Cara memilih warna cat rumah yang ideal

Cara memilih warna cat rumah yang ideal

Dalam memilih warna cat rumah yang ideal, selera mempunyai peran yang besar dalam menentukan warna apa yang pas untuk hunian rumah anda. Pemilihan warna cat untuk hunian tidak harus menurut standar yang biasa dipakai di rumah-rumah secara umum. Jika anda mempunyai inspirasi warna yang dapat dijadikan referensi untuk pemilihan warna cat rumah anda dapat diterapkan.

Berikut omahalit uraikan beberapa cara memilih warna cat rumah ideal untuk hunian kalian agar terlihat selaras dan indah untuk dipandang :

Perhatikan pencahayaan untuk warna cat rumah ideal

memilih warna cat rumah ideal

Photo by Mark McCammon from Pexels

Sebelum membeli sekaleng cat, pasti penjual cat tersebut akan menunjukkan light boxes untuk mengetes warna cat yang akan anda pilih. Hal itu dilakukan agar dapat menunjukkan warna asli dari cat tersebut dalam kondisi normal. Selain itu, ada dua tips pada tata cahaya dirumahmu. Cahaya lampu pijar akan menonjolkan warna-warna hangat dan warna kuning, sedangkan cahaya lampu pendar akan menghasilkan tone warna biru. berbagai cara memilih warna cat rumah ideal yang anda lakukan akan menentukan suasana yang akan anda bangun pada hunian anda.

baca juga : 4 Desain booth pameran yang menyita perhatian pengunjung

Pilih warna cat rumah yang ideal berdasarkan mood

cara memilih warna cat rumah ideal

Photo by Milly Eaton from Pexels

Saat menentukan pemilihan cat untuk hunian anda, membangun suasana ruangan menjadi hal penting karena jika kita membandingkan suasana kamar dengan ruang tamu pasti akan berbeda. Membangun suasana kamar pasti anda akan memilih warna-warna yang adem dan kalem untuk menunjang kegiatan istirahat anda agar lebih nyaman. Disinilah pentingnya pemilihan warna dalam membangun mood anda.

baca juga : Memilih Warna Berdasarkan Usia

Penting untuk mempelajari arti warna untuk cat rumah

Mempelajari arti warna cat rumah membantu anda dalam pemilihan warna yang pas. Beberapa terminologi berkaitan dengan warna yang akan membantu Anda memahami tipe warna berbeda yang mungkin Anda gunakan sebagai desain hunian anda Anda:

  • Hue: sinonim kata dari “warna” atau nama dari sebuah warna spesifik; secara tradisional digunakan untuk mengacu kepada 12 warna dasar pada roda warna
  • Shade: warna yang digelapkan dengan warna hitam
  • Tone: warna yang diredupkan dengan warna abu-abu
  • Tint: warna yang diterangkan dengan warna putih
  • Saturasi: mengacu pada intensitas atau kemurnian warna (semakin dekat warna akan mendekati abu-abu, maka semakin terdesaturasi warnanya)
  • Value: mengacu kepada keterangan atau kegelapan dari sebuah warna

 

Ketahui cara mengkombinasikan warna yang tepat

cara memilih warna cat rumah ideal

cakram warna

Untuk mengkombinasikan warna agar lebih serasi dan tepat, anda dapat menggunakan cakram warna dan color palettes sebagai acuan. Dari tiga warna cat dasar, yaitu merah, kuning, dan biru, akan didapat warna-warna sekunder, tertier, dan turunannya. Cara termudah memperoleh warna yang serasi dan harmonis adalah memilih warna-warna bersebelahan. Namun, jika ingin memperoleh warna yang kontras namun tetap serasi dan tidak menjadi norak, warna-warna berseberangan, atau pun warna-warna yang membentuk sudut 900 akan saling melengkapi dan berpadu harmonis.

Beberapa cara memilih warna cat rumah ideal yang harus anda perhatikan agar dapat memberikan kesan pada hunian anda. Desain hunian tidak terlepas dari keserasian cat warna yang akan berdampak pada kenyamanan dan keindahan hunian anda. Segera konsultasi dengan tim Omahalit yang akan membantu anda dalam pemilihan dan penerapan warna cat untuk hunian anda dengan menghubungi Telp +62 851 0488 5333 atau Email : studio@omahalit.com .

 

Share post:

Comment ( 1 )

Leave A Comment

Your email is safe with us.