Omahalit

Tips Rahasia Desain Interior Modern Untuk Rumah Tampak Menawan

OMAHALIT.COMTips rahasia dalam desain interior rumah modern, cantik menawan, bukan pada harga. Bukan pada mahalnya bahan. Melainkan pertama dan terutama adalah mendesainlah dengan cinta, dengan hati. Kalau Anda mencintai diri Anda sendiri, Anda akan mendesain rumah untuk kebahagian Anda. Kalau Anda mencintai keluarga dan teman-teman, Anda akan menciptakan desain rumah untuk kebahagian mereka.

Langkah berikut dari hati dan cinta adalah syukur. Rasa syukur dan terimakasih atas ruang atau rumah yang boleh Anda tempati adalah fondasi di bawah fondasi rumah. Fondasi yang mengalasi ruang untuk Anda berbagi hati. Untuk anggota keluarga. Untuk setiap tamu yang datang.

Aspek terakhir dari hati dan cinta adalah kegembiraan. Rumah didesain sebagai sarana mendapatkan kegembiraan, ketenangan dan kedamaian. Bukan prestise, bukan untuk pamer, bukan gengsi. Ringkasnya, rumah didesain sebagai ungkapan syukur, dan didekorasi untuk kegembiraan dan kebahagiaan anggota keluarga.

Perbedaan Desain Interior Modern dan Kontemporer

Banyak orang yang menganggap bahwa desain interior modern dan kontemporer adalah dua hal yang sama. Padahal menurut pendapat sejumlah ahli, keduanya memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Lalu, apa perbedaannya?

Desain modern sendiri hanya merujuk pada satu gaya desain tertentu yang sedang berkembang dan hanya digunakan pada satu periode tertentu. Desain ini pun memiliki ciri khas dan karakteristik tampilan ruangan yang bersih, rapi, dan cenderung minim dekorasi.

BACA JUGA: Tips Menata Kamar Tidur Sempit Agar Terasa Luas dan Nyaman

Sementara desain kontemporer fokus pada tren yang sedang berlangsung pada masa kini. Mudahnya, desain ini bergerak dan berkembang mengikuti tren yang sedang berkembang dan populer pada masa kini. Misalnya, tren furniture, warna, hingga penggunaan teknologi seperti konsep Smart Home.

Karakteristik Desain Interior Modern

Memang terdapat garis abu-abu antara desain interior modern dan kontemporer. Maka dari itu, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa karakteristik yang menjadi ciri khas dari desain modern. Apa saja?

Penggunaan Unsur Geometris

Geometris merupakan bentuk atau motif yang mengandung unsur garis, seperti persegi, lingkaran dan lainnya. Walaupun terlihat sederhana, namun bentuk-bentuk tersebut dapat memberikan kesan santai dan menciptakan rasa hangat dan nyaman. Selain itu, menambahkan unsur geometris pada hunian Anda dapat menciptakan kesan modern yang kuat. Jadi tak heran rasanya jika unsur geometris merupakan salah satu karakteristik utama desain interior modern.

BACA JUGA: Tips Menata Ruang Tamu Agar Tampil Indah Maksimal

Ruangan Minim Sekat

Selain dapat membuat ruangan menjadi lapang, meminimalisir penggunaan sekat nyatanya juga bisa membuat hunian Anda memiliki kesan lebih modern. Anda bisa menghilangkan sekat di ruangan yang bersifat umum seperti ruang tamu, ruang keluarga. atau ruang makan. Alih-alih menggunakan dinding, Anda bisa memberi kesan pemisah dengan menggunakan partisi seperti rak ataupun meja.

Menggunakan Furniture Minimalis

Desain interior modern mengedepankan penataan ruang yang apik namun tidak terlalu banyak furniture ataupun dekorasi di dalamnya. Agar kesan modernnya lebih terasa, Anda bisa menggunakan furniture minimalis yang kini telah banyak pasaran. Furniture enis ini memiliki model yang sederhana dan compact, sehingga ruangan pun akan terlihat kekinian namun tetap efisien.

BACA JUGA: 5 Tips Menata Rumah Minimalis agar Terkesan Elegan

Maksimalkan Pencahayaan Alami

Anda dapat memanfaatkan cahaya alami dengan menggunakan jendela besar dengan detail modern, atau lampu downlight berwarna putih. Selain dapat memaksimalkan desainnya, adanya cahaya yang cukup juga dapat membuat suasana rumah menjadi lebih hangat dan homey. Selain dapat membuat suasana ruangan menjadi lebih nyaman, pemanfaatan cahaya alami ini juga dapat membuat Anda lebih hemat listrik khususnya di siang hari.

Tips Rahasia Desain Interior Rumah Modern

1. Furnitur Pendukung

Jangan memenuhi rumah Anda dengan banyak dekorasi ruangan. Pilihlah furnitur rumah berkualitas yang mendukung rasa nyaman, fungsional, keindahan dan aspek emosional yang hendak dibangun. Jika itu dilakukan dan bahkan semua sudut hunian ada dekorasi yang berlebihan maka kemungkinan yang akan terjadi adalah mengganggu pandangan dan merusak estetika hunian.

2. Ciptakan Ruang Ideal

Ciptakan ruang yang mendukung Anda sebagai mahluk emosional sekaligus produktif. Tentukan aktivitas dalam ruang dan pilihlah detail-detail yang mendukung. Misalnya, warna abu-abu yang lembut untuk ruang kerja atau belajar akan mendukung proses kreatif dalam menulis.

3. Berikan Nuansa Alam

Bawalah nuansa alam ke dalam rumah. Orang pada umumnya mempunyai naluri berhubungan dengan alam. Tanaman segar yang Anda letakkan dalam rumah akan menciptakan kesegaran. Tapi yang mesti menjadi perhatian adalah menaruh tanaman ke dalam rumah yang mudah dalam perawatannya sehingga Anda tidak perlu bekerja ekstra untuk merawatnya.

BACA JUGA: Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Mendekorasi Kamar Anak

4. Pajang Kreativitas Anda

Tambahkan sentuhan personal dan kreativitas Anda. Foto hasil jepretan Anda. Hasil karya seni Anda. Pokoknya apa saja hasil kreativitas desain Anda. Itu akan menjadi kepuasan tersendiri bila Anda memajang karya terbaik Anda di dalam hunian. Bukan untuk memamerkan karya Anda tetapi lebih ke perasaan bangga bahwa karya yang Anda buat layak untuk ditampilkan sebagai pemanis hunian.

Demikian beberapa tips untuk desain interior modern untuk rumah zaman now. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya Rekan alit. Kalau Anda ingin membuat kamar idaman yang terlihat menawan, maka silahkan hubungi tim omahalit kami.

   
Pesan Layanan
Our Partners
support person

Jika Rekan Alit memiliki keluhan dan masukan untuk Manajemen Omahalit, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Better Living for Today and Tomorrow