6 Desain Layout Dapur Untuk Mempercantik Hunian

6 Desain Layout Dapur Untuk Mempercantik Hunian

Bagi sebagian orang, memasak merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Tak tanggung-tanggung, mereka akan memilih perangkat memasak yang serba canggih atau memiliki berbagai fasilitas untuk menyalurkan kegiatan yang bisa menjadikan hobi ini. Salah satunya adalah membuat layout dapur supaya menjadi tempat menyenangkan untuk melakukan aktivitas mengolah dan menyediakan bahan makanan. Dalam penerapan layout dapur memerlukan penerapan prinsip segitiga kerja. Yang dimaksud adalah bagaimana agar aktivitas di dapur bisa mudah dan efisien. Selain itu dapur juga merupakan tempat untuk membuat kehangatan dalam keluarga melalui makanan. Jadi tempat ini tidak bisa diabaikan, dan perlu kenyamanan di dalamnya.

Lalu bagaimana penerapan desain layout dapur yang cocok untuk kebutuhan dan karakter dapur Anda? Berikut kami akan memberikan 6 desain layout dapur untuk menunjang aktivitas memasak Anda sesuai kebutuhan

  • U Shaped Kitchen

Layout dapur U-Shaped berupa penyusunan kabinet yang membentuk huruf U. Penempatan elemen pembentuknya “cooking – clean up – meal preparation” cukup berdekatan sehingga memaksimalkan penggunaan. Cocok digunakan pada hunian luasan menengah dan besar dengan besaran minimal area 3-5 meter.

  • L-Shaped Kitchen

Desain layout dapur L-Shaped banyak ditemukan pada sebagian besar hunian. Karena tidak perlu memakan space yang luas dan tetap menjaga kenyamanan pada saat memasak. Akses keluar masuk dapur pun memberikan kelonggaran tanpa penambahan dekorasi yang berlebihan. Dengan mengindahkan prinsip segitiga kerja, agar lebih nyaman dalam menyajikan makanan untuk kelurga.

  • Island Floor Plan

Pergerakan dalam dapur Island Floor Plan memberikan cukup ruang sirkulasi untuk beraktivitas. Dengan wastafel dihimpit diantara ruang peyimpanan dengan area memasak, begitulah idealnya. Terdapat kabinet ataupun meja makan di tengah sebagai “point of interest” tidak hanya menarik tetapi juga untuk memberikan kenyamanan saat berkumpul dengan keluarga. Meja yang berada di tengah tersebut, dapat berupa meja yang permanen maupun berupa kabinet penyimpanan, tergantung dengan kebutuhan Anda.

  • Galley Kitchen

Galley kitchen bisa diterapkan pada ruangan dapur minimalis namun memanjang. Dengan penyusunan dua kabinet memanjang di kedua sisi akan menampilkan sebuah lorong pergerakan. Penempatan kulkas dan wastafel dalam satu sisi sejajar dengan kompor disisi lain yang berhadapan memudahkan aktivitas di dalamnya. Pengaturan tata letaknya bisa disesuaikan dengan jarak sirkulasi pergerakan yang luas menambah kenyamanan saat menyiapkan makanan.

  • One Wall Kitchen

Sederhana tetapi sesuai dengan fungsinya. Minimalis bukan berarti tidak estetis. Dapur dengan layout ini tidak memerlukan tempat yang luas karena ukurannya tergolong pas untuk hunian yang minimalis yang terkesan manis.  Tetapi fungsi yang menjadi pokok utama. Dengan tiga elemen pembentuknya, memudahkan dalam penyajian makanan. Menempatkan wastafel diantara kulkas dan kompor mempermudah dalam pergerakan. Jika dirasa masih memiliki ruang tidak ada salahnya menempatkan meja makan agar kebersamaan hadir di dalam kehangatan makanan.

Konsultan Arsitek & Interior: Pilihlah yang Terbaik!

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai 6 Desain Layout Dapur Untuk Mempercantik Hunian, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan Omahalit, perusahaan konsultan arsitek & desain interior di Pekalongan, Batang dan Pemalang dengan pengalaman puluhan tahun baik pekerjaan hunian maupun bangunan komersial.

Omahalit Architecture & Interior Design Consultant melayani:

  • Jasa interior rumah
  • Jasa renovasi rumah
  • Pembuatan kitchen set
  • Pembuatan furniture custom sesuai ukuran
  • Jasa desain rumah dan gambar kerja
  • Jasa kontraktor rumah
  • Dsb

Area kerja kami untuk pekerjaan kontraktor dan renovasi interior adalah di Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, Pemalang, Tegal, Brebes dan Slawi, namun demikian kami juga membantu customer kami untuk pekerjaan desain arsitektur rumah seluruh Indonesia. Hubungi kami melalui kontak WA: bit.ly/WAOmahalit atau melalui kontak.

Share post:

Leave A Comment

Your email is safe with us.