Omahalit

Ini Dia Ide dan Pilihan Lantai Kamar Tidur Terpopuler 2022

OMAHALIT.COMLantai kamar tidur merupakan bagian yang penting dari sebuah rumah, karena lantai kamar tidur yang akan Anda lihat tatkala akan beristirahat dan bangun tidur. Maka sangat tidak mengherankan jika pemilihan material lantai kamar tidur adalah sesuatu yang gampang-gampang susah.

Pilihan Lantai Kamar Tidur Terpopuler

Berikut ini kami rangkumkan dari berbagai sumber mengenai beberapa pilihan lantai kamar tidur terpopuler yang banyak digunakan oleh orang-orang, termasuk kelebihan dan kekurangannya:

1. Lantai Kayu

Lantai Kamar Tidur Lantai Kayu
Lantai Kamar Tidur Lantai Kayu

Lantai jenis ini menjadi pilihan yang populer digunakan untuk lantai kamar tidur.  Tidak hanya terlihat sangat elok, tetapi juga relatif tahan lama. Lantai kayu ini juga dianggap sebagai permukaan yang lebih ramah lingkungan.

Lantai kayu ini terkesan hangat dan estetik sehingga bisa membuat penghuni kamar menjadi betah. Beberapa kelebihan dari lantai kayu adalah tahan lama dan bisa jadi jarang diganti, sehingga akan bertahan selama rumah itu masih berdiri, juga tidak terlalu keras seperti material lainnya sehingga aman untuk anak-anak.

BACA JUGA: 9 Tips Mendesain Kamar Tidur

Sementara itu kekurangannya ialah harnganya yang cukup mahal dan jika ada bagian lantai yang rusak maka akan sulit untuk memperbaikinya.

2. Lantai Vinyl

Lantai Kamar Tidur Lantai Vinyl
Lantai Kamar Tidur Lantai Vinyl

Jika lantai kayu dirasa terlalu mahal, siasatnya adalah Anda bisa menggunakan lantai vinyl. Lantai vinyl tidak hanya memiliki motif kayu, namun ada banyak pilihan desain motir lainnya seperti marmer, beton dan sebagainya.

Kelebihan lantai vinyl selain karena harganya yang relatif murah adalah cara mengaplikasikannya pun cukup mudah. Lantai ini juga anti lembap, anti rayap dan lumayan tahan lama.

BACA JUGA: Inspirasi Desain Kamar Tidur Minimalis yang Bisa Dibangun di Rumah Anda

Kekurangan lantai Vinyl itu adalah karena terbuat dari plastik, maka lantai vinyl bukan merupakan pilihan yang tepat bagi sustainable untuk jangka waktu yang lama. Dan terlebih lagi bahan lantai vinyl bisa memancarkan zat kimia berbahaya apalagi pada saat pemasangannya menggunakan lem.

3. Lantai Marmer / Kemarik Motif Marmer

Lantai Kamar Tidur Lantai Marmer
Lantai Kamar Tidur Lantai Marmer

Lantai Marmer atau keramik motif marmer adalah yang paling umum digunakan masyarakat di Indonesia. Ubin yang keras dan dingin ini menjadi pilihan karena zona tropis di Indonesia kadang membuat cuaca panas dan gerah, sehingga lantai ubin dari marmer atau keramik yang dingin akan menyejukkan di kamar tidur.

BACA JUGA: Tips Menata Kamar Tidur Sempit Agar Terasa Luas dan Nyaman

Selain itu, lantai marmer dan atau keramik ini juga akan sangat elegan untuk dipadukan dengan banyak gaya interior tertentu, seperti tema Mediterania, Tuscan, tropis, Spanyol, atau Maroko.

4. Lantai Karpet

Lantai Kamar Tidur Pakai Karpet
Lantai Kamar Tidur Pakai Karpet

Anda juga bisa mencoba lantai karpet untuk diterapkan di kamar tidur, terutama untuk lantai  kamar tidur bagi anak-anak. Ini dimaksudkan agar anak dapat bermain dengan aman dan nyaman.

Kelebihan lantai karpet salah satunya adalah dapat membuat ruangan hangat dan nyaman, selain itu karpet meredam suara sehingga ruangan tidak akan berisik.

Tetapi kekurangannya adalah karpet perlu perawatan yang intens, karpet gampang kotor juga menyerap debu dan kotoran, bahkan jika terkena zat cair akan susah untuk dibersihkan apalagi jika cairan tersebut meninggalkan noda tentu akan merusak lantai itu sendiri.

BACA JUGA: Wabi-sabi, Konsep Desain Interior Jepang yang Semakin Popular

Demikianlah informasi mengenai ide dan inspirasi pilihan lantai kamar tidur terpopuler untuk Anda, banyak faktor yang bisa memengaruhi keputusan Anda dalam mendesain kamar tidur terutama soal jenis lantainya.

Tips memilih lantai kamar tidur

Dan biar membantu Anda memantapkan pilihan, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memilih lantai kamar tidur yang sesuai:

1. Pilih material yang nyaman.

Lantai kamar tidur harus nyaman untuk kaki dan tidak terlalu dingin atau terlalu panas saat Anda berjalan di atasnya. Beberapa material yang nyaman untuk lantai kamar tidur adalah kayu, karpet, dan vinyl.

BACA JUGA: Wabi-sabi, Konsep Desain Interior Jepang yang Semakin Popular

2. Pilih warna yang sesuai.

Warna lantai akan mempengaruhi suasana kamar tidur. Pilih warna yang sesuai dengan desain interior kamar tidur Anda dan tidak terlalu terang atau terlalu gelap.

3. Pilih lantai yang mudah dibersihkan.

Lantai kamar tidur harus mudah dibersihkan agar tidak menyebabkan masalah kesehatan. Pilih lantai yang tidak menyimpan debu atau bakteri.

4. Pertimbangkan budget.

Lantai kamar tidur memiliki harga yang beragam, tergantung pada material yang dipilih. Pastikan Anda memilih lantai yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.

BACA JUGA: 9 Ide Kamar Aesthetic Ala Korea yang Cantik untuk Kamar Idamanmu

5. Pilih lantai yang tahan lama.

Lantai kamar tidur harus tahan lama dan tidak mudah rusak, terutama jika kamar tidur Anda terletak di lantai atas. Pilih lantai yang tahan lama agar tidak perlu mengganti lantai terlalu sering.

Setelah mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, Anda akan dapat memilih lantai kamar tidur yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Yang pasti Anda harus menyesuaikan material lantai yang dipilih sesuai dengan gaya desain dekorasi ruangan dan budget yang tersedia.

Jika Anda masih bingung tentang desain yang tepat mengenai rumah impian Anda, jangan segan untuk langsung berkonsultasi dengan menghubungi tim omahalit saja.

   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow