Simak Tips Menerapkan Trend Mural untuk Dekorasi Rumah Berikut Ini!

Simak Tips Menerapkan Trend Mural untuk Dekorasi Rumah Berikut Ini!

OMAHALIT.COM – Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik interior rumah. Selain dengan menggunakan pajangan baik yang diletakkan di rak atau digantung di dinding, menggunakan lukisan mural bisa menjadi salah satu opsi yang tidak kalah menarik.

Tren menggunakan lukisan mural sebagai dekorasi bukanlah hal yang baru. Ada banyak sekali bangunan bersejarah di dunia yang bagian dindingnya dihiasi mural. Istilah mural sendiri merujuk pada seni yang langsung diaplikasikan ke dinding tanpa menggunakan perantara.

BACA JUGA: Mengenal Walk in Closet dan Inspirasi Desainnya

Kata mural meraih popularitasnya pada abad ke-20 berkat sebuah gerakan seni bernama muralista di Meksiko. Kalau Anda punya sebuah dinding luas yang kosong di rumah Anda, menambahkan mural bisa menciptakan tampilan ruangan yang lebih hidup sekaligus berbeda.

Ruangan-ruangan yang Bisa Dihias dengan Mural

Menerapkan mural sebagai bagian dekorasi sebenarnya bisa dilakukan di ruangan mana saja yang Anda sukai. Namun umumnya mural lebih sering ditemukan di:

1. Mural di Ruang Keluarga

Dekorasi Mural Ruang Keluarga

Dekorasi Mural Ruang Keluarga

Mural biasanya ditempatkan di area-area umum di mana orang-orang bisa melihatnya dengan bebas salah satunya adalah di ruang keluarga. Anda bisa membuat mural dengan gaya modern atau abstrak untuk ditampilkan di ruang keluarga. Jika Anda ingin sentuhan natural, gunakan corak tanaman sulur atau corak monstera yang sedang hits. Ini merupakan cara untuk menambahkan statemen secara permanen di dalam rumah.

2. Mural untuk Kamar Anak

Penerapan mural di ruangan anak termasuk area bermain dan kamar tidur semakin populer selama beberapa tahun terakhir. Mural yang dilukis langsung dengan tangan bisa dibuat dengan tema anak-anak seperti lewat lukisan kastil, tema olahraga ningga motif-motif keren lain sesuai dengan kesukaan anak.

Saat ini bahkan banyak mural siap tempel yang disediakan untuk kamar anak. Paper mural ini merupakan opsi yang cepat dan lebih murah untuk membuat kamar anak terlihat menarik sekaligus semakin menyenangkan.

3. Mural untuk Small Home Office

Semenjak pandemi dan kegiatan kantor banyak yang dialihkan ke rumah, sebagian besar orang memutuskan untuk menyulap salah satu ruangan di rumah menjadi small home office. Kantor kecil ini bisa menjadi tempat bagi Anda untuk menyelesaikan semua tugas kantor sekaligus mencari ide dan inspirasi untuk rencana-rencana kerja berikutnya.

Tidak seperti di kantor, di rumah Anda bebas menambahkan elemen apa saja yang Anda inginkan pada ruang kerja Anda, termasuk dengan menggunakan mural. Karena sifatnya lebih personal, Anda bisa menggunakan gaya mural apapun yang Anda sukai.

BACA JUGA: Ini Dia 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Rumah

Jika Anda ingin pemandangan hijau, mural dengan corak daun-daun atau pohon-pohon dan hutan merupakan pilihan yang bagus. Kalau Anda lebih suka ada quotes penyemangat di depan meja kerja Anda, Anda juga bisa menggunakannya sebagai bagian dari mural di small home office milik Anda.

4. Mural di Kamar Tidur

Sama seperti home office, kamar tidur juga merupakan area privat bagi Anda. Karena itu, Anda bebas menerapkan gaya mural sesuai dengan preferensi pribadi. Anda bisa menerapkan mural dengan tema tropical, art deco dan gaya apapun yang Anda sukai.

Pada dasarnya, mural dibuat untuk mengisi dinding yang kosong dna tidak terpakai dan menciptakan focal point di area yang diinginkan. Karena itu, Anda bebas meletakkannya di mana saja yang Anda sukai baik di dalam maupun di luar ruangan. Basement, ruang makan, lorong hingga area bermain anak-anak juga merupakan opsi lain di mana Anda bisa mengaplikasikan mural yang Anda suka.

Konsep Desain Interior Klinik Modern

Contoh Pengaplikasian Mural di Kamar Mandi

Pilihan Jenis Mural

Meskipun mural umumnya dilukis dengan tangan langsung ke dinding, saat ini Anda bisa mendapatkan mural dalam bentuk wallpaper. Selain lebih murah, Anda yang tidak bisa melukis sekalipun bisa memasangnya sendiri di dinding rumah. Pilihan gambarnya pun tidak terbatas mulai dari wallpaper yang meniru mural hasil lukis tangan, sampai wallpaper dengan kualitas fotografi super tajam.

Jasa mural di pekalongan

Penggunaan Mural dalam Dekorasi Toko

Selain dalam bentuk wallpaper, mural ubin atau tile mural juga bisa jadi pilihan menarik. Tile mural sudah ada sejak zaman kuno dan masih digunakan sampai sekarang. Beberapa produsen menyediakan desain yang beragam mulai dari bentuk mozaik hingga yang menyerupai lukisan tangan. Tertarik mengaplikasikan mural ke dalam hunian Anda? Yuk segera konsultasikan ke tim Omahalit untuk merealisasikan ide mural kamu!

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.