline juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

  1. Bersifat Lentur dan Fleksibel Untuk Berbagai Bentuk Bangunan

Kelebihan atap onduline lainnya yang cukup menguntungkan adalah sifatnya yang lentur. Sifat inilah yang kemudian membuat atap onduline menjadi lebih fleksibel untuk digunakan pada berbagai bentuk bangunan. Jadi tidak perlu khawatir jika Anda menginginkan bentuk hunian atau bangunan perkantoran yang unik.

Penggunaan Agensi Penyedia Jasa Konsultan Interior Profesional

Kelebihan atap onduline

Sebelum memutuskan untuk menggunakan atap onduline pada bangunan rumah atau perkantoran, ada baiknya Rekan Alit melakukan konsultasi terlebih dulu pada jasa konsultan interior profesional. Hal ini dilakukan mengingat banyaknya elemen yang perlu dipertimbangkan sebelum memiApa itu atap onduline? Atap onduline merupakan jenis atap bergelombang yang dikenal ringan namun tetap kuat. Jenis atap onduline ini diproduksi menggunakan bahan utama berupa serat selulosa yang diperoleh dari berbagai sumber seperti kertas daur ulang dan kayu pulp. Selain itu, terdapat pula material lain seperti resin, mineral aditif, dan aspal sehingga menjadikan atap onduline memiliki ketahanan yang prima. Salah satu kelebihan atap onduline yaitu mampu menahan tekanan angin dengan kecepatan hingga 192Km/jam.lih bahan material bangunan.

Sebagai agensi yang menyediakan jasa konsultan interior profesional, Omahalit akan memberikan pelayanan yang profesional dengan sepenuh hati. Tidak hanya melayani kebutuhan konsultasi, Omahalit juga menyediakan jasa desain interior dan jasa arsitek yang terpercaya. Pengalaman sebagai jasa konsultan interior profesional membuat Omahalit akan bisa lebih memahami kebutuhan Anda sebagai konsumen.

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.