Omahalit

Menciptakan Desain Interior Dapur yang Sehat

Desain interior dapur merupakan salah satu ruang sentral dalam sebuah hunian. Keberadaannya tidak bisa dipandang sebelah mata, karena dapur pun menjadi salah satu pusat berkumpulnya keluarga dan bisa menjadi tempat yang nyaman jika ditata sedemikian rupa menyesuaikan kebutuhan pengguna. Selain itu dapur juga merupakan tempat untuk membuat kehangatan dalam keluarga melalui makanan. Jadi tempat ini tidak bisa diabaikan, dan perlu kenyamanan di dalamnya. Perlu juga memperhatikan empat area dasar dari kegiatan di dapur  seperti, area persiapan memasak, area bersih-bersih, area memasak, dan area penyajian.

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan untuk menciptakan dapur yang sehat dan aman di rumah Anda

  1. Pencahayaan

Pastikan area dapur Anda cukup mendapatkan cahaya matahari. Pencahayaan alami penting peranannya bagi dapur. Selain diperlukan untuk penerangan dan membunuh bibit-bibit bakteri, juga dapat menghindarkan dapur dari sudut-sudut ruangan yang gelap dan lembab. Desain interior dapur juga sebaiknya memiliki pencahayaan buatan yang cukup terang sebagai pengganti cahaya alami. Penerangan buatan harus memadai (tidak redup dan tidak silau) untuk melakukan setiap pekerjaan dan melihat perubahan warna makanan.

  1. Sirkulasi Udara

Pastikan area dapur memiliki ventilasi (bukaan jendela dan pintu) yang baik untuk kelancaran sirkulasi udara. Bukaan tidak hanya pada satu sisi saja melainkan pada dua sisi atau lebih, supaya tercipta ventilasi silang. Asap dan uap dari hasil proses memasak harus segera dialirkan keluar dan digantikan dengan udara segar. Udara yang berputar ini dimaksudkan untuk menghindari timbulnya bau tak sedap dan timbulnya keracunan gas-gas yang keluar dari asap maupun gas kompor (NO2 – Nitrogen Dioksida). Anda juga dapat menggunakan exhaust fan untuk membantu mengeluarkan asap dan uap dari proses masakan, karena exhaust fan menghisap udara dan menarik minyak di dalam ruang. Perlu diperhatikan juga, exhaust fan sebaiknya dibersihkan secara teratur agar dapat berfungsi optimal.

  1. Material

Pilihlah material dinding yang tahan terhadap panas dan uap. Keramik banyak digunakan sebagai dinding dapur, karena selain kuat dan mudah dibersihkan, harganya pun lebih terjangkau daripada granit. Hindari penggunaan dinding bertekstur karena celah-celahnya akan sulit dibersihkan dan dapat menjadi timbunan kotoran, debu, dan minyak. Untuk lantai sebaiknya pilih material lantai yang tidak licin, karena area dapur rentan sekali terpercik minyak dan air. Hindarkan area memasak dari benda-benda yang mudah terbakar, seperti bahan kayu lapis. Sebaiknya pilih material yang tahan terhadap api dan panas diantaranya seperti, stainless steel, granit, dan keramik.

  1. Peralatan

Gunakan peralatan elektronik Anda seperti lemari pendingin, dishwasher, dan microwave seefisien mungkin. Peralatan elektronik tersebut membutuhkan energi listrik yang sangat besar dan dapat mengakibatkan efek radiasi elektromagnetik. Gunakan peralatan makan dari material keramik/porselen daripada menggunakan plastik, karena zat kimia yang terdapat pada plastik dapat mengkontaminasi makanan. Hal ini juga berlaku jika Anda memanaskan makanan dengan microwave.

  1. Kebersihan

Sebaiknya bersihkan dapur dari minyak dan remah-remah makanan setiap kali Anda selesai memasak untuk menghindari tumbuhnya bakteri dan jamur yang jika dibiarkan dapat mengganggu kesehatan penghuninya.

  1. Keamanan

Biasakan Anda tidak menyimpan dan menyemprotkan pestisida atau obat serangga untuk memberantas hewan pengganggu di area dapur. Umumnya obat serangga bersifat neurotoxic (racun yang mengganggu syaraf) dan mengandung karsinogen. Jika terpaksa menyemprotkan obat serangga, pada saat menggunakannya pastikan ventilasi dibuka lebar-lebar.

Dalam kita mendesain dapur bersih, yang paling kita perhatikan adalah kebutuhan apa saja yang akan kita pergunakan, atur sirkulasi dengan baik, mulai proses penyiapan, proses pemasakan dan proses penyajian, pilih material yang benar sesuai dengan fungsinya. Dengan langkah-langkah sederhana tersebut, desain interior dapur Anda akan menjadi ruang vital dalam sebuah rumah yang sehat dan aman bagi keluarga Anda.

Konsultan Arsitek & Interior: Pilihlah yang Terbaik!

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Menciptakan Desain Interior Dapur yang Sehat, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan Omahalit, perusahaan konsultan arsitek & desain interior di pekalongan, batang dan pemalang dengan pengalaman puluhan tahun baik pekerjaan hunian maupun bangunan komersial.

Omahalit Architecture & Interior Design Consultant melayani:

  • Jasa interior rumah
  • Jasa renovasi rumah
  • Pembuatan kitchen set
  • Pembuatan furniture custom sesuai ukuran
  • Jasa desain rumah dan gambar kerja
  • Jasa kontraktor rumah
  • Dsb

Area kerja kami untuk pekerjaan kontraktor dan renovasi interior adalah di Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, Pemalang, Tegal, Brebes dan Slawi, namun demikian kami juga membantu customer kami untuk pekerjaan desain arsitektur rumah seluruh Indonesia. Hubungi kami melalui kontak WA: atau melalui kontak.

   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow